Saartje Specx

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Saartje Specx (1617–1636) adalah putri dari Jacques Specx, gubernur Vereenigde Oostindische Compagnie dan seorang selir asal Jepang. Saartje lahir di basis perdagangan Belanda di pulau Hirado. Pada tahun 1629, pada saat berusia 12 tahun ia tinggal di Batavia, di bawah perlindungan Jan Pieterszoon Coen, Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Ia jatuh cinta dengan Pieter Cortenhoeff yang pada saat itu berusia 15 tahun, seorang penjaga rendahan di dalam tentara VOC dan berhubungan seksual di kediaman Coen. Ketika Gubernur mendengar hal ini, seorang penulis kontemporer menyaksikan, "wajahnya menjadi putih dan kursi dan meja bergetar." Coen telah memenggal Cortenhoeff dipenggal dan Saartje juga dicegah untuk menerima hukuman yang sama. Sebaliknya ia dipukuli di depan Balai Kota Batavia.

Berdasarkan aturan yang mengatur kepemilikan di Asia oleh VOC, Saartje Specx, sebagai bagian dari Asia, tidak memiliki hak untuk hidup di Belanda. Setelah ayahnya kembali ke Jawa dia membuat pernikahan yang baik dengan Georgius Candidius, seorang pendeta Calvinis, dan menemaninya ke basis dagang Belanda di Formosa (Taiwan), di mana dia meninggal, usia 19 pada tahun 1636.

Jacob Cats menulis sebuah pamflet tentang pasangan, yang dijual di 50.000 eksemplar. Pada tahun 1931 J. Slauerhoff menulis drama tentang Jan Pieterszoon Coen di mana kisah itu diceritakan lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • C. Gerretson. Coen's Eerherstel. Amsterdam: Van Kampen. 1944.