STIE Mulia Pratama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

STIE Mulia Pratama adalah sebuah perguruan tinggi di Kota Bekasi, Jawa Barat. Perguruan tinggi ini berdiri pada tanggal 28 September 1998 di bawah Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta (BP-PTS) Yayasan Pencerdasan Bangsa. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Pratama memiliki program studi S-1 Akuntansi dan Manajemen.

STIE Mulia Pratama merupakan salah satu perguruan tinggi di Bekasi yang berdiri pada tanggal 28 September 1998 dengan mendapatkan ijin operasional Direktorat Pendidikan Tinggi Nomor 130/D/O/1998 Tanggal 28 September 1998 dengan membina 2 (dua) program studi yaitu program studi strata satu (S-1) [studi/program-studi-s-1-akuntansi/|Akuntansi] dan [studi/program-studi-s-1-manajemen/|Manajemen]. STIE Mulia Pratama berada di bawah naungan Yayasan Pencerdasan Bangsa disingkat YPB, didirikan pada tahun 1998 dengan akta notaris Dr. H. M. Ridhwan Indra R.A., S.H., No. 23 tanggal 28 Pebruari 1998.

Pada tanggal 31 Januari 2012 telah terjadi perubahan Yayasan Pencerdasan Bangsa menjadi Yayasan Pencerdasan Bangsa Pratama dengan Akta Perubahan Nomor 95 dengan akta notaris Elok Kurniati, S.H. dan mendapatkan Pengesahan Yayasan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-3985.AH.01.04.Tahun 2012 tertanggal 29 Juni 2012. Tujuan didirikan yayasan diantaranya adalah untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pelatihan, yang pada awalnya untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja akan Sumber Daya Manusia yang unggul dan juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat industri. Yayasan Pencerdasan Bangsa Pratama sebagai Badan Hukum Penyelenggara Perguruan Tinggi STIE Mulia Pratama mempunyai fungsi sebagai penentu arah dan kebijakan, penyedia sumber daya, menetapkan garis-garis besar kebijakan lembaga, menetapkan struktur organisasi dan tata kerja lembaga, menetapkan pendirian dan pengembangan program pendidikan, dan melaksanakan evaluasi dan pengendalian.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mulia Pratama membina program studi Akuntansi dan Manajemen jenjang studi Sarjana Strata Satu (S-1) telah berkiprah sejak September 1998 dengan memperoleh izin operasional/terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 130/D/O/1998 pada tanggal 28 September 1998.

Persaingan pada industri pendidikan tinggi saat ini sudah semakin ketat. Persaingan bukan lagi pada tingkat lokal namun sudah meluas ke tingkat dunia. Untuk itu penyelenggara pendidikan perlu mengelola organisasinya seperti layaknya suatu bisnis dengan tidak meninggalkan aspek idealnya. STIE Mulia Pratama dengan Program studi Manajemen dan Akuntansi merupakan salah satu pelaku bisnis pada industri pendidikan, secara khusus pada bidang Manajemen dan Akuntansi, tidak terlepas dari pengaruh persaingan ketat baik dari aspek lembaga maupun surnber daya manusia. Program studi Manajemen dan Akuntansi dapat berkembang dan berkompetisi serta menjadi pemimpin pasar pada bidangnya bila lembaga beserta perangkatnya dapat selalu menyesuaikan dengan perubahan lingkungan termasuk di dalamnya tuntutan kebutuhan konsumen dan stakeholder.

Pendidikan di STIE Mulia Pratama mengacu pada pendidikan dengan sistem terbuka adalah pendidikan yang  diselenggarakan dengan fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system). Peserta didik dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program-program pendidikan pada jenis dan jalur pendidikan yang berbeda secara terpadu dan berkelanjutan melalui pembelajaran tatap muka atau jarak jauh. Pendidikan multimakna adalah proses pendidikan yang diselenggarakan dengan berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup. Pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistemik dengan sistem terbuka dan multimakna.

Pendidikan berkewajiban memberdayakan semua komponen masyarakat berarti pendidikan diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat dalam suasana kemitraan dan kerja sama yang saling melengkapi dan memperkuat.

Bahwa tatanan kehidupan dan masa depan Indonesia yang cerdas, makmur dan berkeadilan ditentukan oleh kemampuan bangsa dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ketinggian komitmen akan kaidah moral dan budi pekerti, serta kemampuan membangun perkembangan sosial sebagai pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila atas dasar kecintaan terhadap tanah air.

Bahwa STIE Mulia Pratama, sepanjang sejarah perkembangannya sejak tahun 1998 merupakan lembaga pendidikan tinggi yang selalu turut berperan aktif mengukir sejarah perjuangan bangsa, mengabdikan dirinya bagi kepentingan pembangunan tanah air melalui Tridharma Perguruan Tinggi untuk membangun manusia sebagai pribadi, warga masyarakat, warga bangsa, warga negara maupun warga masyarakat dunia serta melaksanakan dharma penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Bahwa STIE Mulia Pratama sebagai lembaga pendidikan tinggi merupakan salah satu bagian darisistem pendidikan tinggi lokal, nasional dan internasional yang perlu terus menerus diusahakan agar menjadi salah satu pusat keunggulan akademik, penggerak modernisasi dan pembaharuan, serta mengemban tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan visi, misi dan fungsinya bagi terlaksananya upaya mencerdaskan kehidupan pribadi dan masyarakat dalam menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang cerdas, damai, adil dan makmur dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa Aspek Unggulan[sunting | sunting sumber]

  • Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis KKNI.
  • Free akses Internet Hotspot/Wi-Fi STIE Mulia Pratama.
  • Fasilitas ruang kuliah dilengkapi dengan InFocus.
  • Jaminan kepuasan pelayanan.
  • Fasilitas Sarana dan Prasarana yang sangat mendukung.
  • Program yang tersusun dan terarah.
  • Penyelesaian tepat waktu.
  • Biaya yang kompetitif.
  • Dosen/Staf Pengajar yang profesional.
  • Brevet Pajak & Export-Import.
  • Pusat Karier STIE Mulia Pratama.

Keterampilan Umum Lulusan STIE Mulia Pratama[sunting | sunting sumber]

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

KAMPUS: JL. H. M. JOYOMARTONO KAV. 5 BEKASI TIMUR (Traffic Light Bekasi Timur)
Telp. (021) 8835 3599, 8835 4599; Fax. (021) 8835 9799

web: www.stiemp.web.id
e-mail: stiemp@gmail.com