Salim Anarkali (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dashtan E Mohabbat
300px
Judul lainSalim Anarkali
GenreDrama sejarah
PembuatAnirudh Pathak
SutradaraNikhil Sinha
PemeranShaheer Sheikh
Sonarika Bhadoria
NegaraIndia
BahasaHindi
Jumlah musim1
Jumlah episode69[1]
Produksi
ProduserAniruddh Pathak
KameraMulti-camera
DurasiApprox. 24 minutes
Rumah produksiGalaxy Studios
Rilis
Jaringan penyiarColors TV (India)
ANTV (Indonesia)
Format visual576i
HDTV 1080i
Tanggal rilis1 Oktober 2018 –
4 Januari 2019

Dastaan-E-Mohabbat: Salim Anarkali adalah serial televisi drama fiksi sejarah India tahun 2018 yang akan ditayangkan Colors TV.[2][3] Acara ini diproduksi oleh Aniruddh Pathak, Galaxy Studios. Ini akan didasarkan pada kisah cinta Salim dan Anarkali. Ini akan membintangi Shaheer Sheikh dan Sonarika Bhadoria.[4][5]

Penayangan di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Musim Jumlah episode Awalnya Disiarkan (Indonesia)
Pertama Ditayangkan Terakhir Ditayangkan
1 31 11 Maret 2019 (2019-3-11) 11 April 2019

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pangeran Salim (Uzair Basar) mengunjungi seorang dargah tua dengan ayahnya (raja) Akbar (Shahbaz Khan) dan ibu (Ratu) Jodha Bai (Gurdeep Kohli). Santo memberkati mereka dan meramalkan bahwa Salim akan menjadi prajurit hebat dengan kemampuan menjadi raja yang hebat, tetapi juga menubuatkan bahwa suatu hari, Salim akan berbalik melawan Akbar. Akbar berjanji bahwa dia tidak akan pernah membiarkan hal-hal seperti itu terjadi.

Ketika perampok menyerang desa Agra, seorang gadis bernama Saifu (Naisa Khanna) dan bibinya Jhillan (Shruti Ulfat) menyelamatkan Salim saat mereka melarikan diri. Saat mengetahui bahwa Saifu menyelamatkan hidup Salim, Akbar mengganti nama Saifu sebagai Anarkali, yang berarti 'buah delima yang mekar'. Pelihat itu juga menubuatkan bahwa Anarkali akan menjadi alasan perseteruan antara Akbar dan Salim. Ketika mereka kembali ke Agra, Salim dan Anarkali menjadi teman baik. Sementara Jodha dan Akbar senang melihat Salim dengan teman barunya, istri pertama Akbar Ruqaiya (Tasneem Sheikh) dan ibu Akbar Hamida (Aruna Irani) sangat marah melihat keponakan seorang pelayan yang bermain dengan Salim. Ketika Ruqaiya merencanakan untuk membunuh Salim, Anarkali menyelamatkannya sekali lagi.

Kemudian, setelah Salim mulai bertingkah buruk ketika Ruqaiya meminum susunya, Akbar memutuskan untuk mengirimnya ke medan perang selama 12 tahun sampai ia dewasa. Salim meninggalkan kastil, dan marah dengan keputusan ayahnya. Namun, Anarkali dengan penuh air mata mengajukan tawaran kepada Salim dan memutuskan untuk menulis surat kepadanya selama 12 tahun di mana semua ini terjadi.

12 Tahun kemudian[sunting | sunting sumber]

Salim (Shaheer Sheikh) sekarang adalah pejuang pemberani dan berbakat yang dapat membunuh sepuluh prajurit seorang diri. Meskipun galak, Salim memiliki hati lembut Jodha, dan tahu untuk memaafkan. Sahabat Salim adalah prajurit Hindu Mahabbat (Meherzan Mazda), yang dengannya Salim berbagi semua rahasianya. Anarkali (Sonarika Bhadoria), yang juga dewasa, adalah seorang pelayan istana Agra yang pemalu, bersuara lembut, dan sangat dekat dengan Jodha. Dia menulis surat kepada Salim setiap minggu, meskipun dia tidak pernah mendapat balasan darinya.

Meskipun Anarkali mencintai Salim, dia tidak pernah mengungkapkan keinginannya. Dia tahu bahwa sebagai pelayan, dia bahkan tidak pernah bisa bermimpi menjadi ratu hati Salim. Meskipun Ruqaiya membenci Anarkali dan sering mencoba untuk mencemarkan nama baiknya, Anarkali tidak ada yang keras terhadap siapa pun. Jodha menerima berita tentang kepulangan Salim dan meminta Anarkali untuk mendekorasi kamar Salim.

Salim kembali dan setelah bertemu Jodha, ia mengungkapkan keinginannya untuk bertemu Anarkali. Salim bertemu Anarkali di teras dan benar-benar jatuh cinta padanya. Meskipun Anarkali enggan melihat Salim lagi, Salim bersikeras untuk bertemu dengannya. Ini memberi Ruqaiya kesempatan untuk menjatuhkan Anarkali di mata Salim. Keesokan harinya, Ruqaiya memerintahkan Anarkali untuk berdansa dengan penari lain di sebuah pesta yang diatur untuk merayakan kepulangan Salim. Salim benar-benar marah melihat Anarkali sebagai Rakkasha (pelacur) dan menamparnya di depan semua orang. Salim pergi, diikuti oleh Mahabbat. Namun, Mahabbat berhasil membuat Salim mengerti bahwa ia selalu mencintai Anarkali. Salim memutuskan untuk mengakui perasaannya kepada Anarkali, yang kemudian meminta agar Salim meninggalkannya sendirian, takut bahwa mimpi terburuknya akan terwujud. Salim yang keras kepala berusaha memenangkan Anarkali dan berhasil. Akhirnya, Salim memutuskan untuk menyerah, tetapi sebelum dia memutuskan untuk membuat Anarkali mengakui perasaannya yang sebenarnya kepadanya. Dia memerintahkan Mahabbat untuk mengatur pesta di Hutan dan memerintahkan Anarkali untuk ikut bersama mereka. Salim juga mengatur penari bernama Firdous untuk membuat Anarkali cemburu. Namun, ketika Firdous menari, Salim memperhatikan kecemburuan Anarkali, tetapi dia masih tetap diam. Salim memerintahkan semua orang untuk keluar dari tenda kecuali Anarkali. Salim bertanya mengapa dia masih diam. Anarkali menjawab bahwa dia hanya seorang pelayan dan tidak bisa memberi tahu Salim apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak. Salim yang frustrasi memutuskan untuk membuat tenda itu terbakar dan bunuh diri. Namun, kejadian ini membuat Anarkali lemah, dan dia mengaku cintanya. Hamida, setelah menerima berita tentang kebakaran itu, memutuskan untuk menemui Salim tetapi terpana melihatnya memeluk Anarkali. Dia jadi tahu tentang perselingkuhan mereka dan memutuskan untuk mengakhirinya. Firdous, sebagaimana diungkapkan sebagai plot yang ditanam oleh Ruqaiya, bercerita tentang cinta Salim untuk Anarkali. Ruqaiya meminta Firdous untuk menciptakan keretakan di antara mereka tetapi Firdous menolak dan mengatakan dia tidak akan datang di antara dua kekasih, lalu Ruqaiya membunuh Firdous. Kemudian, Maan Bai, sepupu Salim masuk dan berhasil menikahinya. Dia menjadi istri pertama Salim dan mulai menciptakan keretakan antara Salim dan Anarkali tetapi tidak berhasil. Dia bahkan mencoba membunuh Anarkali tetapi Anarkali diselamatkan oleh Salim. Kemudian dia memberi tahu Akbar tentang perselingkuhan mereka dan dia menjadi marah dan menyuruh Anarkali pergi dari Salim jika dia ingin menyelamatkan hidupnya. Tapi dia terbunuh tetapi di tangan Salim.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Pendukung[sunting | sunting sumber]

Siaran internasional[sunting | sunting sumber]

  • Di Indonesia (Bahasa Indonesia) mulai ditayangkan di ANTV dengan judul Salim Anarkali pada 11 Maret 2019 hingga 11 April 2019 dan tayang ulang kembali di ANTV mulai 3 Februari 2020.[6][7]

Referensi[sunting | sunting sumber]