STIE Malangkucecwara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

STIE Malangkuçeçwara Malang

Lambang STIE Malangkucecwara

Didirikan 1971
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Ketua Drs. Bunyamin, MM, Ph.D
Lokasi Jalan Terusan Candi Kalasan, Blimbing, Malang, Indonesia
Situs resmi www.stie-mce.ac.id

STIE Malangkuçeçwara adalah salah satu perguruan tinggi swasta di kota Malang, Jawa Timur, Indonesia

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tanggal 20 Februari 1971
Awal mula berdirinya STIE Malangkucecwara Malang yang pada mulanya bernama Akademi Bank Malang (ABM). ABM didirikan oleh Yayasan Pendidikan Nasional Penunjang Pelita (Y.3P) Malang di bawah pimpinan H.M. Ali Satambe. Kemudian pada tanggal 28 September 1977 diadakan reorganisasi kepengurusan yayasan dengan ketua H. Moch. Ichsan.

Tahun 1979
Dibuka jurusan baru yaitu jurusan Akuntansi dan Keuangan. Kemudian nama Akademi Bank Malang diubah menjadi Akademi Keuangan dan Perbankan (AKP) Malang.

Tanggal 28 Februari 1983
Untuk menyelaraskan dengan program pemerintah tentang kebijaksanaan pendidikan tinggi khususnya, dan pendidikan nasional pada umumnya serta untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan perkembangan masyarakat, maka dipandang perlu oleh yayasan untuk mengubah bentuk dari Akademi menjadi Sekolah Tinggi Keuangan dengan nama “Malangkuçeçwara”. Program pendidikan yang digunakan adalah strata satu (S-1).
Alasan dipakainya nama “Malangkuçeçwara” adalah dengan suatu pertimbangan bahwa, pertama : sesuai dengan cita dan citra kota Malang yang hendak dijadikan sebagai kota pendidikan, industri, dan pariwisata yang dikenal dengan sebutan Tri Bina Cita; kedua : sesuai dengan sesanti lambang kota Malang, “Malangkuçeçwara” artinya kebaikan akan menghancurkan kebatilan.
Dengan adanya perubahan bentuk dari Akademi Keuangan menjadi Sekolah Tinggi Keuangan, maka jurusan yang ada meliputi :

  • Keuangan sampai tingkat Sarjana
  • Akuntansi sampai tingkat Sarjana

Kedua jurusan tersebut sesuai dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, nomor : 0256/0/1984, sesuai dengan SK itu pula jurusan perbankan diintegrasikan ke jurusan keuangan yang sistem pendidikannya menggunakan program Strata 1.

Tanggal 18 Februari 1985
Sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor : 070/0/1985 dan nomor : 071/0/1985 tentang penyesuaian jalur, jenjang, dan program pendidikan serta penataan kembali nama, unit, jurusan, dan program studi, maka Sekolah Tinggi ini berubah nama menjadi STIE Malangkuçeçwara Malang dengan jurusan Manajemen, program studi Manajemen Keuangan dan Akuntansi, program studi Akuntansi.

Tahun 1986
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor : 0365/0/1985, tanggal 14 Mei 1986, jurusan Manajemen, program studi Manajemen Keuangan mendapat status “Disamakan” dengan program strata 1 (S-1).

Tahun 1987
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor : 0638/0/1987, tanggal 12 Oktober 1987, jurusan Akuntansi, program studi Akuntansi mendapat status “Disamakan”.

Tahun 1997
Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor : 78/D/0/1997, tanggal 17 Nopember 1997, program studi Akuntansi dan Manajemen mendapat status Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) dengan peringkat B.

Tanggal 11 Agustus 1998
Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 01032/Ak-1.1/SIIMHK/VIII/1998, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Manajemen Keuangan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B.

Tanggal 11 Agustus 1998
Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 01032/Ak-1.1/SIIAKT/VIII/1998, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang terakreditasi dengan peringkat Akreditasi B.

Tahun 1999
Berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud RI No. 105/DIKTI/Kep/1999, jurusan Manajemen – program studi Manajemen Keuangan disebut Program Studi Manajemen – kekhususan Manajemen Keuangan.

Tanggal 4 Maret 2009
Berdasarkan Keputusan Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor: 328D/T/2009, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang mendapat izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA).

Tanggal 26 Desember 2013
Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 257/SK/BAN-PT/Ak-XVI/XII/2013, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A.

Tanggal 7 Februari 2014
Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 056/SK/BAN-PT/Akred/S/II/2014, menyatakan bahwa Program Studi Sarjana Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang terakreditasi dengan peringkat Akreditasi A.

Tanggal 14 Agustus 2015
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang menduduki peringkat 98 dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia berdasarkan Keputusan Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi No. 492.a/M/Kp/VIII/2015 tentang KLASIFIKASI DAN PEMERINGKATAN PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA TAHUN 2015

Tanggal 20 Februari 2016
Berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia, No. 001/SPK.TC/UKC/IAPI/IX/2016 dan No. 0153/BAU.02/SPK/II/2016, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang membuka program Pelaksanaan Ujian Profesi Akuntan Publik CPA (Certified Public Accountant)

Tanggal 19 Juli 2016
Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang mendapatkan Sertifikasi Tanda Terdaftar dari Institut Akuntan Publik Indonesia, No. 04/PPAk-IAI/2016

Tanggal 28 November 2016
Berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama dengan PT INFOSIS BLU, No. 027/PKS-S/IBLU/XI/2016 dan No. 1009/BAU.02/PKS/XI/2016, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara, Malang telah resmi sebagai Certiport Authorized Testing Center untuk menyelenggarakan preparing test dan ujian sertifikasi internasional Microsoft.

Lambang[sunting | sunting sumber]

Bagian :
Lambang berbentuk perisai segi lima merupakan dasar dari lambang yang mempunyai arti Pancasila. Bulatan di dalam perisai mengandung arti persatuan.
Atap suatu bangunan mengandung arti lembaga atau STIE tempat pengembangan ilmu atau tempat belajar-mengajar yang diharapkan dapat mencetak cendikiawan di bidangnya.
Pena yang terletak di atap bangunan melambangkan pendidikan.
Bunga teratai lima kelopak mengandung arti sifat yang tangguh dan ulet dalam melaksanakan darma bakti terhadap nusa, bangsa dan agama.
Kapas dan padi mempunyai arti kemakmuran.
Buku terbuka mempunyai arti ilmu pentgetahuan atau sumber ilmu pengetahuan yang harus dikembangkan dan digali.
Tulisan P3.M berarti bahwa lembaga Pendidikan Tinggi dalam hal ini STIE Malangkuçeçwara Malang berada di bawah naungan badan hukum yang berbentuk Perkumpulan, yaitu Perkumpulan Pengelola Pendidikan Malangkuçeçwara (P3.M).

Warna :
Warna kuning berarti kebesaran dan keluhuran.
Warna biru berarti kesetiaan kepada negara, bangsa dan agama.
Warna hijau berarti kemakmuran dan harapan.
Warna putih berarti kesucian.

Program studi[sunting | sunting sumber]

Menyelenggarakan jenjang pendidikan S1 dan S2 (Pasca Sarjana). Untuk jenjang S1 terdiri dari 2 bagian :

  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Manajemen (Keuangan), dengan minat Manajemen Perbankan, Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Sistem Informasi Manajemen.

Sedangkan untuk jenjang pendidikan S2 berfokus pada Magister Manajemen, dengan konsentrasi :

  1. Manajemen Keuangan; menghasilkan lulusan dengan kompetensi mengatur permasalahan investasi pada perusahaan multinasional.
  2. Manajemen Sumber Daya Manusia; menghasilkan lulusan dengan kemampuan praktikal untuk mengatur sumber daya manusia pada perusahaan multinasional.
  3. Manajemen Akuntasi; menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan cukup dengan kamampuan praktikal untuk merancang sistem akuntansi guna menyediakan informasi yang diperlukan bagi pengambilan keputusan penting pada perusahaan internasional.

Unit kegiatan mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa STIE Malangkuçeçwara. Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut antara lain:

  • Himpas Vigneçvara :
  1. Caving
  2. Hiking
  3. Rafting
  4. KSR
  • Wappim (Wahana Pengembangan dan Penalaran Ilmiah Mahasiswa)
  • Olahraga :
  1. Bola Basket
  2. Futsal
  3. Bola Voli
  4. Pencak Silat
  1. Islam
  2. Kristen
  3. Katolik
  4. Budha
  5. Hindu
  • Kesenian (Division Of Art):
  1. Sub Unit Musik
  2. Sub Unit Theater
  3. Sub Unit Dance
  4. Sub Unit Fotografi
  5. Sub Unit Lukis

Pranala luar[sunting | sunting sumber]