Salvador Sánchez Cerén

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Salvador Sánchez Cerén
Cadena 12 (34186610605) cropped.jpg
Presiden El Salvador
Mulai menjabat
1 Juni 2014
Wakil PresidenÓscar Ortiz
PendahuluMauricio Funes
Wakil Presiden El Salvador
Masa jabatan
1 Juni 2009 – 1 Juni 2014
PresidenMauricio Funes
PendahuluAna Vilma de Escobar
PenggantiÓscar Ortiz
Informasi pribadi
Lahir18 Juni 1944 (umur 74)
Quezaltepeque, El Salvador
Partai politikFront Pembebasan Nasional Farabundo Martí
PasanganMargarita Villalta
Tempat tinggalIstana Kepresidenan
Tanda tangan

Salvador Sánchez Cerén (lahir 18 Juni 1944; umur 74 tahun) adalah seorang politikus dan Presiden El Salvador saat ini. Dia menjabat sejak 1 Juni 2014, setelah memenangkan pemilihan presiden 2014 sebagai kandidat dari partai sayap kiri, Front Pembebasan Nasional Farabundo Martí (FMLN). Dia sebelumnya menjabat sebagai Wakil Presiden dari tahun 2009 sampai 2014. Ia juga seorang pemimpin gerilya dalam Perang Sipil dan merupakan mantan pemberontak pertama yang menjadi presiden.[3][4]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Sánchez Cerén lahir di Quezaltepeque dan merupakan anak kesembilan dari dua belas bersaudara, tiga saudara kandungnya meninggal di usia muda. Orang tuanya berjuang untuk membesarkan sembilan anak. Ayahnya, Antonio Alfonso Sánchez, adalah seorang tukang kayu dan ibunya, Dolores Hernández, adalah pedagang di pasar. Salvador Sánchez Cerén di usia muda harus bekerja dengan keluarganya untuk membantu keluarga bertahan hidup. Dia belajar di Escuela de Varones Jose Dolores La Reynaga untuk pendidikan sekolah menengah. Ia kuliah di Alberto Masferrer School di San Salvador, di sana kesadaran dan partisipasi politiknya dikembangkan. Setelah lulus sebagai guru, ia mengajar selama sepuluh tahun di sekolah umum dan pedesaan.

Ideologi politik[sunting | sunting sumber]

Ideologi politiknya berasal dari berbagai organisasi demokratis dan revolusioner yang mana dia menjadi anggotanya. Ia menjadi aktif secara politik pada akhir 1960-an ketika ia masih menjadi mahasiswa di Alberto Masferrer School, tapi dia bukan bagian dari organisasi politik sampai ia diperkenalkan kepada Front Aksi Populer Bersatu (FUAR atau Frente Unido de Accion Revolucionaria). FUAR membawanya untuk pertama kali ke arena politik dan membiarkan keterlibatannya dalam gerakan mahasiswa.

Dia adalah anggota dari PRAM (Partido Revolicionario Abril y Mayo), sebuah partai politik yang menentang kediktatoran dan menganjurkan anti-imperialisme. Kemudian ia bergabung dengan Union Democratica Nacionalista (UDN) dan Partido Accion Renovadora (PAR)). Dia juga peserta dari Union Nacional Oppositora (UNO) sebagai anggota UDN. Pada intinya pengalaman dan hal-hal yang ia pelajari di San Salvador saat sekolah di Masferrer dari rekan-rekannya ia ambil mulai menerapkannya di kota kelahirannya. Dia adalah seorang anggota aktif dari ANDES 21 de Junio, serikat guru yang mempraktikkan dan percaya pada ide-ide Paulo Freire. Pada 1970-an ia bergabung dengan Fuerzas Populares de Liberacion "Farabundo Marti" (FPL), salah satu dari lima organisasi sayap kiri, yang kemudian bergabung untuk membentuk Frente Farabundo Marti para la Liberacion Nacional (FMLN).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Mauricio Funes
Presiden El Salvador
2014–sekarang
Petahana