Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari STTKD)
Lompat ke: navigasi, cari
Didirikan April 1995
Jenis Sekolah Tinggi Swasta
Rektor Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, S.E., M.M
Lokasi Jl.Parangtritis Km.4,5 Daerah Istimewa Yogyakarta
Situs web http://sttkd.ac.id/
Lambang STTKD

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan atau STTKD Yogyakarta didirikan oleh Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi, S.E., M.M (mantan Gubernur Akademi Angkatan Udara) pada tahun 1995 di atas lahan seluas10.220 m2, bernaung dalam Yayasan Citra Dirgantara, akan dapat mendayagunakan potensi ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada, memberikan peluang dan wadah bagi pemuda calon tenaga profesional yang berkualitas di bidang kedirgantaraan. sejak didirikan bulan April 1995 dengan ijin No : 089/D/O/1995 Tanggal 27 Nopember 1995, berusaha mengembangkan diri secara terus menerus agar visi sebagai pusat keunggulan di bidang pendidikan kedirgantaraan bisa terwujud.

STTKD merupakan salah satu institusi yang telah Terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Nilai B

STTKD memiliki visi dan misi :

VISI

Menjadi pusat keunggulan pendidikan dalam bidang kedirgantaraan

MISI

Mendidik tenaga profesional untuk mengawaki laju perkembangan dunia kedirgantaraan yang memiliki ciri 5T

1. Taqwa

STTKD sangat berharap dan memohon kepada Allah SWT agar lulusan STTKD beserta Staf, Karyawan dan Dosen mempunyai hati yang Taqwa kepada Allah dengan kadar sesuai yang di Ridloi oleh Allah SWT bagi setiap orang.

2. Teknokrat

STTKD yang berorientasi pada teknologi penerbangan yang makin hari makin canggih dan padat teknologi diharapkan lulusannya akan menguasai dan mampu menerapkan teknologi serta bisa mengembangkan agar selalu mengikuti perkembangan teknologi.

3. Tanggap

Dunia penerbangan mempunyai karakteristik khusus dan sangat tergantung pada situasi dan kondisi saat itu, oleh karenanya diperlukan sikap responsive, setiap saat diperlukan reaksi cepat, tepat dan aman. Bukan sikap yang santai dan menunggu ada yang menyuruh atau setelah terjadi kecelakaan baru bereaksi, sifat prefentif harus diutamakan dan didahulukan.

4.Tanggon

Banyak ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang akan selalu dihadapi oleh setiap personel yang berkecimpung didunia penerbangan. Untuk menghadapi situasi seperti ini diperlukan orang-orang yang betul-betul tangguh tidak mudah menyerah, tidak mudah putus asa dan selalu berfikir positif.

5. Trengginas

Karena ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di dunia penerbangan bisa datang kapan saja, dimana saja tidak mengenal tempat dan waktu maka personil penerbangan harus selalu waspada, siap siaga, lincah, tepat prosedur dan tepat waktu serta aman.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

STTKD Yogyakarta mempunyai beberapa Program Studi antara lain:

1. S1 Teknik Dirgantara

Lulusan S1 Teknik Dirgantara diharapkan berkemampuan melakukan analisis perawatan pesawat terbang, perancangan manjemen perawatan pesawat terbang, perancangan perangkat keras pesawat terbang, menerapkan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi, bekerjasama secara efektif untuk meningkatkan produktivitas, bersikap profesional, beretika dan bertanggung jawab sosial serta berwawasan luas dalam menyikapi perkembangan teknologi, berkomitmen terhadap peningkatan kualitas suatu proses perkembangan teknologi

KONSENTRASI :

Konsentrasi aircraft maintenance dipersiapkan menjadi technician dan engineer pesawat terbang dengan kemampuan analisis yang tinggi, dengan materi pembelajaran mengacu pada kurikulum European Aviation Safety Agency (EASA) dan Civil Aviation Safety Regulation (CASR) secara teori maupun praktek yang dilakukan.

Konsentrasi desain UAV dipersiapkan menjadi konseptor dan pembuat sistem dalam bidang rangka pesawat terbang tanpa awak.

Fasilitas : Lab. Proses Produksi, Lab. Sheet Metal, Lab. Komputer, Lab. Bahasa. Lab. Gambar Teknik, Lab. 3D Drawing CAD, Lab. Aerodinamika, Instrument Shop, Electronics Shop, Electrical Shop, Battery Shop, Hydraulics & Pneumatics Shop, Engine Shop, Hangar, Store Components, Pesawat Boeing 737-200, Pesawat Cessna 150

2. D3 Aeronautika

Program studi ini bertujuan untuk menyiapkan dan menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan siap bekerja sebagai seorang ahli perawatan pesawat udara (Aircraft Maintenance Engineer). Selain itu, juga dapat memenuhi kualifikasi untuk bekerja di perusahaan penerbangan sipil nasional maupun internasional. Untuk memenuhi kualifikasi sesuai tuntutan sebagai Aircraft Maintenance Engineer, kurikulum yang diselenggarakan oleh Program Studi D3 Aeronautika mengacu kepada kebutuhan pasar (di perusahaan penerbangan sipil), sesuai dengan Civil Aviation Safety Regulation (CASR), dan standar internasional di bidang perawatan pesawat terbang European Aviation Safety Agency (EASA).

KONSENTRASI :

  • Konsentrasi Airframe
  • Konsentrasi Powerplant
  • Konsentrasi Avionics

Fasilitas : Lab. Proses Produksi, Lab. Sheet Metal, Lab. Komputer, Lab. Bahasa. Lab. Gambar Teknik, Lab. 3D Drawing CAD, Lab. Aerodinamika, Instrument Shop, Electronics Shop, Electrical Shop, Battery Shop, Hydraulics & Pneumatics Shop, Engine Shop, Hangar, Store Components, Pesawat Boeing 737-200, Pesawat Cessna 150

Prestasi :

  1. Juara 3 Aerial Robot Kontes tingkat nasional di Parahyangan, Bandung 2014
  2. Nominasi 8 besar Application Robot, Indonesia ICT Awards 2014
  3. Juara Harapan I Konstes Robot Terbang Indonesia 2015

3. DIV Manajemen Transportasi Udara

Program Studi DIV Manajemen Transportasi Udara (MTU) bertujuan untuk membentuk tenaga-tenaga terampil yang siap bekerja di perusahaan-perusahaan industri jasa penerbangan antara lain Perusahaan Pengelola Bandar Udara, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Jasa Ground Handling, Biro Jasa Perjalanan, Perusahaan Jasa Cargo Udara dan tidak menutup kemungkinan bekerja di pemerintahan.

KONSENTRASI :

  • Manajemen Perusahaan Penerbangan
  • Pramugari

4. DIII Manajemen Transportasi Udara

Program Studi DIII Manajemen Transportasi Udara (MTU) hampir memiliki kesamaan dengan DIV Manajemen Transportasi Udara akan tetapi DIII MTU lebih menitik beratkan pada skill kerja dilapangan supaya bisa membentuk tenaga-tenaga terampil yang siap bekerja di perusahaan-perusahaan industri jasa penerbangan antara lain Perusahaan Pengelola Bandar Udara, Perusahaan Penerbangan, Perusahaan Jasa Ground Handling, Biro Jasa Perjalanan, Perusahaan Jasa Cargo Udara dan tidak menutup kemungkinan bekerja di pemerintahan.

KONSENTRASI :

  • Manajemen Perusahaan Penerbangan
  • Pramugari

5. Pramugari (DI)

Program Studi Pramugari (PA) mendidik dan menyiapkan calon tenaga kerja yang handal, profesional dan berdaya saing tinggi dalam bidang Pramugari. Pendidikan selama I tahun (2 semester) diselenggarakan di STTKD Yogyakarta. Kurikulum pendidikan yang diberikan mengacu pada kebutuhan pasar (di perusahaan penerbangan sipil) dan sesuai dengan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

Praktek dilakukan di kampus STTKD dengan peralatan yang dimiliki meliputi cabin pesawat boeing 737-200, kolam renang, ruang make-up, table manner,  Lab. Bahasa Inggris, Lab.Komputer, cara penggunaan/alat pengamanan dan lain sebagainya. Dengan semakin berkembangnya perusahaan penerbangan di Indonesia khususnya dan internasional pada umumnya, memberikan peluang bagi taruna-taruni maupun alumni Program Studi Pramugari STTKD untuk berkompetensi menempati posisi seperti pramugari, selain itu dapat juga menempati posisi sebagai staff bandar udara seperti ticketing and reservation, greeting service dan scheduling.

5. Ground Handling (DI)

Program Studi Ground Hanling (GH) mendidik dan menyiapkan calon tenaga kerja yang handal, profesional dan berdaya saing tinggi dalam bidang pelayanan Ground Support Equipment (GSE), pelayanan cargo, pelayanan ticketing and reservation, pelayanan keberangkatan / kedatangan penumpang dan bagasi. Pendidikan selama I tahun (2 semester) diselenggarakan di STTKD Yogyakarta. Kurikulum pendidikan yang diberikan mengacu pada kebutuhan pasar (di perusahaan penerbangan sipil) dan sesuai dengan Civil Aviation Safety Regulation (CASR).

  - Manajemen Perusahaan Penerbangan
  - Manajemen Bandra Udara

Pranala luar[sunting | sunting sumber]