SMP Negeri 12 Bandung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMP Negeri 12 Bandung
Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Kota Bandung
Lambang SMP Negeri 12 Bandung
Informasi
Didirikan 1966
Jenis Negeri
Akreditasi A
Nomor Pokok Sekolah Nasional 20219330
Kepala Sekolah Tata Santa, S.Pd.
Rentang kelas VII, VIII, IX
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status Sekolah Standar Nasional
Nilai masuk terendah 267 (2015)
Alamat
Lokasi Jalan Dr. Setiabudhi No.195, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Bandung 40153, Jawa Barat, Bendera Indonesia Indonesia
Telp./Faks. Telp. +62-22-2013947
Fax. +62-22-2013947

SMP Negeri 12 Bandung merupakan sekolah menengah pertama negeri yang berada di Kota BandungJawa BaratIndonesia. Berlokasi di Jalan Dr. Setiabudhi No.195, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung[1]. Masa pendidikan di SMP Negeri 12 Bandung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas VII hingga kelas IX, seperti pada umumnya masa pendidikan sekolah menengah pertama di Indonesia.

Tidak jauh dari SMP Negeri 12 Bandung, terdapat pula SMP Negeri 15 Bandung yang beralamat di Jalan Dr. Setiabudhi No.89, meskipun hanya berjarak beberapa ratus meter dan masih dalam kelurahan yang sama, kedua SMP negeri ini saling hidup rukun sebagai sekolah yang bertetangga dan dalam bidang prestasi pun kedua sekolah ini bersaing secara sehat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 12 Bandung merupakan salah satusekolah menengah yang berada di kota Bandung. Sekolah ini mulai didirikan pada tahun 1965-1966 oleh Prof. Engkoswara yang kemudian menjadi kepala sekolah pertama SMPN 12 Bandung.

Pada awalnya SMP 12 merupakan sebuah panti jompo peninggalan pemerintah Hindia-Belanda. Pada tahun 1965, KAPPI/KAMI merebut gedung tersebut dari tangan orang-orang cina. Hal ini dapat dimaklumi karena kondisi politik Indonesia pada masa itu sangat dipengaruhi oleh isu anti-Cina. Masyarakat pribumi menilai bahwa kesengsaraan yang dialami oleh bangsa Indonesia dipengaruhi oleh orang-orang Cina yang tinggal di Indonesia.

Pada masa itu, perekonomian Indonesia sebagian besar dipegang oleh para pedagang Cina. Masyarakat pribumi hanya bermata pencahrian sebagai petani dan buruh. Mereka tidak dapat bersaing dengan para pengusaha Cina. Oleh karena itu, KAPPI/KAMI merebut sebuah panti jompo yang berada di kawasan Jalan Setiabudi Atas (dekat vila Isola/UPI)yang notabene sebagian besar penghuninya adalah orang-orang Cina dan Belanda. Pihak Pemkot Bandung kemudian membuat kebijakan untuk memindahkan SMP 12 dari Gegerkalong Girang ke Jalan Setiabudhi Atas, bangunan bekas panti jompo peninggalan Belanda. Maka pada tanggal 08 September 1966 SMP 12 resmi berdiri berdasarkan No. SK. Pendirian : 101/SK/B/III/05/1966

Cluster[sunting | sunting sumber]

SMP Negeri 12 Kota Bandung termasuk dalam kategori SMP Negeri Cluster 1.

Dalam setiap penerimaan siswa baru (PSB) di Kota Bandung baik itu SMP negeri maupun SMA negeri menggunakkan sistem cluster 1 hingga cluster 4, sedangkan SMK negeri tidak menggunakkan sistem cluster. Namun, sejak tahun ajaran 2011/2012 sekolah yang termasuk dalam kategori cluster 4 dinaikkan statusnya menjadi cluster 3. Begitu pula sekolah lain yang apabila telah memenuhi kriteria menjadi cluster 1 atau cluster 2 maka statusnya dinaikkan dari cluster sebelumnya, kecuali SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, SMP Negeri 13, SMA Negeri 3, SMA Negeri 5, dan SMA Negeri 8 yang statusnya telah RSBI. Setelah RSBI dihapus maka status keenam sekolah yang tersebut kembali dalam cluster 1.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMPN 12 Bandung untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa ekstakurikuler yang ada di SMPN 12 Bandung antara lain:

  • Basket
  • English Club
  • Futsal
  • KIR (Astronomi dan Fisika)
  • Paduan Suara
  • PMR
  • Pramuka
  • Pasuspara (Paskibra)
  • Pencak Silat
  • Terminal (Theater)
  • Taekwondo

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Referensi Data Sekolah". Diakses tanggal 16-01-2016.