SMK Sakti Gemolong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMK SAKTI GEMOLONG
Informasi
Didirikan 1974
Jenis Kejuruan
Akreditasi SK Dikmenjur No.2835/C5.4/MN/2006
Khusus untuk Program Keahlian Teknik Mesin Perkakas
Kepala Sekolah Drs. Suyono, M.Pd.
Jumlah kelas X, XI, XII
Program/jurusan/
peminatan
Teknik Konstruksi Bangunan (TKB), Teknik Mesin Perkakas (TMP), Teknik Otomotif Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Auto Body Repair (TBR)
Rentang kelas X, XI, XII
Jumlah siswa ± 2100
Status Disamakan
Alamat
Lokasi Jl. Sukowati km.1 Gemolong-Sragen, Gemolong, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Indonesia
Tel./Faks. (0271) 6811607
Koordinat -7.399241,110.837348 (On Google Maps)
Situs web http://www.smksakti.sch.id
Kampus Kampus 1 & 2
Moto
Moto SMK BISA, SMK SAKTI LUAR BIASA

SMK SAKTI GEMOLONG adalah sebuah sekolah Kejuruan swasta di Gemolong Kabupaten Sragen.

Tepatnya di Desa Klentang arah ke Sragen. Pada tahun 1974 berdirilah sebuah Sekolah Teknik Mesin (STM) yaitu STM Sakti Gemolong, dibawah naungan Yayasan Teknologi Pendidikan Gemolong yang saat itu di ketuai oleh Bapak Suparlan, dengan membuka jurusan Teknik Bangunan Gedung. Pada tahun pertama jumlah muridnya ada 33 siswa, dengan Kepala Sekolah pertama kali adalah Bapak Sumardi, BA, dengan kondisi gedung sekolah yang masih berpindah – pindah. Pada tahun 1976 terjadi pergantian Kepala Sekolah, yaitu dari Bapak Sumardi BA diganti oleh Bapak Temu Rahmadi, BSc.


Lambat laun sekolah ini semakin berkembang, dan sampai saat ini SMK Sakti Gemolong memiliki 5 Program Keahlian yaitu Teknik Mekanik otomotif, Teknik Mesin Perkakas, Teknik Kontruksi Bangunan, Teknik Informatika ( yang baru diluncurkan pada tahun ajaran 2008/2009) dan Teknik Auto Body Repair (yang baru dibuka tahun 2015) dengan jumlah siswa lebih dari 2100 siswa. Khusus untuk Program Keahlian Teknik Mesin Perkakas sesuai dengan SK Dikmenjur No. 2835/ C 5. 4 / MN / 2006 ditetapkan sebagai sekolah yang dipersiapkan sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dengan manajemen mutu SMM ISO 9001:2000. Visi SMK Sakti Gemolong adalah Menjadi SMK berstandar Internasional yang unggul dan kompeten dibidang keahlian Mesin dan bangunan, dilandasi Iman dan Takwa, serta menghasilkan tamatan yang mampu bersaing diera global dan Misi SMK Sakti Gemolong yaitu Memberikan layanan bagi siswa dan masyarakat melalui diklat keahlian Mesin dan Bangunan berbasis kopetensi berstandar Internasional dan manejemen mutu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1974 berdirilah sebuah Sekolah Teknik Mesin (STM) yaitu STM Sakti Gemolong, dibawah naungan Yayasan Teknologi Pendidikan Gemolong yang saat itu di ketuai oleh Bapak Suparlan, dengan membuka jurusan Teknik Bangunan Gedung.

Pada tahun pertama jumlah muridnya ada 33 siswa, dengan Kepala Sekolah pertama kali adalah Bapak Sumardi, BA, dengan kondisi gedung sekolah yang masih berpindah - pindah.

Pada tahun 1976 terjadi pergantian Kepala Sekolah, yaitu dari Bapak Sumardi BA diganti oleh Bapak Temu Rahmadi, BSc.


Lambat laun sekolah ini semakin berkembang, dan sampai saat ini SMK Sakti Gemolong memiliki 4 Program Keahlian yaitu Teknik Mekanik otomotif, Teknik Mesin Perkakas, Teknik Kontruksi Bangunan dan Teknik Informatika ( yang baru diluncurkan pada tahun ajaran 2008/2009) dengan jumlah siswa lebih dari 1000 siswa. Khusus untuk Program Keahlian Teknik Mesin Perkakas sesuai dengan SK Dikmenjur No. 2835/ C 5. 4 / MN / 2006 ditetapkan sebagai sekolah yang dipersiapkan sebagai Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dengan manajemen mutu SMM ISO 9001:2000. Visi SMK Sakti Gemolong adalah Menjadi SMK berstandar Internasional yang unggul dan kompeten dibidang keahlian Mesin dan bangunan, dilandasi Iman dan Takwa, serta menghasilkan tamatan yang mampu bersaing diera global dan Misi SMK Sakti Gemolong yaitu Memberikan layanan bagi siswa dan masyarakat melalui diklat keahlian Mesin dan Bangunan berbasis kopetensi berstandar Internasional dan manejemen mutu.