Sabilillah Ardie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
H.
Sabilillah Ardie
B.Sc
Wakil Bupati Tegal Sabiillah Ardie
Wakil Bupati Tegal
Masa jabatan
8 Januari 2019 – 8 Januari 2024
PresidenJoko Widodo
GubernurGanjar Pranowo
Sebelum
Pendahulu
Umi Azizah
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir28 Oktober 1983 (umur 40) Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia
KebangsaanIndonesia
Partai politikPKB
Suami/istriSisca Zulistia
HubunganBachrudin Nasori (Ayah)
AnakReyna Furqani Ardie
Kenzie Alhaqq Ardie
Satya Sidqie Ardie
Tempat tinggalKabupaten Tegal
Alma materUniversitas Temple
Estancia High School
Newfield Asia
ProfesiPolitikus
Situs webhttps://mas-ardie.id/
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

H. Sabilillah Ardie, B.Sc., (lahir 28 Oktober 1983) adalah Wakil Bupati Tegal periode 2019 – 2024. Pria yang akrab disapa Ardie ini adalah putra pertama dari pasangan H. Bachrudin Nasori, S.Si dan Hj. Deny Mardiany. Ardie berhasil menjadi wakil Bupati Tegal pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2018 berpasangan dengan Dra. Hj. Umi Azizah dengan memperoleh sebanyak 518.017 suara atau 70,94 persen mengalahkan kompetitornya Haron Bagas Prakosa – Drajat yang memperoleh 148.000 atau 20,27 persen dan Rusbandi – Fatkhudin dengan 64.155 suara atau 8,79 persen.[1]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

H. Sabilillah Ardie, B.Sc., (Ardie) menghabiskan masa kecil di Kota Kembang Bandung dengan mengenyam pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Percobaan Negeri Sabang Bandung pada tahun 1989 sampai 1995 dilanjutkan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) YPPS Bandung pada tahun 1995 – 1998. Setelah lulus sekolah MTs Ardie melanjutkan pendidikan SMA di Estancia High School New Mexico Amerika Serikat. Setelah lulus dari SMA Ardie mendapatkan beasiswa Temple Scholar Award untuk melanjutkan pendidikan tingginya di Temple University Philadelphia, Amerika Serikat dengan mengambil jurusan Information Science and Technology, dengan Minor di Bisnis hingga lulus pada tahun 2005.

Kegiatan Organisasi[sunting | sunting sumber]

Sejak usia remaja Ardie sudah aktif di kegiatan organisasi dan sosial. Pada saat di Amerika dia menjadi Direktur Pengembangan Akademik Association For Computing Machinary. Sebagai mahasiswa muslim di negeri orang, dia juga aktif sebagai pengurus di Muslim Students Association Philadelphia. Tidak hanya saat di luar negeri Ardie aktif di organisasi, sepulangnya dari menimba ilmu di Amerika Serikat dia juga aktif di organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) sebagai jajaran Bendahara di Lembaga Amil Zakat NU (Lazis NU) dan Lembaga Perekonomian NU (LPNU) Pusat. Dalam organisasi politik pun dia aktif sebagai Wakil Ketua di Dewan Kordinasi Nasional (DKN) Garda Bangsa, sebuah organisasi sayap dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pengalaman Kerja[sunting | sunting sumber]

Sebelum menjadi wakil Bupati Tegal, Ardie telah malang melintang mencari pengalaman dalam dunia kerja. Sepulangnya dari AS dia menjadi dosen di STMIK Bandung. Tidak lama menjadi dosen, Ardie bekerja di PT. Intechative Indonesia dan PT. Mega Datamas Utama sebagai Chief Technologi Officer pada tahun 2006. Pernah juga menjadi Komisaris di PT. Mega Langgeng Utama dan Executive Vice Presindent di BNI Sekuritas. Pengalaman di dunia pemerintahan juga dimiliki oleh Ardie, suami dari Sisca Zulistia ini pernah menjadi Staf Ahli di DPR RI pada tahun 2007 hingga 2009. Pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke 2, dia dipercaya menjadi Staf Khusus Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal yang saat itu dijabat oleh Helmy Faishal Zaini pada tahun 2009 hingga 2014. Pada saat itulah Ardie banyak memberikan masukan kepada menteri dalam mengembangkan daerah tertinggal yang ada di penjuru Indonesia. Dalam dunia bisnis Ardie juga bagus. Dengan merintis usaha mendirikan PT. Mega Kapital Utama pada tahun 2015. Sebuah usaha yang bergerak di bidang teknologi dijalankan bersama rekan-rekannya di Jakarta. Tidak hanya itu, pada tahun 2017 dia juga mendirikan PT. Barari Utama Global. Ardie pun pernah mendapatkan penghargaan pencapaian luar biasa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Negara bagian New Mexico pada tahun 2001.

Pada Pilkada Kabupaten Tegal tahun 2018, Ardie ditunjuk oleh Partai Kebangkitan Bangsa sebagai calon wakil bupati mendampingi Umi Azizah yang maju menggantikan Ki Enthus Susmono, dan berhasil memenangi Pilkada pada tanggal 27 Juni 2018.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Umi Azizah
Wakil Bupati Tegal
2019–2024
Petahana
  1. ^ Gumilang, Akhtur. "Paslon Umi-Ardie Menang Telak di Pilkada Kabupaten Tegal". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2019-07-31.