Salamander raksasa tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salamander raksasa tiongkok
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
A. davidianus
Nama binomial
Andrias davidianus
Blanchard, 1871

Salamander raksasa tiongkok (Andrias davidianus) adalah salah satu salamander terbesar dan juga salah satu hewan amfibi terbesar di dunia.[2] Salamander ini dan juga dua kerabat dari genus Andrias lainnya merupakan spesies yang hidupnya sepenuhnya akuatik. Salamander raksasa tiongkok merupakan spesies endemik yang hidup di aliran dingin pegunungan bebatuan di hilir sungai dan danau-danau di lembah sungai Yangtze. Tersebab hilangnya habitat, polusi, dan juga pengambilan berlebihan untuk konsumsi dan sering kali digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Daftar merah IUCN menempatkan status konservasi dari salamander raksasa tiongkok sebagai terancam punah.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Salamander ini memiliki kepala besar, mata kecil, dan kulit yang gelap dan berkerut-kerut. Spesies ini hidup di aliran air dingin di pegunungan dan suka hidup di gua. Ia menyangga hidupnya dengan memakan serangga, kodok, dan ikan. Fungsi mata pada salamander raksasa ini tidak terlalu baik, sehingga ia bergantung pada nodus sensoris atau sensor khusus yang terletak pada dahinya untuk mendeteksi setiap pergerakan yang ada.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Foto yang menunjukkan anatomi salamander raksasa tiongkok

Nama ilmiah yang benar dari spesies ini sering kali diperdebatkan sebagai Andrias scheuchzeri (dalam hal ini Andrias davidianus akan menjadi nama ilmiah yang lampau). Salamander raksasa tiongkok sring juga diberi julukan "fosil hidup" karena merupakan bagian dari keluarga Cryptobranchidae yang berasal dari 170 juta tahun yang lalu.[3] Salamader ini merupakan salah satu dari lima spesies keluarga Cryptobranchida yang diketahui masih ada, kerabat terdekat dari salamander ini salamander raksasa Jepang (Andrias japonicus) yang memiliki ukuran sedikit lebih kecil, tetapi sangat mirip dan juga pula ada salamander raksasa tiongkok selatan (A. sligoi) yang sedikit lebih besar. Adapun kerabat lain dari salamander ini yang diketahui hidup di Amerika Utara namun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil namun berbeda genus Hellbender (Cryptobranchus alleganiensis). Adapun satu spesies yang belum dideskripsikan yang berasal dari Tiongkok Timur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liang Gang; Geng Baorong; Zhao Ermi (2004). "Andrias davidianus". The IUCN Red List of Threatened Species. IUCN. 2004: e.T1272A3375181. doi:10.2305/IUCN.UK.2004.RLTS.T1272A3375181.en. 
  2. ^ "AmphibiaWeb - Andrias davidianus". amphibiaweb.org. Diakses tanggal 2021-04-01. 
  3. ^ "Home". Chinese giant salamander (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-01.