SMP Plus Airlangga Balikpapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMP Plus Airlangga Balikpapan
Informasi
Didirikan 19 April 1999
Moto School With Global Vision
Kepala Sekolah Drs. Poniman, MM
Alamat
Lokasi Jl. Letjend. S. Parman No. 14, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
Situs web http://www.smpplus.sch.id
Afiliasi Yayasan Airlangga
Moto

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMP Plus Airlangga berdiri 19 April 1999 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Airlangga No: 2435/12.6.2a/Ppe/1999.[1] Kenapa SMP Plus? Nama tersebut disandang sejak awal berdirinya sekolah ini. Diharapkan sesuai dengan namanya, ada nilai “plus” baik dari sistem pembelajaran, fasilitas, maupun program-program yang direncanakan. Maka ditetapkanlah sebuah moto, yaitu “School With Global Vision”. Dengan moto tersebut, diharapkan para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di SMP Plus Airlangga dapat dipersiapkan sebagai pribadi yang pada masa mendatang bisa memenuhi tuntutan global. Moto ini tidak hanya berlaku untuk siswa-siswi yang mengenyam pendidikan di SMP Plus Airlangga, tetapi tenaga pendidik dan kependidikan dipersiapkan juga untuk memenuhi tuntutan global, sehingga sekolah ini dapat memberikan manfaat dalam dunia pendidikan yang dewasa ini penuh dengan dinamika serta dapat mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Nama “plus” juga berawal dari pemikiran bahwa sekolah swasta harus memiliki daya saing tinggi. Asumsi pilihan pertama masyarakat dalam memasukkan anaknya ke sekolah tentu atas dasar biaya. Sekolah negeri menjadi pilihan utama karena tidak berbayar atau biaya rendah. Apalagi, kini sekolah-sekolah negeri banyak ditunjang fasilitas memadai, sehingga sekolah swasta bisa menjadi pilihan alternatif jika memiliki daya tarik dan kualitas/program yang lebih baik. Karenanya SMP Plus Airlangga ini memiliki program khusus yang berbeda dari sekolah reguler pada umumnya. Antara lain dengan menekankan pada pembangunan karakter anak didik (Character Building). Siswa tidak hanya diberi pengetahuan kognitif semata tapi juga digembleng untuk memiliki kecerdasan majemuk. Dengan begitu, akan memunculkan anak didik yang tidak hanya kaya otak tapi juga kaya hatinya.

Program Khusus[sunting | sunting sumber]

  • RELIGIOSITY
  • READING HABIT

Program Reading habit dilakukan setiap seminggu sekali pada hari yang telah dijadwalkan, yaitu Siswa diberi teks/bacaan, kemudian Siswa menuliskan kembali teks yang telah dibacanya pada kartu monitoring Reading Habit. Bacaan Reading Habit dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang diberikan secara bergantian.

  • LITERACY SCHOOL

Program Literacy School dilakukan 3 hari dalam seminggu, yaitu Selasa, Kamis dan Jumat, pada 20 menit jam terakhir. Siswa diwajibkan membaca buku/literatur yang telah disediakan oleh sekolah untuk dibaca, kemudian Siswa menulis sinopsis dari buku yang telah dibacanya.

  • PEMETAAN SISWA

Siswa dianalisa secara kognitif dari hasil ulangan harian, ulangan mid dan ulangan umum semester, untuk dipetakan dalam grade A (nilai 80–100), grade B (nilai tuntas – 80) dan grade C (nilai yang belum tuntas). Sehingga siswasiswa yang mempunyai grade C akan dibina/didampingi baik oleh guru bidang studi, tutorial sebaya oleh teman-teman yang Grade A dan B, juga dilakukan koordinasi dengan orang tua/wali siswa.

  • PAMERAN KARYA SISWA

Program ini dilakukan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu di akhir semester. Pelaksanaannya pada saat orang tua mengambil hasil evaluasi belajar (Raport) di akhir semester, maka diadakan juga Pameran Karya Siswa (PKS). Program ini sebagai sarana bagi Siswa mewujudkan hasil karya mereka selama satu semester ganjil dan satu semester genap. Hasil karya yang dipamerkan adalah hasil–hasil dari tugas semua mata pelajaran.

  • CHARACTER BUILDING
    • Penerapan DISIPLIN di berbagai aspek kegiatan sekolah
    • Pembentukan karakter Siswa dengan program Re-Treat/Asrama Kilat (2 hari 2 malam) bagi Siswa kelas IX, sebelum lulus sekolah

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Website Resmi". Diakses tanggal 2015-12-01.