SMP Negeri 12 Madiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMP Negeri 12 Madiun
Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Madiun
Informasi
Didirikan7 Oktober 1994 (umur 29)
JenisSMP
AkreditasiA
Nomor Pokok Sekolah Nasional20534163
Kepala SekolahSudjani
Jumlah kelas24
Rentang kelasVII, VIII, IX
KurikulumKTSP, K13
Jumlah siswa582 (2022)
StatusNegeri
Alamat
LokasiJl. Yos Sudarso No. 87, Madiun, Jawa Timur, IndonesiaIndonesia
Tel./Faks.(0351) 462641
Koordinat7 36’47”LS 111 31’36”BT
Situs webspendasmadiun.sch.id
Moto
MotoPrestasi, Trampil

SMP Negeri 12 Madiun merupakan sekolah menengah pertama negeri yang berada di Kota Madiun, Jawa Timur, Indonesia. Berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 87, Kelurahan Madiun Lor, Kecamatan Manguharjo. Masa pendidikan di SMP Negeri 12 Madiun ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas VII hingga kelas IX, seperti pada umumnya masa pendidikan sekolah menengah pertama di Indonesia

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMPN 12 Madiun dahulu dikenal sebagai Sekolah Teknik sekrang setara SMP , sekarang menjadi SMPN 12 MADIUN. Sekolah ini dahulu menjadi basis Pelajar-Pelajar Pembrani yang tergabung dalam TGP (Tentara Genie Peladjar) Brigade XVII. Pada tahun 1946 militer melakukan perekrutan terhadap para peladjar di SMPN ini, perekrutan ini untuk mempertahankan wilayah Negara ini. Yang ketika akan habis dikuasai oleh belanda (pada waktu itu Surabaya dan Jakarta telah jatuh di tangan belanda).

TNI waktu itu berhasil merekrut 98 orang peladjar Sekolah Teknik (ST). Pelajar-pelajar ini dikirim di berbagai daerah seperti Saradan, Ponorogo, Ngawi, Pati,Grobogan dan daerah yang rawan konflik lainya. Dan pertempuran melawan Belanda itu menewaskan 36 prajurit TGP dan mereka meninggal di tempat yang berbeda beda seperti Ngawi, Pati, Saradan dll. #Peristiwa disekitar kemerdekaan Indonesia.

Monument di SMPN 12 MADIUN ini sekarang tinggal kenangan, tinggal sejarah dan kisah perjuangan TGP sedikit demi sedikit mulai hilang dan banyak dari generasi muda yang tidak mengetahui kisah di balik monument yang ada di SMPN 12 MADIUN.

Profil[sunting | sunting sumber]

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 12 Madiun merupakan alih fungsi dari Sekolah Teknik (ST) memiliki 2 lokasi, di Jl. Yos Sudarso no: 87 dan Jl Jawa no : 4.Sejak tahun 1994 terjadi alih fungsi dari ST menjadi SMP yaitu SMP Negeri 12 Madiun. Mulai tahun 2016 SMP yang terletak dijalan jawa pindah jadi satu di jalan Yos Sudarso. SMP Negeri 12 Madiun terletak dipinggir kota Madiun sebelah utara, tiga kilo meter (3 km) dari pusat kota. Tepatnya di Jalan Yos Sudarso 87, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Madiun. Di sebelah Barat terdapat kantor dan asrama polisi , di sebelah Timur terdapat Depo Pertamina wilayah eks karesidenan Madiun, di sebelah Utara terdapat kantor pajak dan pabrik gula, serta di sebelah Selatan terdapat lingkungan perumahan dan kantor PT. INKA.

Letak geografis[sunting | sunting sumber]

Sesuai dengan letak geografis sekolah yang berbatasan dengan wilayah kabupaten, maka profesi orang tua/ wali murid juga variatif. Ada yang berprofesi sebagai anggota TNI/Polri, PNS, petani, buruh, dan wiraswasta. Sehingga kondisi sosial ekonomi orangtua/ wali murid rata-rata berpenghasilan menengah kebawah sehingga tingkat partisipasi/daya dukung masyarakat terhadap sekolah masih belum maksimal.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Situasi keamanan sangat mendukung karena selain pagar keliling yang mengelilingi sekolah juga didukung oleh adanya kantor dan perumahan polisi yang berada didepan sekolah. Sehingga pemantauan keamanan boleh dikatakan nonstop, sehingga proses pembelajaran berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]