S (grup)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
S
에스
Nama lainGroup S, Supreme
AsalSeoul, Korea Selatan
GenreK-pop, R&B
Tahun aktif2003
LabelSM Entertainment
Artis terkaitSMTown, H.O.T., Shinhwa
Situs webOfficial Site
AnggotaKangta
Lee Ji Hoon
Shin Hye-sung

S (에스) adalah proyek Korea Selatan yang terdiri dari 3 anggota: Kangta, Lee Ji Hoon, dan Shin Hye Sung. Grup ini mulai aktif pada tahun 2003 di bawah label rekaman S.M. Entertainment. Setelah hiatus selama 11 tahun, mereka kembali dengan mini album pada tahun 2014.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum debut bersama sebagai grup, ketiga anggotanya sudah menjadi artis yang sukses. Album pertama mereka Fr.In.CI, berdiri untuk Friends in Classics. Karena semua memiliki umur yang sama, mereka bertiga adalah teman dekat dan memiliki fan base di Jepang.

Tahun 2014, mereka kembali dengan mini album Autumn Breeze. Lagu utama mereka berjudul Without You (하고 싶은 거 다). Music video untuk lagu tersebut dibintangi oleh Kwon Yuri dari Girls' Generation.

Sejarah Anggota[sunting | sunting sumber]

Kangta[sunting | sunting sumber]

Kangta adalah salah satu mantan personel boyband remaja H.O.T.. Ia adalah vokal utama untuk H.O.T. sebelum grupnya bubar pada tahun 2001. Dia menerima tawaran menguntungkan dari SM Entertainment dan melanjutkan karier musiknya, merilis album solo yang terdiri dari terutama balada tetapi juga kadang-kadang berisi lagu dance.

Shin Hye Sung[sunting | sunting sumber]

Shin Hye-sung debut di musik industri Korea saat ia dalam boyband Shinhwa sebagai vokal utama. Ia melanjutkan penampilannya bersama Shinhwa selama 10 tahun. Pada tahun 2005, ia merilis 3 album solo sendiri dan yang paling sukses dari anggota Shinhwa lain yang telah merilis album solo.

Lee Ji Hoon[sunting | sunting sumber]

Lee Ji Hoon debut tahun 1996 menjadi artis solo saat dia masih di perguruan tinggi. Album pertamanya sangat hits sampai menduduki top k-pop chart. Pada tahun 2001, ia merilis 4.5th albumnya yang berjudul "Inyoung" (Doll), baladanya ia bernyanyi dengan Shin Hye Sung. "Inyoung" disusun khusus untuk mereka dengan Kangta yang bermain piano selama lagu tersebut.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]