SalingSapa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
SalingSapa
Jenis situs
Situs jejaring sosial Islami
BahasaIndonesia, Inggris, Arab
PemilikMuhammad Yahya Harlan
PenciptaMuhammad Yahya Harlan
Situs webhttp://www.salingsapa.com
Daftar akunGratis
Diluncurkan1 Muharram 1431 H (18 Desember 2010)
StatusAktif

SalingSapa adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web bernuansa Islami. SalingSapa dibuat oleh Muhammad Yahya Harlan, seorang siswa sekolah menengah pertama (SMP). SalingSapa dibuat dengan mengadopsi pola tampilan Facebook dengan alasan untuk memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya.

Berbeda dengan Facebook, SalingSapa tidak memberikan batasan usia untuk mendaftarkan diri, karena konten SalingSapa dimoderasi dan aman untuk diakses oleh siapa saja.[1]

Keberhasilan Yahya dalam mengembangkan situs jejaring sosial ini telah menghasilkan fenomena yang luar biasa. Selain mempopulerkan namanya sebagai pengembang layanan jejaring sosial termuda, SalingSapa juga telah mengantarkannya menjadi salah satu penceramah dalam kuliah umum di Institut Teknologi Bandung. Kuliah umum pada 11 Februari 2011 itu dihadiri oleh siswa-siswi SMP dan SMA di kota Bandung dan juga dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Akhmaloka, Ph.D., Ruby Alamsyah, Enda Nasution, dan Roy Suryo.[2]

Sejarah dan perkembangan[sunting | sunting sumber]

Situs web ini resmi diluncurkan di Bandung pada 1 Muharam 1431 H, atau tanggal 18 Desember 2010 pada kalender Masehi, oleh Muhammad Yahya Harlan. Walaupun diluncurkan di Bandung, namun salingsapa.com telah memiliki server yang berbasis di Jakarta untuk memudahkan dan mempercepat aksesnya serta pengawasan konten oleh adminnya, yakni Yahya sendiri beserta ayahnya. Siswa kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung itu terinspirasi untuk membuat situs jejaring sosial karena munculnya situs jejaring serupa yang juga buatan orang Indonesia. SalingSapa kini telah memiliki sekitar lebih dari 200.000 member yang tersebar di 52 negara[3][4] di seluruh dunia, dengan hit sejumlah 2.300.000-an, dan diperkirakan akan terus meningkat ke depannya. Karena perkembangannya yang pesat, SalingSapa kini telah mendapat dukungan dari beberapa perusahaan teknologi dan layanan telekomunikasi seperti IDC-Indonesia, MAXINDO, Kawatama dan Razaki Technology.

Fitur khusus[sunting | sunting sumber]

Terdapat fitur atau aplikasi tambahan khusus bernada islami yang menjadi ciri khas dari salingsapa.com ini. Aplikasi tersebut antara lain:

  • Al-Qur’an: yakni tampilan ayat-ayat Al-Qur’an berformat dokumen portabel (.pdf) yang dapat berguna sebagai Al-Qur’an saku, dan dapat digunakan oleh member untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan lebih mudah. Aplikasi ini merupakan salah satu fitur yang paling popular dan paling banyak dikunjungi orang (hit terbanyak).
  • Khazanah: fitur yang berisi rekaman ceramah para ulama terkemuka di Indonesia. Untuk sementara hanya tersedia file ceramah yang telah direkam sebelumnya, namun admin berencana mengembangkannya menjadi semacam video streaming yang dapat menampilkan ceramah ulama secara langsung.
  • Radio SalingSapa: merupakan aplikasi semacam radio streaming di mana kita bisa mendengarkan siaran radio secara langsung.
  • Live Streaming: berisi ceramah-ceramah dari tempat-tempat tertentu
  • Live Masjidil Haram : berisi liputan langsung dari Masjidil Haram

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Wow, Anak SMP Bikin Situs Ala Facebook!". 2011-02-11. Diakses tanggal 2011-03-19. 
  2. ^ "Tiga Tim Jagoan Komputer Cilik Memberikan Kuliah Umum di ITB". Diakses tanggal 2011-03-18. 
  3. ^ "SalingSapa.com kebanjiran pengunjung". Diakses tanggal 9 April 2011. 
  4. ^ "Siswa SMP Pembuat Facebook". Diakses tanggal 10 April 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]