STIE Widya Manggala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

STIE Widya Manggala adalah Salah Satu Perguruan Tinggi Suwasta di Kota Semarang, STIE Widya Manggala atau Sekolah tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggala berada dibawah Yayasan Widya Manggala Indonesia. STIE Widya Manggala Memiliki dua Program Studi, yaitu S1 Akuntansi dan S1 Manajemen.[1]


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Diawali dengan gagasan beberapa orang yang menekuni dunia pendidikan didirikanlah Institut Widya Manggala pada tanggal 14 April 1990 di Semarang. Dalam usahanya untuk turut berpartisipasi dalam memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa, Institut Widya Manggala mendapat tanggapan yang besar dan positif dari masyarakat.

Sejalan dengan pertumbuhannya, Institut Widya Manggala menyelenggarakan program tutorial S1 untuk Universitas Terbuka Fakultas  Ekonomi Jurusan Manajemen. Selain itu Institut Widya Manggala juga  menawarkan program BBA (Bachelor of Business Administration) dan MBA (Master of Business Administration).

Dalam perkembangan selanjutnya, bersamaan dengan lahirnya UU No. 2 tahun 1989 tentang Peraturan Pemerintah dan UU No. 30 tahun  1990 tentang SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0686/0/1992  serta Surat Edaran Dirjen Dikti dan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olah Raga dan dengan mengacu pada UU No.2 tahun 1989, keberadaan Institut Widya Manggala dihadapkan pada dua pilihan sebagai lembaga pendidikan yang memberikan kursus non gelar atau sebagai  Perguruan Tinggi yang berhak untuk memberikan gelar akademik.

Sejalan dengan Undang-Undang tersebut, pengurus Yayasan Widya Manggala Indonesia memilih untuk tetap tumbuh dan berkembang sebagai Perguruan Tinggi yang berhak memberikan gelar akademik. Pada 27 Pebruari 1993 Yayasan Widya Manggala Indonesia mengajukan permohonan untuk mendirikan Sekolah  Tinggi  Ilmu  Ekonomi (STIE) dengan nama STIE Widya Manggala yang bernaung di  bawah Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi cq. KOPERTIS Wilayah VI Jawa Tengah.

Permohonan dari Yayasan Widya Manggala Indonesia mendapat rekomendasi dari KOPERTIS Wilayah VI No. 1361/K/04.01/KOP.VI/V/93 tertanggal 28 Mei 1993, disusul dengan persetujuan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan RI No. 120/D/O/1993 tertanggal 11 September 1993. Atas dasar inilah STIE Widya Manggala berpartisipasi dalam bidang pendidikan untuk memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.

Visi STIE Widya Manggala[sunting | sunting sumber]

Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang Unggul dengan Menghasilkan Wirausahawan Berkarakter pada 2030

Misi STIE Widya Manggala[sunting | sunting sumber]

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu manajemen dan akuntansi yang unggul dan berbasis kewirausahaan.
  2. Melaksanakan penelitian dalam ilmu manajemen dan akuntansi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang ekonomi manajemen dan akuntansi berbasis kewirausahaan.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, melalui pemahaman dan penyebaran ilmu manajemen dan akuntansi berbasis kewirausahaan bagi civitas akademika dan masyarakat.

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

Akreditasi Institusi B tgl. 17 Juli 2018


berlaku s/d 17 Juli 2023

SK BAN-PT No. 147/SK/BAN-PT Akred/PT/VII/2018
Akreditasi Jurusan Manajemen B tgl. 29 Januari 2016


berlaku s/d 29 Januari 2021

SK BAN-PT No. 0054/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2016
Akreditasi Jurusan Akuntansi B tgl. 15 April 2016


berlaku s/d 15 April 2021

SK BAN-PT No. 0204/SK/BAN-PT/Akred/S/IV/2016

Tenaga Pengajar[sunting | sunting sumber]

Sampai dengan sekarang STIE Widya Manggala memiliki 16 staf pengajar yang terdiri atas 14 tenaga  pengajar  tetap dan 2 tenaga pengajar (dosen kopertis atau DPK). Tenaga pengajar tetap terdiri dari 7 tenaga pengajar jurusan manajemen dan 7 tenaga pengajar jurusan akuntansi. Sebagian besar dosen tetap STIE Widya Manggala bergelar Magister dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta (PTN dan PTS) ternama. Hampir 90% telah memiliki Surat Keputusan (SK) Jabatan Fungsional Akademik dari Mendiknas yang merepresentasikan kemampuan dosen dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "WIDYA MANGGALA – SCHOOL OF ECONOMICS" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-05.