Sadisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sadisme (bahasa inggris: Sadistsm) adalah perilaku yang kejam, ganas, atau kasar. Namun secara psikologi, sadisme bisa juga berarti kepuasan seksual yang diperoleh dengan menyakiti orang lain (yang disayangi) secara jasmani atau rohani.[1] Secara sederhana, sadisme ialah suatu bentuk gangguan mental yang membuat penderitanya mendapat kepuasan saat bisa menyakiti pihak lain. Menurut A. Hesnard,[2] sadisme terdiri dari tiga jenis:

  • Sadis Besar (Les Grands sadique criminels). Sadisme psikopatis seperti ini sangat berbahaya bagi masyarakat dan tergolong kriminalitas. Contohnya, penganiayaan, pemerkosaan, mutilasi, dan sebagainya.
  • Sadis Kecil dan Menengah (Les Petits et moyens sadique pervers). "Korban" dari sadisme ini sepenuhnya sadar dan rela menerima perlakuan sadis, persis dengan penggambaran tokoh-tokoh fiksi di beberapa novel Marquis de sade.
  • Sadis Moral (Les Sadique morals). Contohnya pelecehan, perpeloncoan, praktik menakut-nakuti orang, dsb.

Sadisme jenis yang kedua dan ketiga sangat boleh jadi berkaitan dengan penyimpangan seksual sadomasokisme. Sedangkan sadisme yang pertama murni kriminal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata sadisme". Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Diakses tanggal 2017-09-24. 
  2. ^ Jameux, Dominique (1990). Encyclopædia Universalis (Corpus 20). Encyclopædia Universalis France.