Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Banjarmasin
Moto Professional, Unggul dan Islami
Jenis Perguruan tinggi swasta
Lokasi Jl. S. Parman Komplek RS Islam, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia
Situs web www.umbjm.ac.id

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin atau disingkat UM Banjarmasin adalah perubahan bentuk dari STIKES (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan) Muhammadiyah Banjarmasin atau biasa disingkat dengan STIKES MB merupakan suatu perguruan tinggi swasta milik ormas Islam Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan, terletak di dalam Kompleks Rumah Sakit Islam Banjarmasin, Kelurahan Pasar Lama, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin. Institusi pendidikan ini dikepalai oleh Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M.Ag

Profil[sunting | sunting sumber]

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin' berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kemenristek DIKTI Republik Indonesia Nomor 204/KPT/I/2015 yang saat ini telah mempunyai Program Studi yang sudah ada program profesi Ners, [[S1 Keperawatan, D3 Keperawatan (Akper), D3 Farmasi, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan Kelas Internasional, dan S2 Keperawatan Spesialis Gawat Darurat, Manajemen Rumah Sakit yang semua program studi tersebut telah ter Akreditasi Strata B Oleh BAN-PT dan LAM-PTKes .

STIKES Muhammadiyah Banjarmasin sekarang ini telah mempunyai beberapa program studi, diantaranya yaitu program profesi Ners, [[S1 Keperawatan, D3 Keperawatan (Akper), D3 Farmasi, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan Kelas Internasional, dan S2 Keperawatan Spesialis Gawat Darurat dan Manajemen Rumah Sakit

Program Studi[sunting | sunting sumber]

S1 Keperawatan[sunting | sunting sumber]

Program Studi Ilmu Keperawatan Jenjang Program Strata (S1) Fakultas Keperawatan dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin merupakan program studi yang berdiri sejak tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 189.D/O/2003 dan pada tanggal 31 Oktober 2005 mendapatkan perpanjangan izin penyelenggaraan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 2238/D/T/2005.

D3 Keperawatan[sunting | sunting sumber]

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan akan membawa dampak besar terhadap peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Dalam hal ini perawat dituntut untuk melakukan Asuhan Keperawatan secara Komprehensif yang meliputi biopsikososial dan spiritual, sehingga dapat disebut Tenaga Keperawatan yang profesional. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin merupakan salah satu instansi pendidikan di Kalimantan Selatan yang mempunyai program D3 Keperawatan yang berupaya mencetak Ahli Media Keperawatan dengan dilandasi ilmu pengetahuan khususnya di bidang Keperawatan dan Ilmu Agama.

D3 Kebidanan[sunting | sunting sumber]

Profesi Bidan terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pelayanan kesehatan yang optimal dengan komitmen yang tinggi. Sebagai wujud partisipasi aktif Universitas Muhammadiyah Banjarmasin dalam mempercepat proses peningkatan layanan kesehatan tersebut, maka sejak tahun 2006 membuka program studi D3 Kebidanan.

D3 Farmasi[sunting | sunting sumber]

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin yang sebelumnya STIKes Muhammadiyah Banjarmasin sejak tahun 2006, juga telah membuka program studi D3 Farmasi yang berupaya menghasilkan Ahli Media Farmasi / Farmasis yang berkualitas dengan dilandasi ilmu pengetahuan di bidang Farmasi dan juga Ilmu Agama.

D3 Keperawatan Kelas Internasional[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2008, STIKES Muhammadiyah Banjarmasin telah membuka kelas Internasional untuk program studi D3 Keperawatan. Alumni program studi ini akan dipersiapkan untuk bekerja sebagai perawat professional ke negara-negara transit.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs Resmi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin