SMP Negeri 17 Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMP Negeri 17 Bandung
Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Kota Bandung
Informasi
Jenis Sekolah Negeri
Akreditasi A
Nomor Pokok Sekolah Nasional 20219350
Rentang kelas VII, VIII, IX
Nilai masuk terendah 273,5 (2015)
Alamat
Lokasi Jalan Pacuan Kuda, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Bandung 40293, Jawa Barat,  Indonesia
Telp./Faks. +62-22-7275986

SMP Negeri 17 Bandung merupakan sekolah menengah pertama negeri yang berada di Kota BandungJawa BaratIndonesia. Berlokasi di Jalan Pacuan Kuda, Kelurahan Sukamiskin, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung[1]. Masa pendidikan di SMP Negeri 17 Bandung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas VII hingga kelas IX, seperti pada umumnya masa pendidikan sekolah menengah pertama di Indonesia.

Tidak jauh dari SMP Negeri 17 Bandung, terdapat pula SMP Negeri 8 Bandung yang beralamat di Jalan Alun-Alun Utara, Desa Cigending, Ujungberung, meskipun hanya berjarak beberapa ratus meter dan masih dalam kelurahan yang sama, kedua SMP negeri ini saling hidup rukun sebagai sekolah yang bertetangga dan dalam bidang prestasi pun kedua sekolah ini bersaing secara sehat. Bahkan tak jarang passing grade SMPN 17 masuk dalam jajaran 5 besar di Kota Bandung, semenjak dihapuskannya RSBI pada tahun 2013 dan kebijakan dinas pendidikan yang mengharuskan siswa memilih sekolah terdekat dengan alamat rumah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMPN 17 Bandung berdiri pada tahun 1975.

Cluster[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 17 Kota Bandung termasuk dalam kategori SMP Negeri Cluster 2.

Dalam setiap penerimaan siswa baru (PSB) di Kota Bandung baik itu SMP negeri maupun SMA negeri menggunakkan sistem cluster 1 hingga cluster 4, sedangkan SMK negeri tidak menggunakkan sistem cluster. Namun, sejak tahun ajaran 2011/2012 sekolah yang termasuk dalam kategori cluster 4 dinaikkan statusnya menjadi cluster 3. Begitu pula sekolah lain yang apabila telah memenuhi kriteria menjadi cluster 1 atau cluster 2 maka statusnya dinaikkan dari cluster sebelumnya, kecuali SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, SMP Negeri 13, SMA Negeri 3, SMA Negeri 5, dan SMA Negeri 8 yang statusnya telah RSBI. Setelah RSBI dihapus maka status keenam sekolah yang tersebut kembali dalam cluster 1.

Kelas[sunting | sunting sumber]

SMPN 17 Bandung memiliki 12 Kelas Dari A-L. Di setiap kelas terdapat 30-36 orang siswa, dengan fasilitas belajar yang memadai seperti meja, kursi, papan tulis, dan lain-lain.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMPN 17 Bandung memiliki berbagai macam ekskul, ekskul tersebut antara lain:

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMPN 17 Bandung untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Dan disana juga ada 2 taman yang indah dan cantik. Taman yang pertama tepat berada di depan ruang guru, dan taman satu lagi berada di depan ruang kesenian.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Referensi Data Sekolah". Diakses tanggal 16-01-2016.