Sallah Shabati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sallah Shabati
SutradaraEphraim Kishon
ProduserMenahem Golan
PemeranChaim Topol
Arik Einstein
Gila Almagor
Shraga Friedman
Tanggal rilis
  • Juni 1964 (1964-06)
Durasi110 menit
NegaraIsrael
BahasaIbrani

Sallah Shabati (Ibrani: סאלח שבתי) adalah sebuah film komedi Israel 1964 yang mengisahkan tentang imigrasi dan pembuatan ulang pemukiman di Israel. Film satir sosial tersebut membuat sutradara Ephraim Kishon dan produser Menahem Golan menjadi salah satu pembuat film Israel pertama yang meraih keberhasilan secara internasional. Film tersebut juga memperkenalkan aktor Chaim Topol (Fiddler on the Roof) kepada para penonton di seluruh dunia.

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Sallah Shabati meraih kesuksesan di box office Israel dengan mendapatkan penonton sekitar 1.3 juta orang.[1] Di luar negeri, film tersebut memenangkan Penghargaan Globe Golden dari Hollywood Foreign Press Association sebagai Film Asing Terbaik, dan ditayangkan di acara pembukaan dan penutupan Festival Film Berlin.[2] Film tersebut dinominasikan di Oscar pada 1964 dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik, sebagai film produksi Israel pertama yang masuk nominasi, tetapi dikalahkan dengan film Italia, Yesterday, Today, and Tomorrow.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Judd Ne'eman, "Israeli Cinema," in Oliver Leaman, ed., Companion Encyclopedia of Middle Eastern and North African Film (London: Routledge, 2001), p. 307.
  2. ^ Shohat, Israeli Cinema, p. 126.
  3. ^ "The 37th Academy Awards (1965) Nominees and Winners". oscars.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-06. Diakses tanggal 2011-11-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]