STMIK Jabar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
STMIK Jabar
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
MotoMenghasilkan lulusan yang berkualitas, unggul, dan berkarakter.
Moto dalam bahasa IndonesiaProduce qualified, superior, and character graduates.
Didirikan1996
JenisPerguruan Tinggi Swasta
RektorDudung Abdulah, S.Pd., M.Si.
LokasiBandung, Jawa Barat, Indonesia
-6.937886,107.677227
KampusJalan Soekarno-Hatta No. 777 Bandung, 40293
WarnaKuning, Biru
JulukanSTMIK Jabar
Situs webhttp://www.stmik-jabar.ac.id

STMIK Jabar (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jawa Barat) adalah sekolah tinggi dengan konsentrasi manajemen informatika dan ilmu komputer yang didirikan dan diselenggarakan oleh Yayasan Al-Ghifari Bandung. Pendirian STMIK Jabar dibawah bimbingan Universitas Padjajaran. Lokasi kampus STMIK Jabar berada di Kota Bandung.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

STMIK Jabar merupakan Perguruan Tinggi dibidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang menyelenggarakan dua program studi, yaitu: Teknik Informatika dan Sistem Informasi yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sejak awal didirikan oleh Yayasan Al-Ghifari pada tahun 1996, STMIK Jabar telah menjadi bagian dari Pemerintah Jawa Barat dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) selama kurang lebih 20 tahun. STMIK Jabar telah menghasilkan kurang lebih 1.435 lulusan yang tersebar diberbagai instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan dalam negeri maupun luar negeri.

Pembelajaran[sunting | sunting sumber]

Pada proses pembelajaran, STMIK Jabar menggunakan kurikulum yang disesuaikan dengan tuntutan stakeholder, serta kurikulum yang mengacu kepada Agama Islam dan Kearifan Budaya Lokal (Budaya Sunda). Sehingga didalam kurikulum terdapat 6 SKS Pendidikan Agama Islam dan 3 SKS Pengenalan budaya. Diharapkan lulusan STMIK Jabar bukan hanya cerdas dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi tetapi juga cerdas dalam Emotional Spiritual Question (ESQ), serta menjadi lulusan STMIK Jabar yang unggul untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Teknik Informatika[sunting | sunting sumber]

Teknik Informatika/Informatika (Informatics) jenjang pendidikan Sarjana (S1). Dengan Akreditasi BAN-PT, Nomor: 1197/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015, memiliki 144 SKS. Total tempuh selama 8 Semester yang terdiri dari 7 semester perkuliahan dan 1 semester masa penyusunan skripsi untuk memperoleh Gelar Akademik Sarjana Teknik (S.T.). Terdapat empat konsentrasi program studi yaitu:

  1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  2. Pengembangan Teknologi Informasi
  3. Desain Web
  4. Multimedia dan Animasi.

Sistem Informasi[sunting | sunting sumber]

Sistem Informasi (Information System) jenjang pendidikan Sarjana (S1). Dengan Akreditasi BAN-PT, Nomor: 118/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2015, memiliki 144 SKS. Total tempuh selama 8 Semester yang terdiri dari 7 semester perkuliahan dan 1 semester masa penyusunan skripsi untuk memperoleh Gelar Akademik Sarjana Komputer (S.Kom.). Terdapat empat konsentrasi program studi yaitu:

  1. Pengembangan Sistem Informasi
  2. Pengelolaan Basis Data
  3. E-Business
  4. Sistem Informasi Kesehatan.

Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Semua mahasiswa STMIK Jabar dapat mengajukan permohonan mendapatkan beasiswa yang tersedia, sesuai dengan peraturan yang berlaku di STMIK Jabar. Adapun beasiswa yang tersedia antara lain:

  1. Beasiswa BIDIKMISI
  2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) KEMENRISTEK DIKTI
  3. Beasiswa BAWAKU KOTA BANDUNG, khusus untuk warga yang memiliki KTP Kota Bandung, sesuai dengan ketentuan Dinas Pendidikan Kota Bandung.
  4. Beasiswa Peduli Dhuafa, diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi akademik baik, serta ketidakmampuan secara finansial, seperti: yatim piatu, dan lain sebagainya.

Persyaratan Khusus Pengajuan Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa minimal telah menempuh 3 (tiga) semester pada tahun berjalan.

Persyaratan Lainnya[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan ketentuan dari masing-masing program beasiswa.

Keterangan lebih jelas mengenai beasiswa dapat menghubungi bagian Kemahasiswaan STMIK Jabar.

Lokasi dan Kontak[sunting | sunting sumber]

Lokasi Kampus[sunting | sunting sumber]

Jalan Soekarno-Hatta No. 777 Bandung, 40293.

Informasi Kontak[sunting | sunting sumber]

  • Telepon: (022) 733 5108.
  • E-mail: info@stmikjabar.ac.id.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]