STMIK CIC Cirebon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari STMIK CIC)


STMIK CIC Cirebon

Universitas Catur Insan Cendekia (CIC) Cirebon merupakan institusi pendidikan di bawah naungan Yayasan Catur Insan Cendekia (CIC) yang berdiri pada tahun 1999 dengan SK Mendiknas No. 123/D/0/1999 dengan Awaal Pendirian bernama STMIK CIC, Perubahan Bentuk Universitas CIC merupakan penggabungan dari Dua Institusi Pendidikan STMIK CIC dan AP CIC dsesuai SK Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 952/KPT/I/2019 tentang Izin Penggabungan Akademi Perdagangan Catur Insan Cendekia di Kota Cirebon dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer CIC di Kota Cirebon Menjadi Universitas Catur Insan Cendekia di Kota Cirebon Provinsi Jawa Barat

Universitas CIC adalah salah satu bentuk perguruan tinggi yang mengemban tugas dan fungsi perguruan tinggi dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, khususnya dalam pendidikan tinggi. Dalam kedudukannya sebagai perguruan tinggi yang mandiri, Universitas CIC merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan tujuan menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan kecakapan dan keterampilan dalam pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni serta mengupayakan penggunaannya bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Sebagai jati diri universitas, Universitas CIC memiliki tekad bulat bersatu padu dan memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan untuk akselerasi (percepatan) perubahan (menjembatani) peningkatan kecerdasan, kesejahteraan, kemakmuran hidup kini dan di masa depan. Universitas CIC dijiwai semangat kebersamaan dalam melibatkan berbagai pihak untuk bekerjasama dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, berdasarkan keluhuran martabat manusia dan kelestarian lingkungan. Atas dasar semangat tersebut, Universitas CIC menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan mewujudkan memelihara kesatuan tiga aspek pendidikan, yaitu Aspek Afektif, Aspek Kognitif, dan Aspek Psikomotorik.

Komunitas akademik Universitas CIC menjalankan pendidikan dan pembelajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat dengan memperhatikanzkz

secara sungguh-sungguh etika akademik. Dengan demikian sebagai komunitas akademik dan sekaligus komunitas etik, Universitas CIC berlandaskan pada kebebasan akademik dan otonomi keilmuan.

Homepage CIC

Arti Lambang Universitas Catur Insan Cendekia (CIC)[sunting | sunting sumber]

Bentuk:

Lambang Universitas CIC memiliki makna sebagai berikut

a. Segi Empat berbentuk perisai warna Biru

Universitas CIC menaungi dan melindungi sivitas akademika dengan menjunjung tinggi kejujuran, kemapanan, serta persamaan sivitas akademika yang handal dan komunikatif dalam harmoni kehidupan kampus yang dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat.

b. Warna Emas dalam komponen logo

Universitas CIC selalu optimis dan berpikir positif dalam menjalankan fungsinya sebagai institusi pendidikan tinggi untuk menghasilkan insan cendekia yang kompeten dan berbudi luhur.

c. Pena, Buku, dan Obor

Universitas CIC sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi memiliki semangat tinggi dan pantang menyerah untuk selalu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan karakter berbudi luhur sehingga mampu bekerja mandiri, professional, dan berwirausaha serta berkontribusi positif kepada masyarakat.

d. Udang, dan Mega Mendung

Universitas CIC yang berkedudukan di Kota Cirebon akan selalu mengayomi dengan penuh kesabaran, persatuan, dan persaudaraan dalam memberikan layanan pendidikan tinggi bagi seluruh sivitas akademika.

[1]

Program Studi[sunting | sunting sumber]

Teknik Informatika (S1)[sunting | sunting sumber]

Terakreditasi BAN-PT NO.001/BAN-PT/Ak-VIII/S1/I/2005, Peringkat B

Program studi Teknik Informatika memberikan penguasaan dan kemampuan kepada mahasiswa untuk membangun dan mengembangkan berbagai aspek teknis teknologi informatika. Penekanan dari program studi ini adalah pada bidang pemrograman dan komputasi, rekayasa perangkat lunak (software) untuk berbagai bidang aplikasi dalam berbagai bidang usaha, dan teknologi jaringan komputer. Selain itu program studi ini memberikan bidang-bidang ilmu yang berkaitan dengan pengembangan sistem informasi dan pemanfaatan teknologi lainnya dengan tujuan dapat meningkatkan efisiensi kerja di berbagai bidang usaha yang menerapkan komputerisasi. Perangkat keras (hardware) pada program studi Teknik Informatika hanya sebagian kecil saja dan program studi ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mampu melakukan analisis dan perancangan komputasi, melakukan rekayasa perangkat lunak untuk meningkatkan performance perangkat lunak, dan penguasaan dalam teknik-teknik optimasi perangkat lunak. Secara garis besar materi perkuliahan pada program studi ini disesuaikan dengan kurikulum nasional dan mengacu kepada kebutuhan pasar dunia kerja yang dapat dikelompokkan menjadi:

  • Pemrograman dan Komputasi
  • Algoritme dan Pemrograman, Struktur Data, Konsep Bahasa Pemrograman, Teori Bahasa / Automata dll.
  • Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) Perancangan Program, Rekayasa Perangkat Lunak dll.
  • Arsitektur dan Jaringan Komputer
  • Arsitektur Komputer, Organisasi Komputer, Elektronika, Sistem Digital, Sistem Mikroprosesor, Jaringan Komputer dll. Basis Data dan Sistem Informasi Sistem Database, Perancangan Database, Sistem Berkas dll.

Program Studi Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan Strata Satu (S1) dilaksanakan dalam 8 Semester dengan jumlah total SKS (Satuan Kredit Semester) 144 SKS

PROYEK PEMROGRAMAN DAN TUGAS AKHIR

  • Mata Kuliah Pemrograman dilaksanakan di setiap Semester dengan nama Mata Kuliah yaitu Teknik Informatika yang terdiri dari Teknik Informatika I - Teknik informatika VIII dengan jumlah SKS 4. Tugas akhir untuk Mata Kuliah Pemrograman disebut sebagai Project Pemrograman yang dilaksanakan pada akhir semester 6 setelah mahasiswa memperoleh Mata Kuliah Teknik Informatika I - Teknik Informatika VI dan hasilnya harus dipresentasikan.
  • Tugas Akhir 1 di Semester 7 dilaksanakan dalam bentuk Kerja Praktik mahasiswa di Perusahaan dengan bimbingan dari Dosen dan personel dari Perusahaan yang berwenang. Waktu yang disediakan untuk Kerja Praktik ini selama 2 (dua) bulan dan hasilnya harus dipresentasikan pada Seminar 1 di Semester 7.
  • Tugas Akhir 2 di Semester 8 merupakan Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan program pendidikannya di Jurusan Teknik Informatika. Syarat mahasiswa mengambil Tugas Akhir 2 adalah telah menyelesaikan dan lulus Project Pemrograman, Tugas Akhir 1, dan Seminar 1.

PROSPEK LULUSAN Lulusan program studi Teknik Informatika dapat menerapkan ilmu pengetahuannya yang telah diperoleh untuk menjadi profesional sebagai:

  • System Analyst
  • System Engineer/Programmer
  • Web Developer/Programmer
  • Software Enginner
  • Application Programmer
  • Data Base Specialist
  • Data Base Administrator

TI CIC

Sistem Informasi (S1)[sunting | sunting sumber]

Terakreditasi BAN-PT NO.004/BAN-PT/Ak-VIII/S1/IV/2005, Peringkat B

Perkembangan komputer dan teknologi informasi yang begitu pesat dalam masa 20 tahun terakhir perlu diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia yang profesional didaerah. Menjawab tantangan kebutuhan tersebut STMIK CIC turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan program studi Sistem Informasi sejak setahun yang lalu. Menyongsong datangnya milenium baru dan era pasar bebas, tantangan dan persaingan kerja dalam bidang teknologi informasi akan semakin ketat. Tenaga kerja yang profesional dengan daya saing tinggi menjadi keharusan. KOMPETENSI DASAR Secara garis besar Lingkup studi program sarjana Sistem Informasi disesuaikan dengan kurikulum nasional dan mengacu kepada kebutuhan pasar dunia kerja yang meliputi:

  • Pengembangan Sistem Informasi (Analisis, Perancangan, Proyek dan Implementasi Sistem)
  • Metode dan Peralatan (Paradigma, Bahasa Pemrograman, Internet dan Intranet,Basis Data)
  • Manajemen Sistem Informasi (Konsep, pengelolaan, Keamanan Sistem Informasi, Rekayasa Software)
  • Ilmu Dasar (Manajemen, Bahasa Inggris, Algoritme)
  • Akuntansi (Sistem, Rekayasa dan Pengembangan SIA)

Program Studi Sistem Informasi dengan jenjang pendidikan Strata Satu (S1) ini dilaksanakan dalam 8 Semester dengan jumlah total SKS (Satuan Kredit Semester) 144 SKS.

PROSPEK LULUSAN Program studi Sistem Informasi ini diharapkan akan membentuk lulusannya berkompeten dalam bidang pengembangan sistem informasi, dengan bidang kerja antara lain sebagai:

  • Sistem Manajer Departemen Teknologi Informasi
  • Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi
  • Electronic Data Processing Division pada perusahaan dagang, jasa, keuangan, pabrik, Pemerintah dsb
  • Systems Analyst
  • Programmer Analyst
  • Systems Support
  • Database Administrator
  • Programmer Mandiri /freelance
  • Akunting

SI CIC

Manajemen Informatika (D3 )[sunting | sunting sumber]

Terakreditasi BAN-PT 007/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/VII/2005, Peringkat B

Program Studi Manajemen Informatika mengkonsentrasikan diri pada pembentukan lulusan yang berkompeten dalam bidang pengembangan sistem informasi dan siap bekerja membangun sistem informasi untuk organisasi/perusahaan, dan mengembangkan diri serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi informasi. Pengembangan sistem informasi yang ditekankan pada program studi ini yaitu sistem informasi berbasis web, sehingga bobot dari mata kuliah pemrograman semuanya ditekankan pada bahasa-bahasa pemrograman yang mendukung web. Secara garis besar materi perkuliahan pada program studi ini disesuaikan dengan kurikulum nasional dan mengacu kepada kebutuhan pasar dunia kerja yang dapat dikelompokkan menjadi:

  • Pemrograman dan Komputasi
  • Logika dan Algoritme, Struktur Data, Bahasa Pemrograman, Paket Program Niaga, dll.
  • Basis Data dan Sistem Informasi
  • Sistem Basis Data, Analisis Sistem Informasi, Perancangan Sistem Informasi, Sistem Informasi Manajemen, dll
  • Arsitektur dan Jaringan Komputer
  • Pengenalan Pengolahan Data Elektronik, Komunikasi Data, Pengolahan Instalasi Komputer, dll.

Program Studi Manajemen Informatika dengan pendidikan Diploma Tiga(D3) dilaksanakan dengan Jumlah SKS(satuan kredit semester) 111 terdiri dari mata kuliah yang dikelompokan dalam 5 kelompok yaitu

  • MPK(Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian) 16.22 % atau 18 SKS
  • MKB(Mata Kuliah Keahlian Berkarya) 27.03% atau 30 SKS
  • MKK(Mata Kuliah Keahlian dan Ketrampilan) 35.14% atau 39 SKS
  • MPB(Mata Kuliah Prilaku Berkarya) 12.61% atau 14 SKS
  • MBB(Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat) 9.01% atau 10 SKS

Proyek dan TA

  • Proyek dan Tugas Akhir dilakukan di semester 5 dan 6 merupakan bagian dari Praktik kerja Lapangan dengan pembimbing dari program studi dan dari perusahaan.
  • Waktu Pelaksanaan Proyek dilaksanakan selama 1 semester dengan jumlah tiap kelompoknya 2 mahasiswa, hasil dari proyek ini dipresentasikan di akhir semester.
  • Waktu Pelaksanaan Tugas akhir adalah semester 6 dilakukan selama 1 semester merupakan tahapan akhir dan implementasi ilmu yang telah didapat dari kuliah ke dalam kehidupan nyata.

PROSPEK LULUSAN

  • Programmer Mandiri/Freelance
  • Perusahaan dagang besar kecil
  • Perusahaan Jasa/Consultans
  • Lembaga Keuangan/Bank
  • Pabrik, Distributor, Retailers
  • Organisasi Non Profit/LSM
  • Instansi Pemerintah, BUMN/ABRI

MI CIC

Komputerisasi Akuntansi (D3)[sunting | sunting sumber]

Terakreditasi BAN-PT 007/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/VII/2005, Peringkat C

Perkembangan teknologi informasi di bidang akuntansi, terutama produk-produk software yang berguna untuk proses akuntansi di perusahaan semakin banyak dan semakin membutuhkan tenaga-tenaga yang memang ahli dalam penggunaan serta pembuatan software tersebut. Keahlian dan kemampuan dalam bidang sistem informasi akuntansi mutlak dan tidak bisa ditawar lagi serta siap bekerja dalam mengoperasikan dan mengembangkan sistem informasi akuntansi, dan mengembangkan diri serta mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, itulah sebenarnya yang menjadi tujuan dari tujuan program Komputer Akuntansi.

TUJUAN PROGRAM STUDI KOMPUTERISASI AKUNTANSI Dengan berpedoman kepada Undang-undang No 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan pemerintah No 60 tahun 1999 tentang pendidikan tinggi, tujuan dari Program Studi Komputerisasi Akuntansi STMIK CIC yaitu:

  • Menyiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional dalam menerapkan pengetahuan dan teknologi di bidang Komputerisasi Akuntansi pada Era Globalisasi.
  • Menciptakan lulusan yang mampu memenuhi tuntutan lapangan pekerjaan di bidang Akuntansi yang berbasis Komputer di Era Globalisasi.

KOMPETENSI DASAR Secara garis besar Lingkup studi program Diploma Tiga Komputer Akuntansi disesuaikan dengan kurikulum nasional dan mengacu kepada kebutuhan pasar dunia kerja yang meliputi:

  • Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi (Manual, Menengah, Biaya dan Sistem Informasi Akuntansi)
  • Metode dan Peralatan (Paradigma, Bahasa Pemrograman, Jaringan Komputer dan Basis Data)
  • Manajemen Sistem Informasi (Analisis, serta Perancangan, Sistem Informasi Akuntansi)
  • Ilmu Dasar (Manajemen, Bahasa Inggris, Algoritme)

Program Studi Komputer Akuntansi dengan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D3) ini dilaksanakan dalam 6 Semester dengan jumlah total SKS (Satuan Kredit Semester) 113 terdiri dari mata kuliah yang dikelompokkan dalam 3 kelompok, yaitu:

PROSPEK LULUSAN Prospek Lulusan dari program studi Komputer Akuntansi adalah untuk menghasilkan Ahli Madya Komputer yang:

  • Memiliki integritas kepribadian yang tinggi, mandiri, berjiwa kepemimpinan yang beretika profesional.
  • Menguasai teknik, dan peralatan dalam pengembangan sistem akuntansi berbasis berbasis teknologi informasi sehingga mampu menerjemahkan kebutuhan manajemen atau akuntansi ke dalam aplikasi sistem informasi
  • Mampu membantu mengelola departemen sistem informasi untuk memenuhi seluruh kebutuhan informasi perusahaan terutama masalah akuntansi.
  • Memiliki pengetahuan dan pemahaman teknik survey serta analisis suatu system informasi akuntansi baik manual maupun komputerisasi.
  • Mampu menguasai dan memahami teknik-teknik pemeriksanaan suatu laporan keuangan dan informasi manajemen secara manual dan komputerisasi.

Program studi Komputer Akuntansi ini diharapkan akan membentuk lulusannya berkompeten dalam bidang pengembangan sistem informasi berbasis akuntansi, dengan bidang kerja antara lain sebagai:

  • Staff/Manajemen departemen akuntansi/keuangan/pemasaran/inventory
  • Operator Sistem Informasi Akuntansi
  • Electronic Data Processing Division pada perusahaan dagang, jasa, keuangan, pabrik, Pemerintah dsb
  • Systems Analyst, Programmer Mandiri /freelance dalam bidang sistem informasi Akuntansi.

KA CIC

Pranala luar[sunting | sunting sumber]