Politeknik Keuangan Negara STAN

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari STAN)
Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
JenisPerguruan Tinggi Kedinasan
Didirikan1952
Lembaga induk
Kementerian Keuangan Republik Indonesia
DirekturEvy Mulyani, Ak., M.B.A., Ph.D. CA, CACP, CRGP
Lokasi
Warna  Biru
Nama julukanPKN STAN
Situs webPoliteknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah (MA) dan SMK adalah pendidikan Program Studi Diploma IV dengan jurusan/program studi sebagai berikut:

  • Program Studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  • Program Studi Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  • Program Studi Diploma IV Manajemen Aset Negara

Untuk Program Studi Diploma I lama pendidikannya satu tahun (dua semester), bertempat di Kampus PKN STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di delapan daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodgram Studi Diploma III lama pendidikannya tiga tahun (enam semester), bertempat hanya di Kampus PKN STAN Jakarta.

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan diasramakan pada tahun pertama. Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Setelah lulus dari PKN STAN,para alumni PKN STAN kan mengikuti Test Kemampuan Dasar (TKD) yang diselengarakan oleh BKN dengan kesempatan maksimal 3 kali test,kemudian jika lulus TKD maka para lulusan PKN-STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Program Studi Tahun 2021-2023[sunting | sunting sumber]

Program studi yang diselenggarakan oleh PKN STAN mulai tahun anggaran 2021 untuk lulusan SMA, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Studi Diploma IV dengan jurusan/program studi sebagai berikut :

  • Program Studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik
  • Program Studi Diploma IV Manajemen Keuangan Negara
  • Program Studi Diploma IV Manajemen Aset Negara

Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan mulai tahun anggaran 2021 mahasiswa/i PKN STAN akan diasramakan pada tahun pertama untuk program reguler dan dua tahun untuk program afirmasi. Pendidikan PKN STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.

Pelaksanaan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Waktu studi pendidikan Program Studi Diploma III adalah enam semester yang harus diselesaikan dalam waktu tiga tahun. Beban studinya adalah 120 SKS.

Tempat pendidikannya di Kampus PKN-STAN Jakarta, Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Banten.

Mahasiswa dinyatakan lulus apabila tiap semester:

  • Telah menyelesaikan seluruh SKS yang dipersyaratkan
  • Tidak memperoleh nilai D pada MKU (Mata Kuliah Umum) dan MKK (Mata Kuliah Keahlian), lebih dari dua nilai D pada MKDK (Mata Kuliah Dasar Keahlian), atau nilai E pada semua mata kuliah
  • Memperoleh IP minimal 2,75 pada akhir semester ganjil dan semester genap

Mahasiswa yang tidak memenuhi ketentuan tersebut di atas akan dikeluarkan (Drop Out) dari pendidikan. Penentuan kelulusan ini diatur dalam Keputusan Kepala Badan Diklat Keuangan No.KEP-207/BP/2000 tanggal 28 Agustus 2000 tentang Ketentuan-ketentuan Pengelolaan / Penyelenggaraan Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan.

Selain itu setiap Mahasiswa PKN STAN terikat dengan peraturan disiplin sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Keputusan Kepala Badan Diklat Keuangan No.KEP-208/BP/2000 tanggal 28 Agustus 2000 tentang Peraturan Disiplin Mahasiswa Pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan.

Lulusan Program Diploma Keuangan PKN STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia pada tahun yang bersangkutan berdasarkan peraturan kepegawaian yang berlaku.

Penempatan Lulusan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI. Lulusannya wajib kerja selama tiga kali masa pendidikan ditambah satu tahun. Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Setelah lulus pendidikan dan ditempatkan di instansi-instansi tersebut akan diproses pengangkatan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan golongan II/a untuk lulusan Program Studi Diploma I dan golongan II/c untuk lulusan Program Studi Diploma III. Setelah bekerja dan mengikuti Diklat Pra Jabatan Tingkat II akan diproses pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan pangkat Pengatur Muda / golongan II/a untuk lulusan Program Studi Diploma I dan pangkat Pengatur / golongan II/c untuk lulusan Program Studi Diploma III.

Unit Kegiatan Mahasiswa[sunting | sunting sumber]

Di samping kegiatan akademis, di tempat pendidikan PKN STAN terdapat beberapa Badan Otonom dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang dapat dijadikan oleh mahasiswa PKN STAN untuk mengembangkan potensi diri dan sebagai ajang mengasah kemampuan dalam berorganisasi serta menambah ilmu, pengetahuan, wawasan dan pengalaman. Badan Otonom dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Kampus PKN STAN Jakarta adalah sebagai berikut :

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)[sunting | sunting sumber]

BEM PKN STAN merupakan organisasi mahasiswa yang berperan sebagai pelaksana amanat Keluarga Mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN (KM PKN STAN). Dalam melaksanakan tugasnya, BEM mengkoordinasikan seluruh kegiatan mahasiswa STAN dan berbagai wadah mahasiswa STAN yang diselaraskan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Visi

Menjadi koordinator dan fasilitator pembentukan karakter mahasiswa yang bermoral, berintegritas, dan profesional untuk kemajuan PKN STAN dan Indonesia

Misi

1. Menerapkan sistem kerja yang profesional berlandaskan semangat kekeluargaan.

2. Melakukan regenerasi dan penerusan idealisme melalui pencerdasan dan transfer nilai-nilai Tridharma Perguruan Tinggi

3. Menjadi mediator dan pelaksana aspirasi mahasiswa melalui sinergisasi aktif semua stakeholder.

4. Mendayagunakan potensi KM PKN STAN dalam berkarya berlandaskan intelektualitas, kreativitas, dan nilai budaya

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KM PKN STAN dapat dilihat di http://mahasiswastan.com/anggaran-dasar-dan-anggaran-rumah-tangga-km-stan/ Diarsipkan 2014-06-08 di Wayback Machine.

Badan Legislatif Mahasiswa (BLM)[sunting | sunting sumber]

BLM PKN STAN merupakan wujud dari perwakilan mahasiswa PKN STAN yang dipilih langsung oleh mahasiswa PKN STAN untuk melaksanakan pengendalian kegiatan BEM PKN STAN. BLM PKN STAN merupakan struktur tertinggi dalam keorganisasian mahasiswa PKN STAN. Fungsi BLM PKN STAN dipertanggungjawabkan dalam Rapat Akbar Keluarga Mahasiswa (RAKM) PKN STAN. BLM PKN STAN Dipimpin oleh Dewan Pimpinan yang terdiri dari Ketua, Wakil Ketua 1 dan Wakil Ketua 2. BLM PKN STAN terdiri dari 3 Komisi, yaitu Komisi Pengawasan, Komisi Keuangan, dan Komisi Legislasi dan Aspirasi.

Badan Audit Kemahasiswaan (BAK)[sunting | sunting sumber]

BAK PKN STAN resmi berdiri tanggal 7 Agustus 2010. Namun sebenarnya SAC (STAN Audit Club) sebagai cikal bakal BAK sudah lama didirikan dengan karakteristik mirip BAK. Hanya saja dulu masih berstatus sebagai UKM/Interest Club di bawah BEM.

Koperasi Mahasiswa (Kopma) PKN STAN[sunting | sunting sumber]

Kopma PKN STAN merupakan wadah perkoperasian mahasiswa dalam Kampus PKN STAN yang didirikan secara resmi sebagai badan hukum pada tanggal 4 Desember 1989 dengan nomor badan hukum No.2437/B.H/I yang ditetapkan oleh Kepala Kanwil Departemen Koperasi Provinsi DKI Jakarta. Kopma PKN STAN didaftarkan dalam Daftar Umum Kanwil Departemen Koperasi Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 1 Desember 1989.

Himpunan Mahasiswa Jurusan[sunting | sunting sumber]

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (Himas)[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa jurusan Akuntansi.

Keluarga Mahasiswa Perpajakan (KMP)[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa jurusan Perpajakan.

Korps Mahasiswa Bea dan Cukai (KMBC)[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa jurusan Kepabeanan dan Cukai.

Himpunan Mahasiswa Manajemen Keuangan (Hima Mankeu)[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini merupakan wadah aktivitas mahasiswa jurusan Manajemen Keuangan..

Lembaga Keagamaan[sunting | sunting sumber]

Masjid Baitul Maal (MBM)[sunting | sunting sumber]

Masjid Baitul Maal adalah nama sebuah masjid di lingkungan Badan Diklat Keuangan yang dulunya terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pada tahun 1987 ketika pendidikan dipindahkan ke Bintaro hingga saat ini, aktivitas MBM ikut berpindah dengan membangun sebuah masjid baru di lokasi Kampus PKN STAN di Bintaro. Kegiatan MBM antara lain yaitu kajian mingguan dan bulanan, pelaksanaan salat Jumat, mentoring, pengumpulan zakat, infak, sedekah, dsb. Di setiap jurusan MBM memiliki perwakilan iantaranya: Ikatan Mahasiswa Muslim Akuntansi (IMMSI), Ikatan Mahasiswa Muslim Bea Cukai (IMMBC), Ukhuwah Mahasiswa Muslim Pajak (UMMP), Ikatan Mahasiswa Muslim Penilai (IMMP), Ikatan Mahasiswa Muslim Anggaran (IMMA), Ikatan Mahasiswa Muslim PPLN.

Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK)[sunting | sunting sumber]

PMK adalah lembaga keagamaan yang mengkoordinasikan semua kegiatan keagamaan bagi mahasiswa yang beragama Kristen Protestan. Kegiatannya antara lain yaitu kebaktian PMK, persekutuan doa, kelompok kecil pemuridan, aksi sosial, perayaan Paskah dan Natal bersama, dsb.

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK)[sunting | sunting sumber]

KMK adalah lembaga keagamaan yang mengkoordinasikan semua kegiatan keagamaan bagi mahasiswa yang beragama Kristen Katolik. Kegiatannya antara lain yaitu misa kampus, doa rosario, malam keakraban, perayaan Paskah dan Natal bersama, dsb.

Keluarga Mahasiswa Hindu dan Buddha (KMHB)[sunting | sunting sumber]

KMHB adalah lembaga keagamaan yang beranggotakan seluruh mahasiswa yang beragama Hindu dan Buddha. Kegiatannya antara lain yaitu diskusi keagamaan, tirtayatra, persembahyangan bersama, peringatan Nyepi dan Waisak, dsb.

Unit Kegiatan Mahasisiwa (UKM)[sunting | sunting sumber]

Selain meningkatkan kemampuan akademik, Politeknik Keuangan Negara STAN juga menyediakan banyak wadah untuk menampung dan mengembangkan bakat dan minat para mahasiswa.

STAPALA[sunting | sunting sumber]

Status Organisasi STAPALA

STAPALA adalah Kelompok Pencinta Alam di Politeknik Keuangan Negara STAN. STAPALA ditetapkan sebagai lembaga otonom oleh Senat, dengan SK 067/SKP.01/III/85 tgl 4 maret 1985 yang ditandatangani Ketua Senat saat itu Suyatno Harun (STAN 1977)

Tujuan Kelompok Pencinta Alam STAPALA

Tujuan keberadaan STAPALA :

  • Menanamkan rasa cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangsa dan tanah air.
  • Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa dan alumni di lingkungan Politeknik Keuangan Negara STAN.
  • Menampung, menyalurkan dan mengembangkan kreativitas mahasiswa dan alumni di lingkungan Politeknik Keuangan Negara STAN dalam hal kecintaan terhadap alam.

Kegiatan-kegiatan di alam bebas sangat mendukung terciptanya manusia yang berdedikasi, penuh semangat, peduli, kompak, dan berjiwa pemimpin. Sifat kegiatan di alam yang kadang menghadapi cuaca ekstrem, berisiko tinggi, dan selalu berinteraksi dengan penduduk adalah experiental learning bagi anggota STAPALA. Dan telah terbukti menjadi pengalaman yang sangat berguna dan dapat diimplementasikan di kehidupan sehari-hari, baik di kampus maupun di dunia kerja.

Keanggotaan

Saat ini anggota STAPALA berjumlah lebih dari 1.300 orang, dengan anggota berstatus mahasiswa sekitar 50 orang. STAPALA adalah organisasi pemersatu di lingkungan kampus yang tidak pernah memandang kesukuan/kedaerahan, agama, tahun angkatan, maupun jurusan. Sifat keanggotaannya seumur hidup sehingga menjadikannya alumni tetap selalu berperan aktif dalam banyak kegiatan.

Sejarah Pendirian STAPALA

STAPALA didirikan pada tanggal 24 November 1979, ditandai dengan pendakian ke Gunung Pangrango. Para pendiri Stapala adalah Mahasiswa-mahasiswa STAN angkatan 1977,1978,1979 di antaranya Sjafri Adnan baharuddin, Amoen Jogasara, Heryono, M. Hatta, Didik Sabudi, Slamet Heryadi, Ilham, Warnedy, Rela Driteny, dan lain lain.

Kegiatan di masa awal selain pendakian adalah Jambore perdana STAN yaitu kegiatan perkemahan yang melibatkan seluruh aktivis kampus, termasuk dosen pada tanggal 27-29 Juni 1980 di Cinumpang, Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan

Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan alam, pendidikan, kebudayaan, dan sosial yang sejalan dengan tujuan STAPALA.

STAPALA telah banyak melakukan kegiatan, baik bersifat nasional maupun internasional. Ekspedisi Luar Negeri STAPALA antara lain :

  • Ekspedisi Pendakian Mt. Blanc, Swiss, 1987
  • Ekspedisi Pendakian Mt. Cook, Selandia Baru, 1990
  • Ekspedisi Pendakian Mt. Kilimanjaro, Tanzania, 1992
  • Ekspedisi Pendakian Mt. Elbrus, Rusia, 2011
  • Ekspedisi Pendakian Mt. Aconcagua, Argentina, 2019
  • Ekspedisi Pendakian Mt. Island Peak, Nepal, 2021

Sedangkan ekspedisi yang bersifat nasional:

  • Ekspedisi Pendakian Puncak Carstenz, Papua, 1993
  • Ekspedisi Pendakian Gunung Lauser, Aceh, 1997
  • Kejuaraan Nasional Dinding Panjat PKN STAN, 1996, 2003, 2006.
  • Ekspedisi Pemanjatan Tebing Parang, Purwakarta, Jawa Barat, 1991
  • Ekspedisi Pemanjatan Tebing Serelo, Sumatera Selatan, 1987
  • Survey dan Penelitian Lingkungan Taman Nasional Meru Betiri, Jember, Jawa Timur, 1986
  • Ekspedisi Saptanusa, 7 Puncak Tertinggi untuk 70 Tahun Indonesia, 7 summits of Indonesia, 2015.

Selain itu STAPALA juga mengadakan kegiatan-kegiatan pelestarian Lingkungan Hidup, Sosial, relawan bencana alam, dan lain lain

Moto STAPALA adalah "Mencintai Alam Tanpa Melupakan Pendidikan Akademis".

Jaringan Alumni

Anggota STAPALA alumni adalah tulang punggung kegiatan-kegiatan Ikatan Alumni STAN ( IKANAS STAN). Anggota STAPALA berperan aktif sejak pendirian Ikatan Alumni tahun 2003 sampai dengan saat ini.

STAPALA Alumni yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia mempunyai Kordinator kordinator Wilayah ( Korwil) yang terkordinir dengan baik dengan adanya Dewan Pengurus Nasional (DPN) STAPALA

STAPALA Alumni yang berada di daerah-daerah selalu siap mendukung kegiatan STAPALA baik di pusat (Jakarta) maupun di seluruh Indonesia.

Kultur Hubungan persaudaraan (brotherhood) yang di bangun sejak masa kuliah menjadi perekat dari seluruh STAPALA Alumni dari sabang sampai Merauke

Posko STAPALA

Posko STAPALA bagi anggota Stapala adalah rumah, Not House but Home. Tempat munculnya ide dan impian-impian besar,dan tempat dimana rasa kekeluargaan sangat kental dikalangan anggota. Sifat kegiatan STAPALA yang agak berbeda kerap menuntut hal-hal yang agak berbeda dibanding organisasi kampus lainnya.

STAN English Club (SEC)[sunting | sunting sumber]

Badan otonom yang didirikan sejak tahun 1983 ini ditujukan untuk mempraktikkan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari sehingga kemampuan bahasa Inggris para anggotanya dapat ditingkatkan. Kegiatannya antara lain yaitu seminar dalam bahasa Inggris, TOEFL Prediction Test, outing program, dan A Day in English. Prestasi SEC yang telah diraih yaitu juara I Guessing Word Contest dan juara II Debating yang diselenggarakan LIA E-Club 1994 serta juara II Debating Contest antar perguruan tinggi se-Indonesia di ITB Bandung 2000, terbaru sebagai semifinalis BIND 2011 (kompetisi debat bahasa inggris perguruan tinggi level Asia) serta berbagai prestasi lainnya. SEC juga aktif mengikuti kompetisi Scrabble, News Reading dan kompetisi lainya menghasilkan sejumlah trofi, gelar, dan medali emas.

KSR PMI Unit PKN STAN[sunting | sunting sumber]

KSR PMI Unit PKN STAN didirikan pada tanggal 20 Oktober 2003, dan telah disahkan sebagai organisasi kepalangmerahan dengan Surat Pengesahan nomor 076/SK-PC/I/2004 pada tanggal 18 Januari 2004. Dengan jargon Servetum Pro Humaniora, KSR PMI Unit PKN STAN bertujuan untuk memberikan pengetahuan, pendidikan, dan pelatihan di bidang kepalangmerahan dan pengetahuan lainnya untuk dapat mengabdi pada kemanusiaan.

PKAKP PKN STAN[sunting | sunting sumber]

Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik PKN STAN.

STAN Olympic Team (SOT)[sunting | sunting sumber]

STAN Olympic Team (SOT) merupakan tim di bawah Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik Politeknik Keuangan Negara STAN (PKAKP PKN STAN) yang beranggotakan mahasiswa program studi Diploma Studi Diploma III Akuntansi dan Pajak serta mahasiswa program studi Diploma IV Akuntansi. Anggota SOT dibentuk untuk mengikuti berbagai lomba terutama di bidang akuntansi, keuangan, dan perpajakan di seluruh Indonesia. Berbagai prestasi yang telah diraih, di antaranya:

  • Tahun 2011
  1. Juara I Lomba Karya Ilmiah Gebyar Akuntansi Universitas Tadulako 2011
  • Tahun 2012
  1. Juara 1 pada Accounting Championship 2012 Universitas Bakrie;
  2. Juara 3 Indonesia Accounting Fair (IAF) 13 2012 di Universitas Indonesia;
  3. Juara 3 di Accounting Quiz XXI 2012 Universitas Tarumanegara;
  4. Juara 1 National Accounting Challenge 2012 STAN;
  5. Juara 1 Perbanas Accounting Competition 2012;
  6. Juara 1 dan 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Universitas Negeri Yogyakarta 2012;
  7. Juara 1 Essay Microeconomic Competition Universitas Padjadjaran 2012;
  8. Juara 2 dan 3 Taxplore Universitas Indonesia 2012; dan
  9. Juara 5 Accounting Competition Universitas Trisakti 2012.
  • Tahun 2013
  1. Juara 1 National Accounting Week 2013 Universitas Padjadjaran;
  2. Juara 1 Station Part STEKPI 2013;
  3. Juara 1 Essay Indonesia Accounting Fair 14 Universitas Indonesia 2013;
  4. Juara 2 Accounting Competition CPA Australia 2013;
  5. Juara 1 dan 2 Accounting Fair Universitas Bengkulu 2013; dan
  6. Juara 1 Lomba Perpajakan Universitas Trisakti.
  • Tahun 2014
  1. Juara 1 Accounting Competition CPA Australia 2014; dan
  2. Juara 2 Lomba Karya Tulis Ikatan Akuntan Indonesia
  3. Juara 1 Indonesian Tax Champion 2014 Universitas Trisakti

SPEAK PKN STAN (Spesialisasi Anti Korupsi PKN STAN)[sunting | sunting sumber]

SPESIALISASI ANTI KORUPSI (SPEAK) adalah salah satu Elemen Kampus yang ada di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang berkarya di ranah pencegahan korupsi. Integritas adalah bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pemberantasan korupsi.

Profil Direktorat

Direktorat Pendidikan

Direktorat ini bertugas memberikan pengetahuan kepada mahasiswa PKN STAN pada khusunya dan masyarakat luas pada umumnya tentang seluk beluk korupsi dan bagaimana cara mencegahnya bahkan bagaimana pemberantasannya (Dalam perang kita harus mengenali dulu siapa musuh kita). Diharapkan selain hanya memberikan pengetahuan teoritis, direktorat ini mampu memberi suatu ilmu yang aplikatif atau dapat benar-benar diimplementasikan secara nyata baik melalui kajian atau Training. Kegiatan yang diadakan bertujuan untuk membentuk insan akademis yang berintegritas, berwawasan luas serta mampu menjadi solusi atas permasalahan korupsi yang merajalela di negeri ini.

Direktorat Hubungan Luar Negeri dan Pendanaan

Biasa disingkat Lupen. Direktorat ini dapat dibagi lagi menjadi subdirektorat hubungan luar negeri dan subdirektorat pendanaan. Direktorat ini mempunyai dua tugas utama, yaitu menjalin kerja sama dengan organisasi, komunitas, instansi atau universitas lain dan memberikan dukungan finansial untuk SPEAK. Tujuannya adalah untuk memperluas jaringan dan memperluas gerakan antikorupsi (target utama adalah PTK) serta meningkatkan kualitas dan kapasitas kegiatan.

Direktorat Penelitian dan Pengembangan

Biasa disingkat Litbang. Direktorat ini bisa disebut PPSDM SPEAK. Kegiatan bisa meliputi pelatihan menulis, pelatihan public speaking, dsb. Namun di luar dari itu direktorat ini juga memiliki tugas untuk melakukan penelitian terhadap fakta-fakta yang belum pernah dikaji dan mengolahnya menjadi informasi yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat luas.

Direktorat Informasi dan Propaganda

Bisa disingkat Improv atau Mazda. Ini merupakan direktorat baru di SPEAK. Melalui direktorat inilah kegiatan SPEAK diumumkan. Serta produk-produk SPEAK dipublish ke publik. Ada beberapa media yang harus dikelola, sekurang-kurangnya adalah Facebook, blog dan majalah. Lebih dari itu diharapkan SPEAK memiliki MASTERPIECES yaitu sebuah buku yang dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas. Yang perlu digaris bawahi di sini, direktorat ini tidak hanya menyampaikan informasi namun juga menjadi media propaganda yang benar-benar mampu memberikan pengaruh terhadap perilaku dan pola pikir.

Direktorat Dalam Negeri

Biasa disingkat Dagri. Direktorat ini sudah ada sejak tahun lalu, namun mengalami pergeseran fungsi. Direktorat ini bertugas menyelenggarakan urusan internal SPEAK, yang meliputi: Pengelolaan Aset, Pengadaan Aset, Pengelolaan Database, Pembuatan jaket/kaos dsb. Selain itu direktorat ini bertanggungjawab untuk meningkatkan teamwork, kesholidan dan kekeluargaan di SPEAK.

SCENE[sunting | sunting sumber]

SCENE sebuah club film yang berdiri pada tahun 2005 di sebuah desa bernama Desa Jurangmangu yang disana berdiri sebuah kampus mimpi bernama STAN. SCENE adalah sebuah klub yang mencintai film, baik membuat, menikmati, dan memperdebatkannya

AL-LUGHOH[sunting | sunting sumber]

Al-Lughoh merupakan suatu kelompok studi bahasa Arab yang ada di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN).

KBA (Komunitas Budaya Asing)[sunting | sunting sumber]

UKM ini dibagi menjadi tiga divisi, yaitu Divisi Bahasa, Divisi Budaya, dan Divisi Humas

STAN Informatic Club (SIC)[sunting | sunting sumber]

Organisasi yang dibentuk pada tanggal 17 November 1997 ini merupakan komunitas mahasiswa PKN STAN yang memiliki minat dan perhatian terhadap perkembangan Information Technology terutama yang berbasis komputer. Kegiatannya antara lain yaitu tutorial, diskusi, warnet, even-even seputar IT, mengelola situs web PKN STAN, dsb.

Sharia Accounting and Finance Forum (SHAFF)[sunting | sunting sumber]

SHAFF merupakan lembaga kajian ekonomi Islam yang didirikan pada tanggal 7 Juli 2000 yang pada saat berdiri bernama ISES (Islamic Studies for Economic Society). Kegiatannya antara lain yaitu seminar ekonomi syariah, kuliah informal akuntansi syariah (KIAS), forum diskusi ekonomi Islam antar-kampus, kajian internal, dsb.

STAN Capital Market Club (STAN CMC)[sunting | sunting sumber]

STAN-CMC merupakan pojok BEI di PKNSTAN sebagai pusat informasi, penelitian, pendidikan, konsultasi dan investasi di bidang pasar modal bagi sivitas akademika PKN STAN dan masyarakat sekitarnya. STAN-CMC merupakan ajang aplikasi langsung atas teori-teori pasar modal yang telah diperoleh mahasiswa di bangku kuliah. Pada awal berdiri pada tahun 1998, STAN-CMC bernama Pojok BEJ STAN atau STAN JSX Corner.

Seni Bela Diri[sunting | sunting sumber]

Dalam lingkungan Kampus PKN STAN Jakarta terdapat pelatihan olahraga beladiri untuk menggembleng fisik dan mental para mahasiswa. Beberapa perguruan beladiri yang terdapat di Kampus PKN STAN Jakarta yaitu :

  • Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri
  • Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong Merpati Putih
  • Persaudaraan Setia Hati Terate
  • Lembaga Seni Pernafasan Satria Nusantara
  • Taekwondo Indonesia
  • Kungfu Muslim Amar Ma’ruf Nahi Munkar
  • Olahraga Beladiri Thifan Pokhan
  • Institut Karate-Do Indonesia

Berbagai prestasi telah diraih oleh anggota bela diri PKN STAN tersebut, antara lain yaitu Juara II Kategori Kerapian Teknik Beregu pada Kejuaraan Silat Perisai Diri Antar-Perguruan Tinggi (Piala Ibu Tien Soeharto) di Universitas Airlangga Surabaya tahun 1997, predikat Lulusan Terbaik dalam beberapa kali penyelenggaraan Ujian Kenaikan Tingkat Perisai Diri di Jakarta, penyelenggara Kejuaraan Taekwondo Antar-Perguruan Tinggi se-Jabotabek di Kampus STAN tahun 1999, dsb.

STAN Chess Interest Club (SCIC)/Pion STAN-Prodip (PSP)[sunting | sunting sumber]

Klub catur yang ini berdiri pada tanggal 22 September 1998. PSP mengirimkan anggotanya untuk menjadi anggota sekolah catur GM Utut Adianto.Berolahraga dapat menimbulkan perasaan senang dan berfikir jernih. Ada dua jenis olahraga di dinia ini, yang pertama adalah olahraga aktif dan yang kedua adalah olahraga pasif. Di antara olahraga pasif ini adalah olahraga catur. Sejak awal, cabang-cabang olahraga psikis atau olahraga otak ini mengindikasikan latihan untuk memperbagus fungsi kerja otak. Baik dari segi berpikir strategi maupun tingkat kesabaran pemain. Cukup sedikit cabang olahraga otak ini. Beberapa yang terkenal adalah catur yang banyak diminati karena pola permainannya yang mangandalkan pemilihan strategi menyerang dan bertahan juga melatih kesabaran pemain. Ada pula memancing yang menstimulasi tingkat kesabaran juga adrenalin para peminatnya. Bermain catur membutuhkan latihan yang sering dan berkala. Pemain catur yang handal butuh waktu yang lama untuk belajar langkah-langkah bermain catur. Catur merupakan permainan yang butuh teknik proyeksi langkah ke depan. Pemain catur harus bisa memproyeksikan langkah yang akan terjadi setelah dia mengambil satu langkah. Dengan adanya kemampuan untuk memprediksi langkah ini maka pemain catur akan lebih mudah untuk mengalahkan lawan nya. Strategi - strategi yang baik dan berkualitas perlu dimiliki dan dikuasai, dengan cara melakukan latihan yang terus - menerus. Berikut ini adalah blog sahabat kita yang menyediakan langkah-langkah bagaimana bermain catur yang baik. Menimbang bahwa dari ribuan masyarakat kalangan kampus Politeknik Keuangan Negara STAN. Ribuan pula keinginan dan kegiatan dan perlu diketahui bahwa catur merupakan salah satu olahraga yang peminatnya tidak sedikit, ditengah marakanya kegiatan perlombaan ataupun pertandingan baik diadakan di lingkungan kampus maupun di luar lingkungan kampus. Untuk itu, diharapkan adanya kegiatan internal yang menjadi tumpuan bagi mereka yang menyenangi dunia kompetisi dan ingin mempelajari seni olahraga catur.

Sebelumnya CIC bernama PSP (Pion STAN Prodip) yang merupakan wadah bagi mahasiswa yang memiliki bakat dan minat dalam bidang percaturan. Visi ke depan organisasi ini adalah menumbuhkan dan menyalurkan bakat dan minat mahasiswa dan anggota klub agar sportif dan profesional di bidangnya.

Teater Alir[sunting | sunting sumber]

Kelompok teater di PKN STAN ini berdiri pada pertengahan Juni 1998. Latihan rutinnya diadakan setiap minggu yang dibimbing oleh alumni IKJ (Institut Kesenian Jakarta). Alir telah tampil di hampir semua event di kampus, antara lain Lakon Baru pada Information Day 99, Ayahku Pulang pada Pentas Musik Pajak, dsb.

Vocawardhana Choir[sunting | sunting sumber]

Vocawardhana Choir merupakan paduan suara Politeknik Keuangan Negara STAN yang baru terbentuk pada tahun 2010. Meski terbilang muda, prestasi yang telah dicapai sudah cukup banyak, di antaranya menjadi pengisi acara dalam Pagelaran Wayang Nusaraya di Taman Mini Indonesia Indah (2011) dan sempat diundang juga untuk bernyanyi di depan Presiden Repubik Indonesia, para menteri, dan Gubernur Bank Indonesia di Istana Negara.

7SPADES[sunting | sunting sumber]

Komunitas 7Spades adalah sebuah komunitas pesulap di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang bertujuan membagikan ilmu sulap atau info seputar dunia sulap kepada keluarga besar STAN. Angka 7 diambil sebagai nama komunitas ini karena pendiri komunitas ini berjumlah tujuh orang. Kemudian, kata spade yang berarti sekop adalah kasta tertinggi dalam permainan kartu remi. Kata spade ini diambil sebagai nama komunitas dengan maksudnya agar 7Spades dipandang memiliki martabat yang tinggi.

Para anggota 7Spades dilatih beberapa mentor yang memiliki keahlian berbeda. Program pelatihan dibagi-bagi menjadi beberapa bagian, yaitu hipnotis, tarot (meramal dengan kartu), mentalist (bermain dengan pikiran), dan illusionist (berhubungan dengan kecepatan tangan). Selain itu, 7Spades memiliki program rutin lain seperti street magic di acara-acara kampus dan sharing trick. Meski baru berdiri sejak Januari 2010, 7Spades telah memiliki beberapa prestasi yang cukup membanggakan, seperti tampil di talkshow “Hitam Putih” yang dipandu Deddy Corbuzier, serta tampil bersama Aldi Sungkar, salah satu pesulap terbaik Indonesia.

STAN Music Community (SMC)[sunting | sunting sumber]

STAN Music Community (SMC) saat ini adalah satu-satunya organisasi musik yang ada di Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN).

SMC secara resmi berdiri pada 21 April 2005 oleh sebuah komunitas pecinta musik yang suka kumpul bersama. Mereka sepakat mendirikan organisasi yang menaungi musik dan para pecintanya di kampus PKN STAN.

Kini, dalam usianya yg masih terbilang muda, SMC telah memiliki lebih dari 250 anggota tetap, dan telah mengukir cukup banyak prestasi di dalam dan di luar kampus PKN STAN, selain sering diundang untuk mengisi acara-acara di kampus PKN STAN sendiri. Dengan motto Satukan Jiwa Dalam Nada dan Kalau Bukan Kita Siapa Lagi?, SMC terus berusaha menjaga dan mengembangkan keberadaan seni musik di PKN STAN pada khususnya, dan di dunia pada umumnya.

Alumni[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ antaranews.com (2010-10-11). "Hekinus Jabat Direktur Eksekutif Bank Dunia". Antara News. Diakses tanggal 2022-02-11. 
  2. ^ "Situs Resmi BPKP-RI". www.bpkp.go.id. Diakses tanggal 2022-02-11. 
  3. ^ "Obituari Bapak Wahyu Karya Tumakaka, MPA., Ak., CA". iaiglobal.or.id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-19. Diakses tanggal 2022-02-19. 
  4. ^ "Yustinus Prastowo Resmi Diangkat Jadi Staf Khusus Sri Mulyani". [pranala nonaktif permanen]