STIMIK ESQ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari STMIK ESQ Business School)
STIMIK ESQ Business School
MotoEducating Leaders With Character
JenisPerguruan tinggi swasta
DidirikanDesember 2012
Staf akademik
12
Staf administrasi
10
Lokasi, ,
WarnaBiru
Nama julukanESQ Business School
Situs webwww.esqbs.ac.id

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ (STIMIK ESQ) atau dikenal juga dengan nama ESQ Business School, (ESQ BS), adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta, Indonesia. Kampus utamanya terletak di Menara 165 Jl. TB. Simatupang Kavling 1 Cilandak, Jakarta Selatan. Perguruan tinggi ini didirikan oleh Prof. Ir. Surna Tjahja Djajadiningrat M.Sc, Ph.D, pakar di bidang ilmu lingkungan dan DR. HC. Ary Ginanjar Agustian, pakar pendidikan karakter.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gedung ESQ Business School

Menghadapi tantangan global yang kian kompetitif diperlukan sumber daya manusia handal yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, namun juga kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Akan tetapi, pendidikan tinggi saat ini umumnya hanya menawarkan pengembangan kecerdasan intelektual (IQ), padahal penelitian membuktikan bahwa IQ hanya berpengaruh 6-20 persen terhadap kesuksesan seseorang. Kesadaran akan makin pentingnya pendidikan karakter kini sudah makin bergulir, tetapi saat ini belum banyak pihak yang menguasai metode pendidikan karakter.

Selain itu, sekolah ini dibangun untuk mempersiapkan insan Indonesia yang memiliki kecakapan intelektual dan menjunjung tinggi spirualitas.[1] Kampus ini dipersiapkan pula untuk mendidik para pemimpin Indonesia masa depan pada masa Indonesia Emas yang diperkirakan terjadi pada tahun 2020,[1]

ESQBS didirikan dan dipimpin oleh tokoh pendidikan Prof. Ir. Surna Tjahya Djajadiningrat, M.Sc., Ph.D (hingga 2014) serta tokoh di bidang pendidikan karakter DR.HC. Ary Ginanjar Agustian. ESQBS adalah kampus modern yang merupakan sarana untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan besar dan menjadi generasi pemimpin berikutnya.

Pada tahap awal, kampus ini menyelenggarakan program pendidikan sarjana (S1) program studi Manajemen Bisnis dan program studi Sistem Informasi Bisnis.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan ESQBS

Perpustakaan ESQBS dilengkapi sistem terintegrasi yang menawarkan akses komprehensif dengan luas 290,57 m2.

Perpustakaan ini memberikan layanan informasi kepada civitas akademik didukung oleh relevansi dan kemutahiran bahan pustaka dengan jumlah judul bahan pustaka lebih dari 250 judul, dilengkapi oleh buku, CD Rom dan jurnal ilmiah. Selain itu, perpustakaan ini ditunjang oleh sarana komputer PC dan internet.

Dengan didukung sistem informasi yang berbasiskan kepada teknologi informasi yaitu digital library online information system maka pengunjung dapat secara langsung mencari dan mengunduh koleksi-koleksi yang disediakan seperti: Koleksi Buku, Koleksi Majalah, Koleksi Non Buku, Koleksi Artikel Eletronik, Koleksi Book Elektronik serta karya yang dihasilkan segenap civitas akademik dalam koleksi ESQ Business School.

Laboratorium Komputer[sunting | sunting sumber]

Laboratorium merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang memberikan latihan aplikasi teori yang telah diproleh dalam mata kuliah. ESQ Business School memiliki laboratorium komputer lengkap dengan perangkat lunak dan modem. Laboratorium ini dapat digunakan untuk kegiatan praktikum terstruktur (terjadwal) dan kegiatan tak terstruktur, sehingga fasilitas laboratorium ini tidak menutup kemungkinan berkembang menjadi sarana kegiatan penelitian dan pengembangan (Litbang, Research and Development) bagi seluruh civitas akademik di ESQ Business School.

Akademik[sunting | sunting sumber]

STIMIK ESQ memiliki dua program studi S1, yaitu Program Studi Manajemen Bisnis dan Program Studi Sistem Informasi Bisnis.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Zaky Al Hamzah (18 Mei 2013). "Spiritualitas Menjadi Modal Utama Kemajuan". Republika On Line. Diakses tanggal 21 Mei 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]