S

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari S (huruf))

S adalah huruf ke-19 dalam alfabet Latin. Huruf ini disebut es, dibaca [[Bantuan:Pengucapan|[ɛs]]].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Proto-Semitik
šimš 
Fenisia
shin 
Yunani Kuno
sigma 
Yunani Modern
sigma 
Etruria
Latin Kuno
Latin Modern
S

Huruf Syin ("gigi") dari rumpun bahasa Semit pernah melambangkan konsonan desis pascarongga-gigi nirsuara /ʃ/ (seperti dalam kata syarat). Bentuk asalnya mungkin menggambarkan gigi atau buah dada. Bahasa Yunani tidak mengandung bunyi /ʃ/ tersebut, maka huruf sigma (Σ) digunakan untuk mewakili /s/. Nama "sigma" barangkali diambil dari huruf Semit "Sâmek" (ikan; tulang belakang) dan bukan "Šîn". Dalam bahasa Etruska dan Latin, nilai bunyi [s] ditetapkan, dan hanya dalam bahasa modernlah huruf ini dipakai untuk mewakili bunyi lain, seperti konsonan desis pascarongga-gigi nirsuara [ʃ] dalam bahasa Hungaria dan Jerman (sebelum p, t), atau konsonan desis rongga-gigi bersuara [z] dalam bahasa Inggris (rise, 'bangun'), Prancis (lisez, 'baca') dan Jerman (lesen, 'membaca').

S normal S panjang S tajam
(Ess-tsett)

Pada masa dahulu, suatu bentuk alternatif bagi s, yaitu ſ (s panjang), digunakan pada permulaan atau pertengahan kata dalam bahasa-bahasa Eropa tertentu; bentuk terkininya, s spendek, digunakan pada akhir perkataan. Contohnya, sinfulness ("penuh dosa") ditulis ſinfulneſs menggunakan s panjang itu. Penggunaan long s merosot menjelang awal abad ke-19, untuk mengurangi kekeliruan dengan huruf f kecil. Ligatur "ſs" (atau "ſz") dalam bahasa Jerman menjadi ess-tsett ( ß ).

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Dalam kebanyakan bahasa yang memakai alfabet Latin, serta juga Alfabet Fonetik Internasional, huruf s mewakili konsonan desis rongga-gigi nirsuara, kecuali bahasa Vietnam dan bahasa Hungaria. Di sana S melambangkan konsonan desis pascarongga-gigi nirsuara /ʃ/, seperti dwihuruf "sy" pada kata "syarat." Bahasa-bahasa lain termasuk bahasa Inggris, Portugis, dan Jerman mengandung kata-kata yang mana "s" mewakili bunyi /ʃ/ dan /z/.

Dalam ortografi bahasa Jerman, huruf ß digunakan sebagai pengganti ligatur "ss", mewakili bunyi [s] nirsuara. Dalam bahasa Jerman huruf itu disebut Eszett, dibaca [[Bantuan:Pengucapan|[ɛsˈtsɛt]]]. Huruf itu digunakan untuk melambangkan bunyi [s] di antara dua vokal, misalnya beißen (dibaca [[Bantuan:Pengucapan|[baɪ̯sən]]], arti: 'menggigit'); küssen (dibaca [[Bantuan:Pengucapan|[kʏsən]]], arti: 'mencium').

Dalam beberapa bahasa, S juga digunakan untuk mewakili bunyi konsonan desis rongga-gigi bersuara ([z]), seperti dalam bahasa Yup'ik bila S ditulis di antara huruf hidup. Dalam bahasa Pinyin, bunyi /z/ tersebut menggunakan dwihuruf SS.

S juga digunakan sebagai lambang dalam ilmu pasti. Dalam ilmu kimia, S adalah simbol kimia untuk Sulfur (belerang). Dalam fisika, S digunakan sebagai simbol jarak. S juga merupakan singkatan dari unit waktu dalam sistem Satuan Internasional: sekon (detik).

Kode komputasi[sunting | sunting sumber]

Representasi alternatif huruf S
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Sierra ···
⠎
Bendera isyarat Semafor Braille
Titik kode Huruf besar
S
Huruf kecil
s
Unicode U+0053 U+0073
ASCII Desimal 83 115
Biner 01010011 01110011
EBCDIC 226 162

Lihat pula[sunting | sunting sumber]