SMK Negeri 2 Slawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
SMK Negeri 2 Slawi

STM PERTANIAN NEGERI (PERNEX)

Didirikan : 3 Januari 1969
Jenis : Kejuruan
Kepala Sekolah : Imron Effendi

Status : Negeri

Jumlah Jurusan : 6

Alamat :

Kampus Procot Jln. A. Yani Kotak Pos 2 Slawi - Tegal Telp/Fax . (0283) 491284

situs: www.smkn2slawi.com

smkn2slawi

SMK Negeri 2 Slawi adalah sebuah sekolah menengah kejuruan di Slawi, Kabupaten Tegal, provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah Perkembangan UPTD SMK Negeri 2 Slawi[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 2 Slawi didirikan pada tahun 1969, satu-satunya SMK bidang pertanian yang ada di Kabupaten Tegal, yang terletak tidak jauh dengan pusat kota Slawi, berada di jalur Negara antara Tegal dan Purwokerto. Dikelilingi oleh 4 wilayah Kabupaten/kota yaitu sebelah timur oleh Kabupaten Brebes, sebelah utara oleh Kabupaten Banyumas.

Atas pertimbangan tersebut diatas, yang didukung oleh pemerintah setempat dan pusat maka didirikan SMK bidang pertanian, dengan harapan dapat memfasilitasi dan terselenggara pendidikan kejuruan pertanian yang dapat mewadahi minat siswa dan orang di wilayah-wilayah tersebut diatas.

Kebijakan Mutu[sunting | sunting sumber]

Sekolah sebagai penyelenggara Pendidikan Menengah Kejuruan, sebagai diharapkan oleh pemerintah dan masyarakat berupaya dan bertekad menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi lapangan kerja yang tersedia di tingkat regional, nasional dan internasional.

Sekolah bertekad memenuhi peryaratan stakeholders dengan bekerja keras untuk membentuk sumberdaya atau lulusan yang PINTER, PRIGEL tur BENER dadi ANDEL yaitu :

Pinter : Pintar, cerdas, mempunyai daya nalar tinggi atau menguasai secara cognitive.

Prigel : Terampil, cekatan, mempunyai kompetensi produktif atau menguasai secara psikomotorik.

Bener : Benar secara normatif, benar menurut hukkum baik hokum positif dan hokum agama.

Andel : Andel atau handal. Handal akan sesuatu yang dibanggakan karena dapat menyelesaikan masalah.

Mengingat tuntutan pemerintah, masyarakat dan pihak-pihak yang terkait untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan stakeholder, UPTD SMK Negeri 2 Slawi selalu meningkatkan mutu dengan perbaikan berkelanjutan berdasarkan standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

1. Agribisnis Produksi Tanaman

2. Agribisnis Produksi Ternak

3. Agribisnis Hasil Pertanian

4. Mekanisasi Pertanian

5. Teknik Otomotif

6. Teknik Mesin

Profil Program Studi Keahlian[sunting | sunting sumber]

Agribisnis Produksi Ternak[sunting | sunting sumber]

I. Pembelajaran

Mengoperasikan Peralatan Agribisnis Ternak Unggas.Merancang Kandang dan Peralatan, Membuat Formulasi Pakan, Membuat Pakan, Mengoperasikan Kendaraan Farm, Mengelola Ayam Jantan Petelur, Menetaskan Telur, Memelihara Unggas Petelur, Memelihara Induk, Mengelola limbah Ternak, Menentukan Kelayakan Usaha, Memelihara Unggas Pedaging, Melaksanakan Pencegahan Penyakit, Merawat Ternak Sakit,Memasarkan Hasil Ternak.

II. Fasilitas

1. Kandang Ayam Pedaging Kapasitas 5000 ekor

2. Peralatan Kandang meliputi ( Pemanas Gasolic, Tempat Minum ( Otomatis dan Manual) Tempat Pakan ( Baby Chick,Feeder Tray, Tabung) ,

3. 4 unit Alat Vaksin Suntik),

4. 2 disetting Set

5. Mesin Pencabut Bulu

6. Freezer.

7. Mesin Tetas 5 unit,

8. Mesin Pellet,

9. Mesin Penggiling ,

III. Penyalur Tenaga kerja

1. PT. Medion Bandung,

2. PT. Cemara Sewu (PT Genoa) Tegal,

3. PT. KJS (Karya Jaya Santosa) Tegal,

4. PS. Semar Jatibarang Brebes,

5. PS. Citra Tegal,

(100 % lulusan terserap di industri) dan Beberapa lulusan diterima diperguruan tinggi terkenal ( UGM, Unsoed, Unes)

IV. Prestasi Yang Telah Dicapai

1. Akreditasi A

2. Juara II LKS Tingkat Provinsi Jawa Tengan Tahun

3. Juara II LKS Tingkat Provinsi Jawa Tengan Tahun

4. Juara II LKS Tingkat Provinsi Jawa Tengan Tahun 2010

5. Juara I Lomba Guru SMK Berprestasi Tingkat Kabupaten Tegal Tahun 2015

Mekanisasi Pertanian[sunting | sunting sumber]

Mekanisasi Pertanian diartikan sebagai pengenalan dan penggunaan dari setiap bantuan yang bersifat mekanis untuk melangsungkan operasi pertanian. Bantuan yang bersifat mekanis tersebut termasuk semua jenis alat atau perlengkapan yang digerakkan oleh tenaga manusia, hewan, motor bakar, motor listrik, angin, air dan sumber energi lainnya.

Mekanisasi Pertanian dalam arti luas bertujuan untuk meningkatkan produktifitas tenaga kerja, meningkatkan produktifitas lahan dan menurunkan ongkos produksi pertanian.

Tujuan :

Menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap profesional, khususnya yang berkaitan dengan bidang mekanisasi pertanian Menyiapkan siswa agar mampu memilih karier, berkompetisi dan mampu mengembangkan diri, khususnya yang berkaitan dengan bidang mekanisasi pertanian Menyiapkan siswa untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri ( bekerja untuk dirinya sendiri ) atau untuk mengisi kebutuhan dunia kerja yang berkaitan dengan bidang mekanisasi pertanian, saat ini dan masa mendatang. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaptif dan kreatif khususnya yang berkaitan dengan bidang mekanisasi pertanian.

Fasilitas :

Program Studi Keahlian Mekanisasi Pertanian SMK Negeri 2 Slawi memiliki fasilitas praktik bengkel kerja bangku, bengkel las, bengkel mesin perkakas, bengkel perawatan dan perbaikan traktor, bengkel teknik tanah dan air, bengkel alat mesin pasca panen dan laboratorium pengolahan hasil pertanian, laboratorium surveying dan lahan pengolahan tanah baik lahan basah maupun lahan kering.

Teknik Otomotif[sunting | sunting sumber]

Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Teknik kendaraan ringan adalah kompetensi keahlian bidang teknik otomotif yang menekankan keahlian pada bidang penguasaan jasa perbaikan kendaraan ringan. Kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan jasa perawatan dan perbaikan di dunia usaha/industri.

Tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

Perawatan dan perbaikan motor otomotif Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga otomotif Perawatan dan perbaikan chasis otomotif Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan otomotif. Perawatan dan perbaikan sistem pengkondisi udara otomotif.

PELUANG KERJA & hubungan kerja sama :

AHM,ADM dan Toyota : Industri Esembling Auto Mobil Dan Sepeda Motor Bengkel Perawatan Dan Perbaikan Mobil Industri Pertambangan PT.Pama Persada, PT BUMA Wiraswasta

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Lokasi Kampus Procot :

Ruang Sari buah

Ruang Roti

Ruang Nata Decoco

Ruang Showroom

Ruang Perpustakaan

Lab. Komputer

Kampus Pagerbarang :

Ruang Mekanik Otomotif

Ruang Serelia

Ruang Pengasapan

Lab. Pengawasan Mutu

Lab. PHP

Lab. Fisika

Lab. Mikrobiologi

Lab. Agronomi

Lab. Peternakan

Bengkel Mekanisasi Pertanian

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Sekolah sebagai institusi pendidikan, sesungguhnya tidak hanya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan siswa dalam hal-hal yang sifatnya akademis, tetapi juga berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal-hal yang sifatnya non-akademis. Pada tataran non-akademis inilah, sekolah harus memberikan tempat bagi tumbuh-kembangnya beragam bakat dan kreativitas. Hal itu bertujuan untuk menjadi siswa bukan hanya sebagai manusia yang memiliki kebebasan berkreasi, tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik.

SMK Negeri 2 Slawi, sebagai lembaga pendidikan, menyadari pentingnya hal tersebut. Salah satu aktualisasinya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) dengan tujuan pengembanganbakat, minat, serta kreativitas yang dimiliki siswa. Pada kegiatan ekskul inilah siswa diarahkan untuk dapat memahami dan mengembangkan bakat serta kemampuannya sehingga dapat menciptakan individu yang berkarakter dan mampu mengembangkan diri sesuai keminatannya.

Selain sebagai penunjang materi kurikulum, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa, sekaligus untuk mengisi waktu luang mereka. Kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan kepada siswa berjumlah 20 jenis, yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu:

Bidang Keilmuan dan Keterampilan

Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menjawab pikiran kritis siswa (rasa keingintahuan siswa dalam bidang-bidang tertentu)

Bidang Kesenian

Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan untuk menyalurkan bakat, minat, jiwa seni dan kreativitas

Bidang Olahraga

Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan untuk mengembangkanhobi serta bakat yang dimiliki siswa, juga untuk mengukur kemampuan siswa di bidang olahraga.

Tempat pelaksanaan kegiatan ekskul, ada yang berada di lingkungan sekolah dan ada juga yang di luar sekolah. Nantinya kegiatan ekskul yang dilaksanakan di luar sekolah secara khusus adalah ekskul yang fasilitasnya tidak ada di sekolah, sepak bola dan lain-lain.

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler dipandu pelatih dari luar dan pembimbing dari guru SMK Negeri 2 Slawi. Tugas pembimbing adalah membimbing, membina, dan mengevaluasi ekskul yang dibinanya serta melaporkan perkembangan siswa yang mengikuti kegiatan ekskul kepada wali kelas. Kegiatan ekskul secara praktis dilakukan oleh siswa dengan pengajaran dan pembimbingan oleh pelatih ekskul yang profesional dalam kebidangannya

Pada tahun Ajaran 2015-2016 siswa Kelas X diwajibkan untuk mengikuti ekskul Pramuka dan diizinkan untuk mengikuti ekskul yang lainnya.. Kegiatan ekskul, pada setiap siswa kelas XI dan XII dapat memilih untuk mengikuti paling sedikit satu kegiatan ekstrakurikuler.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]