SMS Schleswig-Holstein

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Schleswig-Holstein pada 1926.

Schleswig-Holstein adalah kapal perang Jerman yang bertempur dalam dua perang dunia. Tembakan dari kapal ini ke pangkalan Polandia di Westerplatte pada 1 September 1939, dikatakan sebagai tembakan pertama dalam Perang Dunia II.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMS Schleswig-Holstein adalah satu dari lima kapal perang pra-dreadnought, kelas Deutschland (harap tidak dibingungkan dengan nama kelas yang sama dari kapal perang poket), dinamai berdasarkan wilayah Jerman paling utara, Schleswig-Holstein. Kapal ini dibangun di Galangan Kapal Germania Werft di Kiel dan mulai bertugas di Kaiserliche Marine pada 6 Juli 1908.

Schleswig-Holstein terlibat dalam Perang Dunia I pada Pertempuran Jutland, di mana kapal ini tertembak satu kali oleh senjata skuadron tempur Inggris ke-2. Setelah perang, kapal ini adalah satu dari enam kapal perang tua Jerman yang diijinkan beroperasi. Di akhir proses modifikasi pada 1926, dua cerobong asapnya disatukan, menguranginya dari tiga menjadi dua. Dari 1926 hingga 1935 kapal ini menjadi kapal bendera angkatan laut Jerman. Pada 1936 Schleswig-Holstein diubah menjadi kapal latih.

Perang Dunia II[sunting | sunting sumber]

Meskipun termasuk tua pada saat pecahnya Perang Dunia II, kapal ini mengambil bagian dalam beberapa operasi. Pada akhir Agustus 1939, Schleswig-Holstein berlayar ke Danzig, dengan dalih kunjungan kehormatan, dan bersauh di selat dekat Westerplatte. Pada 1 September 1939, 04.45 pagi, Schleswig-Holstein mulai membombardir garnisun Polandia di Westerplatte – dan dapat dianggap sebagai tembakan pertama dalam PD II. Pertempuran Westerplatte berlangsung selama tujuh hari. Setelah jatuhnya Westerplatte, Schleswig-Holstein menyerang Gdynia, Kepa Oksywska, dan Semenanjung Hel.

Pada April 1940, Schleswig-Holstein ambil bagian dalam usaha pendudukan Denmark, dan kemudian kembali menjadi kapal latih dari 1941 hingga 1944, dan pada September 1944 menjadi kapal anti pesawat terbang. Pada 19 Desember 1944, di Gdynia, kapal ini terhantam oleh tiga bom yang dijatuhkan pesawat-pesawat Inggris, terbakar dan tenggelam sedalam 12 meter. Kapal kemudian dihancurkan lebih jauh oleh awaknya pada Maret, 1945. Setelah Perang Dunia II, kapal ini diangkat oleh Uni Soviet dan ditarik ke Tallinn dan dinamai kembali sebagai Borodino. Kapal kemudian diletakkan dekat Pulau Osmussaar di Laut Baltik pada 1948 dan digunakan sebagai kapal sasaran hingga 1960-an. Sisa-sisa kapal masih ada dan tempat tersebut dilindungi oleh Dewan Warisan Nasional Estonia sebagai benda bersejarah sejak 2006 [1].

Pranala luar[sunting | sunting sumber]