SMP Muhammadiyah 1 Makassar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Artikel ini adalah bagian dari seri
Pendidikan di Indonesia
Logo of Ministry of Education and Culture of Republic of Indonesia.svg
Pendidikan anak usia dini

Taman kanak-kanak
Raudatul athfal
Kelompok bermain

Pendidikan dasar (Kelas 1-6)

Sekolah dasar
Madrasah ibtidaiyah
Kelompok belajar Paket A

Pendidikan dasar (Kelas 7-9)

Sekolah menengah pertama
Madrasah tsanawiyah
Kelompok belajar Paket B

Pendidikan menengah (Kelas 10-12)

Sekolah menengah atas
Sekolah menengah kejuruan
Madrasah aliyah
Madrasah aliyah kejuruan
Kelompok belajar Paket C

Pendidikan tinggi

Perguruan tinggi
Akademi
Institut
Politeknik
Sekolah tinggi
Universitas

SMP Muhammadiyah Satu atau yang lebih dikenal akronimnya 'SPEMSA' berdiri sejak tahun 1948 beralamat di Jl. Muhammadiyah dan kini pindah di Jalan Urip Sumoharjo Lr. 81/12. Sejak tahun 50-an sekolah ini terkenal dengan nama "SMP Muhammadiyah Bersubsidi". Setelah berlaku sistem akreditasi tahun 1985, sekolah ini berubah status menjadi "SMP Muhammadiyah 1 Disamakan". Dengan status tersebut, pemerintah mempercayakan menjadi Ketua Sub. Rayon/ Koordinator EBTANAS / UAN sejak tahun 1988 sampai tahun pelajaran 2007 / 2008, yang mewadahi 13 SMP Swasata, namun pada tahun 2008 / 2009 tidak menjadi lagi Ketua Subra karena kebijakan dari pemerintah bahwa Sekolah negeri yang diprioritaskan sebagai ketua Subra. Kini SMP Muhammadiyah 1 berstatus Akreditasi Type 'A' setara dengan 11 SMP Negeri di Kota Makassar.

Sekolah yang sudah berusia 57 tahun ini tetap diminati masyarakat hingga hari ini, karena kualitas dan pendidikan agamanya yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat, sehingga sejumlah alumninya memilih memasukkan anak atau cucunya di sekolah ini. Tidak heran jika sekolah ini dipadati pendaftar setiap tahun.

Program Unggulan[sunting | sunting sumber]

1. Peningkatan kualitas imtak dan akhlak mulia, dengan menekankan pada pembinaan ketertiban salat lima waktu dan salat jamaah, kelancaran membaca Al-Qur’an, kedisiplinan, sopan santun, kejujuran, ukhuwah dan kepedulian sosial serta kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

2. Peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran siswa aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dengan pendekatan koperatif, CTL, dan lifeskill, yang ditunjang media pembelajaran modern (OHP, VCD, computer + internet (Wifi-Wireless), dan proyektor). Untuk itu disediakan Ruang Multimedia dan tiap kelas dilengkapi TV 21” dan VCD/DVD player.

3. Peningkatan manajemen dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dengan memanfaatkan ICT dalam pengelolaan administrasi dan pembelajaran.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

SMP Muhammadiyah 1 telah meraih cukup banyak prestasi akademik maupun nonakademik, di antaranya: 1. Juara III Quiz ASEAN tahun 2007 yang dikuti 10 SMP terfavorit di Makassar 2. Juara I Paskibra se Kodam VII Wirabuana. 3. Jura umum lomba keterampilan agama tingkat Kota Mks. 4. Juara III MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 5. Juara II Liga Pendidikan Se Kota Makassar tahun 2010

  • Isi daftar

Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki siswa, yang dapat dipilih sesuai bakat dan kesanggupan siswa, yang meliputi: TPA (dasar dan lanjutan), Komputer, Pramuka / HW, Olah Raga, Kesenian, Keterampilan, Seni Beladiri (Tapak Suci), TC IPM / OSIS, KIR, PMR, Mading, Paskibra dan sebagainya, Selain itu ada juga program akselerasi untuk siswa yang berbakat dalam mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Inggris serta pembinaan olahraga prestasi (seperti Futsal, Bulutangkis dsb).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]