Sahil, Somaliland

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sahil
Saaxil (Somali)
ساحل (Arab)
Pelabuhan Baru DP World Berbera
Lokasi di Somaliland
Lokasi di Somaliland
Negara Somaliland
Pusat pemerintahanBerbera
Pemerintahan
 • GubernurAhmed Osman Hassan
Luas
 • Total13.930 km2 (5,380 sq mi)
Zona waktuUTC+3 (EAT)
HDI (2017)0.442[1]
turun · 1[2]

Sahil (bahasa Somali: Saaxil, Arab: ساحل) adalah sebuah wilayah administratif (gobol) di Somaliland utara dengan kota pelabuhan Berbera sebagai ibu kotanya. Itu dipisahkan dari Maroodi Jeex dan menjadi provinsi pada tahun 1991. Pada tahun 1998, Distrik Sheikh Togdheer dimasukkan ke dalam wilayah Sahil.[3] Wilayah ini memiliki garis pantai yang panjang menghadap ke Teluk Aden di utara. Sahil berbatasan dengan Awdal di barat laut, Maroodi Jeex di barat daya, Togdheer di selatan, dan Sanaag di timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Peta region Sahil

Sebelumnya dikenal sebagai Distrik Berbera, itu adalah salah satu dari enam distrik yang membentuk protektorat Somaliland Britania. Pada tahun 1960, Negara Bagian Somaliland yang saat itu merdeka bergabung dengan Somalia Italia untuk membentuk Republik Somalia. Pada tahun 1964, Distrik Berbera bergabung dengan distrik Borama (sekarang Awdal) dan distrik Hargeisa (sekarang Maroodi Jeex) untuk membentuk wilayah Woqooyi Galbeed (secara harfiah Barat Laut, juga dikenal sebagai wilayah Hargeisa).

Selama periode 1968 hingga 1982, sebagian distrik dimasukkan ke dalam wilayah Togdheer. Awdal dipisahkan di bagian barat wilayah Woqooyi Galbeed pada bulan Juni 1984.[4] Namun, Sahil adalah satu-satunya dari enam bekas wilayah Inggris yang dibangun kembali pada masa pemerintahan pemerintah Somalia.

Ketika Perang Saudara Somalia pecah, bekas wilayah Inggris menyatakan kebangkitan negara Somaliland pra-kemerdekaan. Pada bulan Desember 1989, pemerintah Somaliland mendirikan wilayah Sahil. Pada tahun 1998, Distrik Sheikh digabungkan dari Togdheer. Di bawah Undang-Undang Otonomi Daerah tahun 2002, Sahil dinyatakan sebagai salah satu dari enam region yang membentuk Somaliland.[3]

Somaliland direorganisasi pada 22 Maret 2008, dan wilayah Sahil diubah. Namun, undang-undang pemerintah daerah yang baru mulai berlaku pada 4 Januari 2020, dan wilayah tersebut dipulihkan.[5]

Distrik[sunting | sunting sumber]

Ibukota daerah wilayah Sahil adalah kota pelabuhan Berbera. Wilayah ini dibagi lagi menjadi dua distrik berikut:[6]

Distrik Ibu kota Catatan Lokasi
Berbera Berbera Ibu kota region
Sheikh Sheikh

Demografi[sunting | sunting sumber]

Menurut Kementerian Perencanaan Nasional Somaliland, Sahil memiliki populasi 49.244 pada tahun 1997.[7]

Wilayah Sahil dihuni oleh orang-orang dari kelompok etnis Somali. Wilayah ini dihuni oleh marga Habr Awal, Garhajis dan Habr Je'lo dari keluarga marga Isaaq yang lebih luas.[8]

Kota-kota besar[sunting | sunting sumber]

Kota-kota di Sahil meliputi:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sub-national HDI - Area Database - Global Data Lab". hdi.globaldatalab.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-13. 
  2. ^ including Maroodi Jeex
  3. ^ a b "Local Government Law". 
  4. ^ "Somalia Regions". 
  5. ^ "Wax-ka-beddelka iyo Kaabista Xeerka Ismaamulka Gobolladda iyo Degmooyinka, Xeer Lr. 23/2019" (PDF). Somaliland Law. 
  6. ^ "Development plan" (PDF). slministryofplanning.org. Diakses tanggal 2021-01-11. 
  7. ^ United Nations Office for Somalia, (UNDOS) (1997). "WAQOOYI GALBEED AND SAHIL". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2001-06-30. 
  8. ^ Kluijver, Robert. "KYD3 - Politics in Berbera". Politics and Art from the Edge (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-02. Diakses tanggal 2022-01-02.