SUPM Negeri Kupang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SUPM Negeri Kupang
Informasi
Jurusan atau peminatanNautika Perikanan Laut dan Teknologi Budidaya Perikanan
KurikulumKurikulum SUPM Edisi 2012
Alamat
LokasiJln. Kampung Baru Pelabuhan Ferry Bolok RT.014, RW. 007 Kec. Kupang Barat, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Koordinat10°13′20″S 123°30′46″E / 10.222201°S 123.512857°E / -10.222201; 123.512857
Situs webKunjungi Website
Moto

Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Kupang merupakan sekolah vokasi tingkat menengah di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP), Menjadi SUPM yang kesembilan di bawah KKP.

Sejarah SUPM Negeri Kupang[sunting | sunting sumber]

Tahun 1991 – 2001 merupakan progam studi Penangkapan Ikan pada SPP Negeri Kupang dibawah Departemen Pertanian. Pada tahun 2001 tidak menerima Taruna Baru bagi Program Studi Penangkapan Ikan berkaitan dengan pemisahan Ditjen Perikanan dari Departemen Pertanian ke Departemen Keluatan dan Perikanan. Dalam Rangka menunjang dan mendukung gerakan moral, Gerakan Masuk Laut (GEMALA) di Nusa Tenggara Timur pada tahun 2002. Maka Pemerintah Daerah dengan Instansi Teknis Dinas Perikanan dan Kelutan Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki perhatian dan antusias yang besar untuk meningkatkan status Program Studi tersebut menjadi SUPM Kupang. Pengelolaannya oleh Dinas Perikanan dan Kelutan Provinsi NTT dibawah naungan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perikanan DKP melalui SUPM Negeri Tegal, sebagai koordinator untuk SUPM Daerah/Swasta wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

SUPM Kupang didirikan pada tahun 2002 dengan memperoleh Surat Izin Prinsip (SIP) No SK. 01/PDP/TU.520/I/2003 dari Depertemen Kelautan dan Perikanan. Kemudian pada tahun 2005 memperoleh peningkatan status menjadi TERDAFTAR berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Departemen Kelautan dan Perikanan No. SK.20/PPSDM-KP/XII/2005. Tanggal 25 Januari 2011 Penandatangan Berita Acara Penyerahan dan Pengalihan Lembaga pendidikan SUPM Kupang dari Pemerintah Daerah NTT kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Program Keahlian di SUPM Negeri Kupang[sunting | sunting sumber]

Program Keahlian Nautikan Perikanan Laut (NPL)[sunting | sunting sumber]

Program studi ini memberikan kesempatan untuk menambah pengetahuan dan ketrampilan di bidang Teknik Penangkapan Ikan dan Navigasi Kapal Penangkap Ikan. Para siswa didorong menerapkan teknik penangkapan ikan modern yang ramah lingkungan demi menjaga kelestarian sumber daya perikanan.

Profil Lulusan: Mampu melayarkan dan mengopera-sikan kapal untuk usaha penangkapan ikan

Program Keahlian Teknologi Budidaya Perikanan (TBP)[sunting | sunting sumber]

Program studi ini memberikan kesem patan untuk menambah pengetahu an dan ketrampilan di bidang teknik dan pengembangan budidaya ikan maupun komoditas perikanan lain yang bernilai ekonomis penting. Para siswa didorong menerapkan sistem dan teknik budidaya kan yang baik guna menjaga kelestarian lingkungan sumber daya perikanan.

Profil Lulusan: Mampu melaksanakan pembenihan maupun pembesaran ikan dan komoditas perikanan lainnya dalam kegiatan budidaya perikanan air tawar, air payau maupun laut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]