Sajang, Sembalun, Lombok Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sajang
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Nusa Tenggara Barat
Kabupaten Lombok Timur Lombok Timur
Kecamatan Sembalun
Kodepos 83656
Luas ... km²
Jumlah penduduk 4080 jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Sajang adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa ini memiliki kodepos 83656.

Di desa ini terdapat salah satu Taman Nasional Gunung Rinjani.

SEJARAH SINGKAT DESA SAJANG[sunting | sunting sumber]

Desa Sajang merupakan salah satu Desa dari 6 (Enam) Desa yang ada di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, nama Desa Sajang diambil dari Kata-kata Sajian/Sesajen di mana pada zaman dahulu sebelum Orde Baru, menurut sumber Sejarah bahwa Sajang merupakan Pintu Gerbang Utama menuju Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani dan di Sajanglah terdapat Mangku Gunung yang bergelar MANGKU ANGIN dan Mangku tersebut adalah orang penghuni pertama Sajang yakni “ TITIK KASTURA “ nama aslinya.

Konon pada waktu itu setiap orang yang hendak ke Danau Segara Anak dan Gunung Rinjani terlebih dahulu memohon restu kepada Sang Mangku yang ada di Sajang dengan menyerahkan Sajian / Sesajen sebagai isyarat memohon Keselamatan dari GANGGUAN Gaib penghuni Gunung Rinjani dan sekitarnya.

Desa Sajang berdiri pada tahun 1962 yang mewilayahi 4 (empat) Kekeliangan, namun seiring dengan perkembangan Pembangunan dan dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat, maka terbitlah Peraturan Daerah Kabupaten Tingkat II Lombok Timur Nomor : 7 Tahun 1981 tentang istilah Kekeliangan diubah menjadi keKadusan yang di kepalai oleh Kepala Dusun, akhirnya pada tahun 1983 Empat (4) Kekeliangan tersebut dimekarkan menjadi 7 Kekadusan Yakni :

· Kadus Bawak Nao Daya

· Kadus Bawak Nao Lauk

· Kadus Lelongken

· Kadus Sajang

· Kadus Birak

· Kadus Dasan Bilok

· Kadus Landean

Kemudian Desa Sajang mengalami perubahan kembali tepatnya pada tanggal 31 Maret 2003 dimekarkan menjadi 2 Desa yakni Desa Sajang dan Desa Sajang Utara yang sekarang bernama “ [[DESA BILOK PETUNG]] “

Keadaan Umum Desa Sajang[sunting | sunting sumber]

Geografis[sunting | sunting sumber]

Luas, Letak dan Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Luas Desa Sajang seluruhnya 28, 98 Km2 dan terletak diwilayah bagian Utara Kecamatan Sembalun dengan batas-batas wilayah Sbb:

o Sebelah Utara Berbatasan dengan Desa Bilok Petung

o Sebelah Timur Berbatasan dengan Desa Obel-Obel

o Sebelah Selatan Berbatasan dengan Desa Sembalun

o Sebelah Barat Berbatasan dengan Kabupaten Lombok Utara

Orbitrasi[sunting | sunting sumber]

Ibu Kota Desa Sajang terletak diwilayah Dusun Lelongken :

o Jarak dengan Ibu Kota Kecamatan Sembalun : + 7 Km.

o Jarak dengan Ibu Kota Kabupaten : + 52 Km.

o Jarak dengan Ibu Kota Provinsi NTB : + 99 Km

Klimatologi/Iklim[sunting | sunting sumber]

Pada umumnya Curah Hujan 1.826-2000 mm/Tahun dan Hujan turun pada bulan Januari, Februari, Maret, April dan yang paling sedikit pada bulan Mei, selain itu seterusnya mengalami musim kering. Suhu rata-rata 29-35 oC tinggi tempat : 850 DPL (dari permukaan Laut) dan bentang Wilayah : berbukit.

Pengairan[sunting | sunting sumber]

Keadaan Pengairan di Desa Sajang Sedikit Mengalami Kesulitan, Karena sungai yang dimanfaatkan untuk Irigasi hanya satu dengan debit yang relative rendah terutama pada menjelang musim kemarau, karena sungai tersebut bersumber dari Desa Sembalun Lawang, Sembalun Timba Gading dan desa Sembalun sehingga sistim pengairan Irigasi di Desa Sajang adalah setengah Tehnis.

Adapun untuk kebutuhan Rumah Tangga Masyarakat Desa Sajang menggunakan Perpipaan air minum yang bersumber dari Pancor Mas Rinjani yang saat ini sedang dikelola dengan sistim PAMDes yang diberi nama “ PAMMAS’ (Bawak Nao Lauk dan Daya) sedangkan Dusun Lelongken dan Dusun Sajang dari Proyek Perpipaan bantuan PPSTN dan sumber mata air Pancor Mas Rinjani.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah Penduduk Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur pada Taun 2017 mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 berjumlah 3.734 Jiwa terdiri dari 1.832 Laki-laki dan 1.902 perempuan dengan jumlah kepala keluarga 1.125 KK .

Sedangkan sampai dengan akhir Tahun 2017 jumlah penduduk Desa Sajang mengalami peningkatan di mana pada tahun 2016 tercatat sejumlah 3.734 dan pada tahun 2017 menjadi 4.080 jiwa yang terdiri dari 2.014 Laki-laki dan 2.066 Perempuan dengan jumlah Kepala Keluarga 1.201 KK.

Potensi Pariwisata Sajang[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Mangku Sakti

Sajang sangat kaya akan sumber saya alam baik itu berupa hasil tani yang di jadikan wahana agrowisata maupun destinasi-destinasi alam lain berupa air terjun, bukit, sungai, maupun Taman Nasional Gunung Rinjani. Di antara beberapa destinasi pariwisata itu antara lain :

Air Terjun Mangku Sakti[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Mangku Sakti berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Sumber air terjun ini berasal dari Danau Segara Anak yang berada di Gunung Rinjani. Air Terjun Mangku Sakti memiliki ketinggian 40 Meter. Air terjun ini dapat di tempuh dengan menggunakan mobil sewaan maupun dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar satu jam perjalanan.

Sajang Rinjani Treking[sunting | sunting sumber]

Sajang Rinjani Trekking merupakan jalur pendakian Gunung Rinjani melalui desa Sajang. Jalur pendakian ini merupakan salah satu jalur pendakian selain melalui Sembalun Lawang maupun melalui Senaru.

Agrowisata Kopi[sunting | sunting sumber]

Sajang terkenal dengan produksi kopi Arabica maupun Robusta yang memiliki kualitas tinggi. Proses untuk menjadi bubuk kopi dari penanaman dijadikan sebagai wisata edukasi untuk lebih mengetahui tentang kopi itu sendiri.

Sembalun Musik Studio[sunting | sunting sumber]

Studio Musik yang berlokasi di Lelongken Desa Sajang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggra Barat.