Universitas Mulia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari STMIK Balikpapan)
Universitas Mulia
MotoGlobal Technopreneur Campus
Inovatif, Mandiri, Humanis
JenisPerguruan tinggi swasta
Didirikan18 Desember 2018; 5 tahun lalu (2018-12-18)
AfiliasiYayasan Airlangga
RektorAgung Sakti Pribadi, S.H., M.H.
Alamat
Jl. Letjend. Zaini Azhar Maulani No. 9
, , ,
Situs webwww.universitasmulia.ac.id

Universitas Mulia (disingkat sebagai UM) merupakan salah satu perguruan tinggi di Kalimantan Timur yang berpusat di kota Balikpapan dan memiliki PSDKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) di kota Samarinda, Kalimantan Timur.[1] Univeristas Mulia berada di bawah koordinasi Kopertis XI Wilayah Kalimantan atau yang sekarang disebut LLDIKTI XI Kalimantan. Universitas Mulia adalah penggabungan dari 3 (tiga) perguruan tinggi swasta yaitu STMIK "STIKOM" Balikpapan, STMIK SPB (Sentra Pendidikan Bisnis) Samarinda, dan ASMI Airlangga Balikpapan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Universitas Mulia mendapatkan izin dengan SK Menristekdikti No. 1149/KPT/I/2018 pada tanggal 18 Desember 2018 di bawah naungan Yayasan Airlangga Balikpapan. Universitas Mulia adalah penggabungan dari 3 (tiga) perguruan tinggi swasta yaitu STMIK "STIKOM" Balikpapan, STMIK SPB (Sentra Pendidikan Bisnis) Samarinda dan ASMI Airlangga Balikpapan.

STMIK Balikpapan mendapatkan izin penyelenggaraan program studi sesuai dengan surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 08/D0/2000 pada tanggal 1 Februari 2000 di bawah naungan Yayasan Airlangga Balikpapan. Di akhir tahun 2006, program studi Teknik Informatika (S1) mendapatkan Surat Keputusan Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Program Studi dari Ditjen Dikti RI SK No. 4530/D/T/2006 tertanggal 4 Desember 2006 dan No. 9898/D/T/K-XI/2011 tanggal 19 Desember 2011. Sedangkan program studi Manajemen Informatika (D3) dengan No. 4531/D/T/2006 tertanggal 4 Desember 2006.

STMIK Balikpapan atau yang lebih dikenal dengan sebutan STIKOM Balikpapan terus berkembang pesat sesuai tuntutan perkembangan teknologi informasi saat ini. Menginjak pada tahun ke enam, program studi Teknik Informatika (S1) mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional No. 005/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2006 tertanggal 15 Juni 2006. Sedangkan program studi Manajemen Informatika (D3) terakreditasi dengan No. 003/BAN-PT/Ak-VI/Dpl-III/VI/2006 tertanggal 1 Juni 2006.

Tahun 2010, program studi Manajemen Informatika (D3) kembali terakreditasi dengan SK nomor 002/BAN-PT/Ak-X/Dpl-III/V/2010 tanggal 14 Mei 2010 yang berlaku hingga tahun 2015. Begitu juga program studi Teknik Informatika dengan SK nomor 018/BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2010 tanggal 17 September 2010 yang berlaku hingga tahun 2015.

Cikal-bakal ASMI Airlangga Balikpapan sebelumnya adalah sebuah LPK Setara Diploma 1 Airlangga College. ASMI Airlangga Balikpapan didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas No. 152/D/O/2003 Tanggal 5 September 2003.

STMIK SPB Airlangga didirikan pada tanggal 1 September 2004 dengan nama STIKI (Sekolah Tinggi Ilmu Komputer dan Informatika) Sentra Pendidikan Bisnis (SPB) di bawah pengelolaan Yayasan Sentra Pendidikan Bisnis. Nama institusi kemudian diubah menjadi STMIK Sentra Pendidikan Bisnis (SPB) berdasar SK Dirjen Dikti Depdiknas pada tanggal 17 Maret 2008. Selanjutnya pada tahun 2012 dilakukan alih kelola ke Yayasan Sentra Pendidikan Bisnis Airlangga dan berada di bawah Koordinasi Kopertis XI Wilayah Kalimantan. Perjanjian alih kelola terjadi pada tanggal 18 Juli 2012.

Gedung kampus[sunting | sunting sumber]

Gedung kampus Universitas Mulia dinilai mirip dengan gedung museum nasional di Singapura.[2] Gedung tersebut dikenal juga oleh masyarakat dengan nama White Campus, yang terletak di Jalan Manunggal No. 9 Balikpapan. Gedung ini diresmikan oleh Gubernur yang diwakili oleh H.M. Mukmin Faisyal,HP,SH,MH (Wakil Gubernur Kalimantan Timur) pada tanggal 15 November 2014. Turut hadir H.M. Rizal Effendi, SE (Wali kota Balikpapan), H. Hasyim Machmud (Ketua Yayasan Airlangga Grup), Agung Sakti Pribadi,SH,MH (Ketua BPH Yayasan Airlangga) dan Dra. Mulia Hayatie Deviyantie (Bendahara Yayasan Airlangga)

Program studi[sunting | sunting sumber]

Universitas Mulia memiliki sejumlah program studi dalam tiga fakultas.

Fakultas Ilmu Komputer[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mulia terdiri atas empat program studi.

Program Diploma III (D-3)
  • Sistem Informasi (terakreditasi B)
Program Sarjana (S-1)
  • Informatika (terakreditasi B)
    Terdapat dua peminatan dalam program studi ini, yaitu artificial intelligence (AI) dan mobile application development.[butuh rujukan]
  • Sistem Informasi (terakreditasi)
    Prodi ini dilaksanakan di luar kampus utama, yakni diselenggarakan di Kampus Kota Samarinda
  • Teknologi Informasi (terakreditasi)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis[sunting | sunting sumber]

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulia terdiri atas empat program studi.

Program Diploma III (D-3)
  • Administrasi Perkantoran (terakreditasi)
    Terdapat dua penjurusan, yakni Digital Record Management dan Business Administration Technology.
  • Manajemen Industri (terakreditasi B)
Program Sarjana (S-1)
  • Manajemen (terakreditasi)
    Prodi ini didirikan pada Desember 2018 berdasarkan SK Menristekdikti No. 1149/KPT/I/2018.
  • Akuntansi (terakreditasi)
    Terdapat dua konsentrasi dalam Prodi Akuntansi, yakni Accounting and Financial Technology dan Accounting Information System.

Fakultas Humaniora dan Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Program Sarjana (S-1)
  • Hukum (terakreditasi)
    Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum KKNI. Terdapat dua konsentrasi dalam prodi ini, yaitu Cyber Law, yang berkaitan dengan aspek teknologi dan elektronik, dan juga konsentrasi Business Law yang berkaitan dengan hak, tugas, kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam segala jenis transaksi bisnis, perdagangan, dan penjualan.
  • Pendidikan Guru PAUD (terakreditasi)
    Terdapat dua konsentrasi pada Program Studi PG PAUD, yaitu edupreneurship dan digital learning. Edupreneurship mengacu pada pengelolaan sebuah lembaga dan bisa menghasilkan sesuatu dari ilmu yang sudah didapat. Sedangkan digital learning mengacu pada sistem pembelajaran masa kini yang berbasis teknologi pada anak usia dini..........
  • Farmasi (terakreditasi)
    Terdapat dua konsentrasi dalam prodi ini, yakni Farmasi Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Pharmacy) dan Teknologi Bahan Alam (Pharmaceutical Science and Technology).

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Ruang Kelas
Ruang kelas sebagai salah satu tempat terjadinya kegiatan proses belajar mengajar, dilengkapi dengan Proyektor LCD, Komputer, pendingin ruangan (AC), CCTV dan juga terkoneksi dengan jaringan internet.
Perpustakaan
Perpustakaan merupakan fasilitas penunjang di bidang penyediaan literatur dan merupakan mitra dari civitas akademika yang berlandaskan pada kepedulian dan layanan bagi mahasiswa dan praktisi pendidikan.
Keberadaan perpustakaan diharapkan mampu menjadi pusat akses informasi ilmiah bagi civitas akademika demi terlaksananya program pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.
Ruang Perpustakaan dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), pelayanan terkomputerisasi yang mempermudah dalam pencarian dan pengolahan data di perpustakaan. Adapun koleksi perpustakaan kampus terdiri buku teks, jurnal ilmiah, prosiding, majalah ilmiah, dan CD program.
Laboratorium Komputer
Laboratorium komputer adalah salah satu sarana penunjang lainnya dalam kegiatan proses belajar mengajar di kampus. Terdapat 4 (empat) laboratorium perangkat lunak dan 1 (satu) laboratorium perangkat keras.
Gazebo Kampus
Gazebo ini difungsikan sebagai tempat berkumpul, berdiskusi, dan beristirahat yang nyaman dengan membangun suasana akrab sambil menikmati pemandangan taman indah di sekelilingnya.

Kemahasiswaan[sunting | sunting sumber]

Unit kegiatan mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa adalah wadah untuk menyalurkan apresiasi mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat, dan tempat berhimpunnya para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus. Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut antara lain:

Mitra Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Universitas Mulia "Website Resmi Universitas Mulia" Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 2019-01-09. 
  2. ^ Tribun Kaltim "Peresmian Gedung Kampus" Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 2015-12-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]