Sogo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SOGO)
Logo Sogo Department Store.
Sogo Department Store di Kobe, Jepang.

Sogo Co., Ltd. (Jepang: 株式会社そごう) merupakan sebuah toserba berantai yang mengoperasikan sebuah jaringan ekstensif atas cabang-cabangnya, yang berpusat di Jepang. Sogo memiliki toko-toko di berbagai lokasi di beberapa negara seperti di Jakarta, Tangerang, Bandung, Surabaya, Medan, Samarinda, dan Bali di Indonesia, Beijing dan Hong Kong di Republik Rakyat Tiongkok, Taipei di Taiwan, Kuala Lumpur di Malaysia, Singapura, Bangkok di Thailand, dan London di Britania Raya, tetapi kebanyakan dari cabang-cabang internasional tersebut saat ini dikendalikan oleh waralaba independen. Di Indonesia, Sogo pertama kali hadir sejak 1990 dan dikelola oleh PT Panen Lestari Internusa yang merupakan anak perusahaan dari Mitra Adiperkasa sejak 2003.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sogo Department Store, di Hachiōji, Tokyo, Jepang.

Sogo didirikan pada tahun 1830 di Osaka, Jepang oleh Ihei Sogo sebagai seorang pengecer kimono yang telah terpakai.

Pada Juli 2000, perusahaan menghadapi kesulitan finansial, yang disebabkan oleh karena kebijakan investasi real estate yang sembrono dari mantan pimpinan, Hiroo Mizushima, dan keruntuhan haraga real estate sejak pertengahan 1980-an. Kelompok itu runtuh di bawah tumpukan hutang sebesar 17 miliar Dolar Amerika Serikat. Hutang tersebut terutama kepada Bank Industri Jepang.[1]

Sogo kemudian dibawa ke Pengadilan Negeri Osaka di bawa Rehabilitasi Hukum Sipil pada 12 Juli 2000. Hal ini menyebabkan mereka harus melepaskan diri dari lini usaha yang tidak menghasilkan keuntungan, dan juga aset – aset berharga, seperti beberapa toko di Jepang, termasuk yang berada di luar negeri, yakni Singapura, Kuala Lumpur, Hong Kong, dan Taipei.

Di luar negeri, toko Sogo mampu selamat di bawah waralaba independen, di mana perusahaan Jepang juga telah berhasil meningkatkan modal mereka.

Di Jepang, Sogo saat ini merupakan anak perusahaan dari Millennium Retailing.

Cabang di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Cabang Sogo di Kota Kasablanka, Jakarta
Cabang Sogo di Kota Kasablanka, Jakarta

Cabang Sogo Department Store di Indonesia yang sudah tidak beroperasi lagi[sunting | sunting sumber]

Kota Lokasi Alamat
DKI Jakarta Plaza Indonesia Jl. M.H. Thamrin Kav. 28-30, Gondangdia, Jakarta Pusat
Tangerang Mall @ Alam Sutera Jl. Jalur Sutera Barat Kav. 16, Alam Sutera - Tangerang 15143.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]