SMKTI Airlangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMK TI Airlangga
Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi Airlangga Samarinda
Informasi
Didirikan 2001
Jenis Kejuruan
Akreditasi SK No. 4070/i26.2a/ppE/2001
Alamat
Lokasi , Kalimantan Timur, Indonesia
Moto

SMK TI (Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi) Airlangga Samarinda didirikan pada tahun 2001 dengan SK No. 4070/i26.2a/ppE/2001 dan NSS 32.2.16.60.03.102. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Airlangga yang berkantor pusat di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ada 2 SMK TI yang dikelola Yayasan Airlangga yang berlokasi di 2 kota yaitu Balikpapan dan Samarinda. Kedua sekolah ini adalah SMK TI pertama di Kalimantan Timur.

Sejarah SMK TI Airlangga Samarinda[sunting | sunting sumber]

SMK TI (Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi) Airlangga Samarinda didirikan pada tahun 2001 dengan SK No. 4070/i26.2a/ppE/2001 dan NSS 32.2.16.60.03.102. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Airlangga yang berkantor pusat di Balikpapan, Kalimantan Timur. Ada 2 SMK TI yang dikelola Yayasan Airlangga yang berlokasi di 2 kota yaitu Balikpapan dan Samarinda. Kedua sekolah ini adalah SMK TI pertama di Kalimantan Timur.

Siswa & Alumni[sunting | sunting sumber]

Lulusan pertama dilepas tahun 2004 berjumlah 55 orang. Tingkat kelulusan adalah 100%. Saat ini sebagian telah langsung bekerja di industri serta sebagian melanjutkan ke perguruan tinggi yang relevan dengan ilmu komputer baik di Kaltim maupun di luar daerah. Namun data lengkap tidak tersedia. Jumlah siswa meningkat 100% pada angkatan 2004/5 dari angkatan tahun 2003/4.

Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Sejak angkatan 2004/2005, SMK TI Airlangga mengadopsi Kurikulum 2004 yang jauh lebih tajam dan fokus dibanding kurikulum SMK sebelumnya. Ada 3 program keahlian yang dikembangkan di SMK TI Airlangga Samarinda, yaitu:

  • Multimedia (MM)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Pada saat didirikan, SMK TI Airlangga Samarinda memiliki 20 unit komputer Pentium 1 dan 2 disamping 5 unit untuk praktik bongkar pasang. Pada tahun 2003, terdapat tambahan 3 unit komputer Pentium 3. Akhirnya pada tahun 2004, ditambah lagi 1 laboratorium Multimedia dan Internet dengan 10 unit Pentium 4 yang terkoneksi 24 jam melalui AstiNet Telkom 128 Kbps. Seluruh fasilitas didanai sendiri, baru pada tahun 2005/2006 untuk pertama kalinya pemerintah membantu melalui dana School Grant berjumlah Rp 35 juta yang sebagian besar diperuntukkan bagi training guru.

Pada jam sekolah semua fasilitas dapat digunakan gratis, namun di luar jam sekolah lab Internet dijadikan warung Internet yang terbuka untuk umum. Dibuka juga program-program kursus singkat sesuai kebutuhan masyarakat umum, pengajar berasal dari para Instruktur dan Alumni serta Siswa berprestasi. Lihat foto-foto kegiatan di lab kami disini.

Pada awal tahun 2007, perkembangan teknologi semakin pesat. Lab komputer SMK TI Airlangga mengganti koneksi ke Internet menggunakan Telkom Speedy dengan kecepatan akses 384 Kbps. Juga mulai diperkenalkan teknologi WiFi dan seluruh area sekolah menjadi satu hotspot. Setiap hari Sabtu malam, fasilitas ini dipakai untuk publik dalam acara rutin SCCN (Samarinda Cyber Community Night) yang merupakan forum sharing bagi komunitas TI di Samarinda.

Praktik Kerja[sunting | sunting sumber]

Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) dilakukan pada semester 4 selama 4 bulan di perusahaan-perusahaan komputer sekitar Samarinda. Telah ada kesepakatan yang masih bersifat informal antara sekolah dengan APKOMINDO (Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia) Samarinda dalam penyaluran siswa untuk melakukan PRAKERIN. Penempatan siswa untuk PRAKERIN dilakukan secara ketat agar siswa hanya ditempatkan pada lokasi yang benar-benar relevan dengan teknologi informasi.

Sejak tahun 2006, tempat PRAKERIN diperluas tidak hanya di dalam wilayah Kalimantan Timur, namun juga di perusahaan-perusahaan skala internasional di Jakarta dan Bandung. Bagi siswa-siswa yang mampu dari segi kompetensi dan finansial, mereka dapat memilih untuk melaksanakan PKL di lokasi yang lebih jauh. Kami hanya memilih perusahaan yang benar-benar berkualitas untuk siswa kami. Kedepan diharapkan PRAKERIN juga akan dilakukan di perusahaan di luar negeri. Klik lihat berita pengiriman Siswa PRAKERIN dan berita keberangkatan Siswa PRAKERIN ke Jakarta dan Bandung.

Sejarah dan Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Disamping fokus ke pelajaran, sekolah kami juga mendorong sepenuhnya bakat dan minat para siswa di bidang lain. Kegiatan ekskul diarahkan untuk memberikan pengalaman kepada siswa untuk mencoba hal-hal baru dan berinteraksi dengan masyarakat baik melalui lomba-lomba maupun kegiatan sosial lainnya.

Ekskul yang berjalan antara lain klub sepak bola dan futsal yang memiliki pelatih dan lapangan latihan khusus di luar sekolah. Tim berlatih secara sistematis secara berkala dan mengikuti pertandingan-pertandingan di lingkup kota Samarinda. Prestasi tertinggi adalah Juara 4 Kompetisi Futsal antar SMA se-Samarinda 2006.

Kegiatan yang membanggakan lainnya adalah modern dance yang menyandang nama Airlangga Cyber Dance. Digerakkan oleh beberapa siswa yang berkemampuan tinggi di bidang ini, antara lain Rusyadi "Emon" Syakir (Angkatan 2004), Airlangga Cyber Dance telah mencatatkan prestasi gemilang dan sangat dikenal di kalangan seni Samarinda.

Kegiatan keagamaan juga berlangsung secara reguler. Tim Rohis untuk agama Islam secara berkala menyelenggarakan kegiatan-kegiatan terutama pada saat hari-hari besar Islam. Tim siswa Kristen/Katolik juga sangat aktif terlibat dalam kegiatan keagamaan antar SMK se-Samarinda. Kegiatan keagamaan dibimbing langsung oleh guru-guru agama dari sekolah.

Ekskul lain yang juga bejalan seperti baris-berbaris, basket 3 on 3, majalah dinding, pentas seni dan banyak lainnya. Kegiatan ekskul sangat didukung oleh sekolah dengan disesuaikan dengan minat dan bakat siswa.

Kegiatan lain[sunting | sunting sumber]

Sebagai yang pertama di Kalimanan Timur, SMK TI Airlangga Samarinda terlibat aktif dalam mendirikan Forum SMK TI Kalimantan Timur pada tahun 2003. Forum ini telah berhasil menjalankan beberapa kegiatan dalam mendukung pengembangan teknologi informasi di Kalimantan Timur. Disamping itu sekolah kami juga terlibat dalam banyak kegiatan TI seputar Kaltim yang disponsori para vendor TI ternama seperti Microsoft, ECS, Intel, dll. Kerjasama selalu bersifat saling menguntungkan dan bertujuan mendekatkan SMK-TI Airlangga dengan dunia industri.

Kedekatan sekolah dengan perguruan tinggi bidang teknologi informasi juga selalu dibina. Kebetulan salah satu pionir sekolah tinggi komputer di Kaltim yaitu STMIK Balikpapan juga berada dibawah satu payung yaitu dibawah Yayasan Airlangga. Kerjasama kami juga sangat erat dengan perguruan tinggi lain seperti Prodi Ilmu Komputer MIPA Universitas Mulawarman, Politeknik Negeri Samarinda, STMIK Widya Cipta Dharma, STMIK SPB Airlangga Samarinda, STMIK Samarinda, dll.

Prestasi SMK TI Airlangga Samarinda[sunting | sunting sumber]

  1. Juara 2 Nasional 2005
  2. Juara 3 Nasional 2006
  3. Juara 4 Nasional 2004
  4. Juara 1 Kaltim 2004,2005,2006,2007 di LKS (Lomba Kompetensi Siswa) SMK Bidang Teknologi Informasi.
  5. 10 Nominasi Terbaik Festival Film Dokumenter 2006 di Yogyakarta.
  6. 7 besar finalis Bubu Awards 2005, kompetisi nasional desain website.
  7. 16 Besar Finalis Lomba Website Sekolah Nasional 2006 (Depdiknas Pusat).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]