SSI (Store Send Indonesia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sejarah Store Send Indonesia[sunting | sunting sumber]

iStore iSend adalah penyedia solusi sistem manajemen pergudangan untuk mengoptimalkan pasar digital. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009. iStore iSend memberikan pengalaman saluran omni (omni channel) yang memungkinkan penjual melakukan entri pasar dan memperluas jaringan di marketplace eCommerce.

Fitur yang dimiliki berupa fitur pergudangan, layanan pengambilan dan pengepakan, pengiriman, atau pelacakan pesanan. iStore iSend juga menawarkan layanan E-enabler (Gateway) untuk pemilik merek dan pengecer. Layanan tersebut meliputi penyiapan toko online, orientasi merek ke pasar elektronik online (online marketplace), manajemen toko online resmi, manajemen kampanye pertumbuhan dan pemasaran, daftar, dan layanan pelanggan.

Pada Desember 2017, DNR Corporation bersama dengan Storesend Holding membentuk perusahaan penanaman modal asing (PMA) bernama StoreSend eLogistic Indonesia (SSI).[1] Layanan ini ditujukan untuk pedagang online, toko online, hingga jasa pengiriman barang. Layanan yang diberikan berupa penyimpanan dalam gudang, pengemasan, hingga pengiriman barang melalui jasa pengiriman barang.[2] SSI memiliki 4 gudang yang tersebar di Jakarta, Medan, Makassar, dan Surabaya. SSI juga didukung oleh 39 gudang yang tersebar di seluruh Indonesia, 17 sub-distributor branches, serta 41 affiliate warehouse.

Pada 2018, SSI bersama dengan Perum Bulog dan Shopee membentuk iPanganan.com, toko daring bahan pokok. Dalam kerja sama ini, Perum Bulog berperan sebagai penyedia beragam produk bahan pokok.[3]

Pencapaian[sunting | sunting sumber]

Pada awal 2021, SSI menyabet penghargaan Top Official Store Award 2021. Penghargaan diberikan oleh Tras N Co Indonesia yang bekerja sama dengan Infobrand.id. Penghargaan ini diberikan setelah melalui survei yang dilakukan terhadap lebih dari lima ribu official store yang dilakukan sejak Oktober–Desember 2020 melalui pendekatan tiga metodologi. Ketiga metodologi yang dipergunakan tersebut meliputi store sales aspect, store reviews and rating aspect, dan store followers aspect. Store sales aspect untuk mengukur banyaknya penjualan produk yang dilakukan oleh official store. Sedangkan, store reviews and rating aspect untuk mengukur banyaknya ulasan dan angka penilaian yang diberikan oleh konsumen terhadap produk dan official store. Dan, store followers aspect untuk mengukur banyaknya pengikut dari official store.[4]

Daftar Klien SSI[sunting | sunting sumber]

Bayer Bayer, Silky Girl, Johnson and Johnson, Shafira, Kayla, Mead Johnson Nutrion, Zoya, Dua Kelinci, Metrox Group, Kimia Farma, Fibrefirst, Nuxe, Pigeon, Eagle, Samyang, Easy Shopping, Carvil, VITABIOTICS, Uriage, Teens, CoolKids, Fitflop, RBM Goat Milk, Jubelio, PLUG, Biarfit, LFBeauty, Wyeth, Aldo, Ecolink

Direksi[sunting | sunting sumber]

Rudy Tanoesoedibjo, Gary Tanoesoedibjo, Karel Leonardo, Hery Subagiyo, Joseph Buntaran

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mediatama, Grahanusa (2018-04-15). "StoreSend eLogistic Indonesia menargetkan bisa jadi pemain penting di jasa e-logistik". kontan.co.id. Diakses tanggal 2021-08-23. 
  2. ^ jurnalis. "Kolaborasi DNR & Stroesend Hadirkan e-Logistik | Komite" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-23. 
  3. ^ Mediatama, Grahanusa (2021-04-28). "Bulog dan DNR corporation berkolaborasi memperbesar penetrasi iPanganandotcom". kontan.co.id. Diakses tanggal 2021-08-23. 
  4. ^ developer, mediaindonesia com (2021-03-03). "E-Commerce Bulog Raih Penghargaan Top Official Store Award 2021". mediaindonesia.com. Diakses tanggal 2021-08-23.