Lompat ke isi

Saguaro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Saguaro
Carnegiea gigantea Edit nilai pada Wikidata
Tumbuhan
Diserbuki olehLeptonycteris nivalis (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN152495 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
SuperkerajaanEukaryota
KerajaanPlantae
DivisiTracheophyta
OrdoCaryophyllales
FamiliCactaceae
TribusPachycereeae
GenusCarnegiea
SpesiesCarnegiea gigantea Edit nilai pada Wikidata
Britton dan Rose, 1908
Tata nama
BasionimCereus giganteus (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Sinonim takson
  • Cereus giganteus Engelm.
  • Pilocereus engelmannii Lem.
  • Pilocereus giganteus Rumpler
[1]
Distribusi

Persebaran alami Carnegiea gigantea
Example Of Old Growth Saguaro Cactus
Saguaro yang tumbuh tua

Saguaro (/səˈ(ɡ)wɑːr/ sə-(G)WAH-roh,[5] Spanyol: [saˈɣwaɾo]; Carnegiea gigantea) adalah spesies kaktus mirip pohon dalam genus monotipe Carnegiea yang dapat tumbuh hingga lebih dari 12 meter (40 kaki). Tanaman ini berasal dari Gurun Sonora di Arizona, negara bagian Sonora di Meksiko, serta daerah Pegunungan Whipple dan County Imperial di California. Bunga saguaro merupakan bunga liar negara bagian Arizona. Nama ilmiahnya diberikan untuk menghormati Andrew Carnegie. Pada tahun 1933, Taman Nasional Saguaro, dekat Tucson, Arizona, diresmikan untuk membantu melindungi spesies ini dan habitatnya.

Beberapa saguaro memiliki bentuk kristat atau "jambul" karena fasiasi.
Seekor burung gereja rumah bersarang di kaktus saguaro

Saguaro memiliki umur yang relatif panjang, sering kali melebihi 150 tahun. Tanaman ini mungkin menumbuhkan cabang pertama sekitar usia 75-100 tahun, tetapi ada juga yang tidak pernah menumbuhkan cabang sama sekali. Cabang dikembangkan untuk meningkatkan kapasitas reproduksi tanaman, karena lebih banyak cabang akan menghasilkan lebih banyak bunga dan buah. Saguaro dapat menyerap dan menyimpan air hujan dalam jumlah yang cukup banyak, terlihat mengembang dalam prosesnya, serta secara perlahan menggunakan air yang tersimpan sesuai kebutuhan. Karakteristik ini memungkinkan saguaro untuk bertahan hidup selama periode kekeringan. Tanaman ini merupakan spesies kunci, yang menyediakan makanan dan habitat bagi sejumlah besar spesies.

Saguaro telah menjadi sumber makanan dan tempat berlindung bagi manusia selama ribuan tahun. Buahnya yang berdaging merah manis diolah menjadi sirup oleh penduduk asli, misalnya suku Tohono Oʼodham dan Pima. Bagian rusuknya digunakan sebagai bahan bangunan di gurun yang miskin kayu. Kaktus saguaro adalah gambaran yang umum dalam budaya Meksiko dan Arizona, dan film-film Barat Daya Amerika.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Carnegiea gigantea (Engelm.) Britton & Rose". Tropicos. Missouri Botanical Garden. Diakses tanggal September 19, 2014. 
  2. ^ Burquez Montijo, A.; Butterworth, C.; Baker, M.; Felger, R.S. (2017). "Carnegiea gigantea". 2017: e.T152495A121476885. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-3.RLTS.T152495A121476885.en. 
  3. ^ "Carnegiea Britton & Rose". Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal November 30, 2020. 
  4. ^ "Carnegiea gigantea (Engelm.) Britton & Rose". Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal November 30, 2020. 
  5. ^ "Definition of SAGUARO". January 14, 2024. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]