Surya Research Education Center

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SURE Center)

Koordinat: 6°15′18.3″S 106°37′06.4″E / 6.255083°S 106.618444°E / -6.255083; 106.618444

Surya Research Education Center atau SURE Center merupakan suatu pusat penelitian dan pendidikan yang didirikan oleh Prof. Yohanes Surya Ph.D. Gedung yang terletak di kawasan kota mandiri Summarecon Serpong, Tangerang ini diresmikan pada tanggal 29 Maret 2011. Gedung dengan luas 5.800 meter persegi ini akan difungsikan sebagai tempat pelatihan serta persiapan bagi para pelajar yang akan mengikuti olimpiade sains atau matematika, pelatihan guru, dan pelatihan untuk pelajar yang berasal dari daerah tertinggal.

Pada 14-17 November 2011, SURE Center menjadi tuan rumah Olimpiade Sains dan Matematika tingkat Sekolah Dasar se-Asia (Asian Science and Mathematics Olympiad for Primary School - ASMOPS) pertama.[1]

Gedung ini juga menjadi tempat pembelajaran matematika dan fisika bagi pelajar dari Papua, bahkan beberapa diantaranya menunjukan prestasinya di ajang kompetisi nasional dan internasional seperti, Olimpiade Matematika dan Sains Asia bagi siswa SD, Olimpiade Astronomi Asia Pasifik, dan Olimpiade Robotik Internasional. Pada 24 Februari 2012, Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel mengunjungi SURE Center dan memberikan penghargaan bagi pelajar Papua yang menunjukkan prestasi.[2]

Gedung SURE Center[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan fungsinya sebagai tempat pelatihan fisika, menurut sang arsitek Hendrajaya Isnaeni, gedung SURE Center ini juga memilki konsep fisika. Konsepnya adalah lingkaran dengan tujuh spektrum warna, berbentuk bulat dengan golden number angka-angka fisika. Ini diterjemahkan juga sebagai pergerakan elektron dari medan magnet.[3] Tempat ini juga digunakan untuk penyisihan ASMOPS 2014 daerah Jabodetabek, Indonesia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Domokrasi indonesia membentuk dalam politik internal dan esternal papua ada di papua, jika kita perlu membahas agar generasi pembangunan..