SMA Taruna Nusantara Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara Magelang
LOGO SMA TARUNA NUSANTARA.png
Informasi
Didirikan14 Juli 1990
JenisSekolah Berasrama Penuh
AkreditasiA
Nomor Statistik Sekolah384030810043
Kepala SekolahMayjen TNI (Purn.) Tono Suratman
Jumlah kelasX MIPA: 12 kelas, XI MIPA: 11 kelas, XI IPS: 1 kelas, XII MIPA: 10 kelas, XII IPS: 2 kelas
KurikulumKurikulum 2013 & Kurikulum Khusus
Jumlah siswaIPA dan IPS (1147)
StatusSwasta
Alamat
LokasiJalan Raya Purworejo Km. 5, Banyurojo, Mertoyudan 56172, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,  Indonesia
Tel./Faks.+62-293-364195
Fax: +62-293-364047
Koordinat7°30′58″S 110°11′53″E / 7.516245°S 110.197971°E / -7.516245; 110.197971
Situs webtarunanusantara.sch.id
Lain-lain
Lulusan8.000-an
Moto
MotoSatu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa

SMA Taruna Nusantara (biasa juga disebut Tarnus atau TN) adalah sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama penuh yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

"Taruna Nusantara" berasal dari dua kata, yaitu "Taruna" yang diserap dari bahasa Pali yang berarti muda,[1] dan Nusantara, yang memiliki arti sebagai Sekolah menengah atas para pemuda nusantara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ide pembuatan sekolah menengah atas berbasis semi-militer ini dicetuskan oleh Menteri Pertahanan dan Keamanan saat itu, Jenderal LB Moerdani pada tanggal 20 Mei 1985 di Pendopo Agung Taman Siswa Yogyakarta. Ia memiliki visi luhur yakni untuk membangun sekolah yang mendidik manusia-manusia terbaik dari seluruh Indonesia dan menghasilkan lulusan yang dapat melanjutkan cita-cita para Proklamator. Ide ini kemudian ditindaklanjuti dengan nota kesepakatan antara ABRI dan Taman Siswa, yang merupakan organisasi kependidikan pertama di Indonesia, untuk membuat suatu lembaga bernama Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN). Lembaga inilah yang menjadi kristalisasi dari visi Jenderal Moerdani yang selanjutnya mengawasi proses pelaksanaan SMA TN.

SMA TN diresmikan oleh Pangab (Panglima Angkatan Bersenjata) saat itu, Jenderal Try Sutrisno, pada tanggal 14 Juli 1990. Kampus yang menempati lahan seluas 18,5 hektar dan terdiri dari kelas, asrama siswa, dan komplek perumahan pamong (guru) berdiri di atas tanah milik Akademi Militer. Selama enam tahun pertama, SMA TN hanya menerima laki-laki sebagai siswanya dengan jumlah sekitar 245 orang per angkatan. Namun mulai tahun 1996, LPTTN membuat kebijakan baru dengan menerima angkatan putri pertama sebanyak 70 orang. Untuk mengakomodasi perubahan ini, area sekolah ini pun diperluas menjadi 23 hektar.

Untuk menarik pemuda-pemudi terbaik dari seluruh strata sosial, LPTTN menawarkan beasiswa penuh kepada pelajar yang diterima dengan dukungan dana dari ABRI yang saat itu mempunyai latar belakang politik dan keuangan yang kuat. Para tenaga pengajar (pamong) juga mendapat gaji yang di atas rata-rata serta fasillitas lain seperti sekolah lanjutan S2/S3 dan rumah dinas. Namun, setelah krisis ekonomi dan perubahan politik pada tahun 1997, LPTTN mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 menghentikan kebijakan beasiswa penuh bagi para siswa. Sekarang, pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan tetap mendapatkan beasiswa yang bersumber dari donatur individu, perusahaan, maupun pemerintah daerah.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Kegiatan ekstrakurikuler

  1. Olahraga bela diri: Karate, Pencak Silat, Taekwondo
  2. Olahraga lain: Renang, Tenis, Bulu tangkis, Sepak bola, Atletik, Basket, Tenis Meja, Voli, Takraw, Panjat Tebing
  3. Seni: Marching Band (GBNMB), Paduan Suara (Nusantara Voice), Teater Taruna Nusantara (Tetanus), Gendang Rampak, Tari dan Karawitan, Band (Dream Band), Buletin Prasasti, Pembawa acara (Dragon Voice), Tari Modern (Eternite)
  4. Lain: Pramuka, Palang Merah Remaja

Selain ekstrakurikuler di atas, terdapat juga beberapa tim siswa:

  1. Tim Dekorasi (Dacota) (bertugas dalam dekorasi event-event besar)
  2. Tim Kaplog (bertugas mempersiapkan logistik dalam event-event besar)
  3. Tim Prasasti (bertugas menerbitkan majalah intern sekolah)
  4. Tim Sound System (bertugas dalam mempersiapkan perlengkapan sound dalam event-event besar)
  5. Tim Kosinus (bertugas dalam pelayanan koperasi intern siswa)

Peleton[sunting | sunting sumber]

SMA TN memiliki sejumlah peleton siswa yang merupakan perwujudan latihan kepemimpinan dan berorganisasi. Terdapat empat peleton utama di SMA Taruna Nusantara.

Tonpara[sunting | sunting sumber]

Logo Peleton Upacara

Peleton Upacara (Tonpara) merupakan peleton yang pertama kali berdiri di SMA Taruna Nusantara, dengan nama awal Peleton Inti (Tonti). Tonpara awalnya terdiri dari 25 siswa terpilih dari setiap angkatan. Mulai angkatan 19, bertambah menjadi 31 siswa (21 siswa putra dan 10 siswa putri) dan mulai angkatan 24 bertambah menjadi 34 siswa (24 siswa putra dan 10 siswi putri). Peleton ini bertanggung jawab mengerjakan seluruh tugas yang berkaitan dengan upacara umum (upacara bendera hari Senin), upacara khusus (peringatan hari besar atau upacara tradisi), serta Peraturan Baris Berbaris (PBB) siswa. Tonpara juga sering mengharumkan nama almamater SMA Taruna Nusantara dalam berbagai lomba PBB tingkat SMA se-Jateng.

Pataka SMA TN dalam Defile Siswa Baru

Bantara[sunting | sunting sumber]

Logo Bantara

Ambalan Taruna Nusantara (Bantara) beranggotakan pramuka penegak baik bantara maupun laksana yang jumlahnya kurang lebih 30 siswa dari setiap angkatan. Mereka terpilih melalui seleksi baik teknik kepramukaan maupun kepribadian. Peleton ini dipimpin oleh seorang Pradana. Tugas utama Bantara adalah menjadi pembina kepramukaan bagi siswa lain. Oleh karena itu, setiap anggota Bantara diharuskan memiliki kecakapan kepramukaan yang kuat dan kemampuan survival di alam. Setiap tahun, Bantara menjalankan program Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) bagi siswa kelas X. Bantara juga memiliki kegiatan lapangan seperti rafting, hiking di Gunung Merapi, susur sungai, dan susur pantai. Peleton Bantara sering memberikan prestasi juara bagi SMA Taruna Nusantara baik di bidang teknik kepramukaan, PBB, hingga lomba ketangkasan/ketahanan fisik.

PKS[sunting | sunting sumber]

Logo Peleton Keamanan Sekolah

Patroli Keamanan Sekolah (PKS) bertugas menegakkan disiplin dan memeriksa kerapian siswa. PKS terdiri dari 16 siswa dan 8 siswi terpilih tiap angkatan yang terbagi dalam 8 kode. Contoh kegiatan rutin PKS adalah apel pengecekan pesiar dan apel pengecekan rutin (biasa dilakukan pada hari Selasa). PKS juga bertugas menjaga ketertiban acara yang melibatkan kunjungan tamu dari luar SMA Taruna Nusantara.

Pataka[sunting | sunting sumber]

Logo Peleton Pataka

Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) adalah pasukan khusus pembawa Lambang SMA Taruna Nusantara: Satya Pataka Wira Negara. Pataka terdiri dari 11 siswa dan 4 siswi terpilih tiap angkatan. Lambang SMA Taruna Nusantara (dengan berat tiang 18 kilogram) dibawa dengan khidmat oleh pasukan khusus ini dalam sejumlah upacara tradisi SMA Taruna Nusantara, yaitu Upacara Pembukaan Pendidikan, Malam Renungan 16 Agustus, Upacara Penutupan Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (PDK), Kampanye Dialogis OSIS SMA Taruna Nusantara, dan Upacara Prasetya Alumni.

Gita Bahana Nusantara Marching Band[sunting | sunting sumber]

Marching band adalah salah satu ekstrakurikuler kebanggaan SMA Taruna Nusantara yang termasuk sebuah kegiatan kesenian dan dengan demikian berada di bawah pengelolaan Seksi 2B OSIS.

Gita Bahana Nusantara Marching Band atau yang biasa disingkat GBNMB dibentuk pada tanggal 10 April 1993 dan saat itu mengawali latihannya dengan bermodalkan alat-alat musik yang merupakan sumbangan dari PT. BUKAKA milik Ir. Fadel Muhammad.[2]

Agus Harimurti Yudhoyono yang juga merupakan putra sulung Presiden RI ke-6 Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A. tercatat pernah menduduki jabatan penting dalam GBNMB yaitu sebagai pemegang tongkat pandu utama atau yang biasa disebut Penatarama. Dalam tugasnya, Penatarama dibantu oleh Gitapati yang memimpin keteraturan irama dari lagu-lagu yang disajikan. Ciri khas GBNMB adalah adanya sejumlah pemain Bass Aktif yang disebut "Macan". Para Macan dituntut untuk memiliki ketahanan fisik yang tinggi karena harus memainkan alat musik sekaligus melakukan gerakan dan manuver atraktif.

Selain berfungsi sebagai korps musik dalam acara internal di kampus SMA TN, Gita Bahana Nusantara Marching Band sering mengharumkan nama almamater dengan tampil di berbagai acara luar kampus setingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Logo Gita Bahana Nusantara Drum Band

OSIS dan MPK[sunting | sunting sumber]

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Taruna Nusantara adalah organisasi induk bagi seluruh kegiatan siswa. OSIS dipimpin oleh Pengurus Harian dan meliputi delapan Seksi:

  1. Seksi I Pembinaan Mental dan Spiritual
  2. Seksi IIA Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
  3. Seksi IIB Pengembangan Nilai Budaya
  4. Seksi IIIA Kemandirian dan Kewiraswastaan
  5. Seksi IIIB Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
  6. Seksi IIIC Pengembangan Jasmani
  7. Seksi IVA Kepemimpinan dan Organisasi
  8. Seksi IVB Kehidupan Berasrama

Majelis Perwakilan Kelas (PK) adalah organisasi yang menjadi wadah aspirasi siswa sekaligus pengontrol kegiatan OSIS. PK dipimpin oleh Pengurus Harian dan membawahi lima Komisi. Tiap komisi bertugas memantau dan mengevaluasi kegiatan seksi OSIS, kecuali Komisi 5 yang merupakan komisi hukum.

Penampilan Gita Bahana Nusantara Marching Band dalam Upacara Pembukaan Pendidikan 2019

Tim Mata Pelajaran[sunting | sunting sumber]

SMA Taruna Nusantara memiliki wadah khusus bagi siswa yang ingin mengembangkan kemampuan akademis hingga tingkat mahir dan mengikuti kejuaraan di luar sekolah. Tim Mata Pelajaran merupakan bagian dari Seksi IIIB OSIS dan terdiri dari tim olimpiade dan non-eksak:

Ceramah Pembekalan Presiden Joko Widodo di Balairung Pancasila Kampus SMA Taruna Nusantara
  1. KIRTARA (KIR SMA Taruna Nusantara)
  2. Aeromodeling (Tim Aeromodeling)
  3. Focus (Tim Fotografi)
  4. Tomat (Tim Olimpiade Matematika)
  5. Elephyte (Electromen and Physics Team)
  6. Cesium (Chemistry Squad with Incredible and Unbeatable Members)
  7. BioHolic (Tim Olimpiade Biologi)
  8. TNCC (Taruna Nusantara Computer Club)
  9. Astrogank (Tim Olimpiade Astronomi)
  10. TNEC (Taruna Nusantara Economics Club)
  11. Granity (Geology and Geography Taruna Nusantara Community)
  12. Hiperbola (Himpunan Pecinta Sastra dan Bahasa Indonesia dengan Obsesi Piala)
  13. TNESC (Taruna Nusantara English Speaking Club)
  14. TNT (Taruna Nusantara Ni Hon Go Team)
  15. Deutsch Club (Tim Olimpiade Bahasa Jerman)
  16. TNRC (Taruna Nusantara Robotic Club)
  17. Konsisten (Tim PPKn)

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

  1. Prof. Dr. Tarwotjo Tjitrosoedjono, M.Sc. (1990-1994)
  2. Mayjen Bambang Hartoyo, M.B.A (1994)
  3. Brigjen Drs. Sadja Moeljoredjo (1994-1998)
  4. Brigjen Bambang Pradjuritno, S.H. (1998-2004)
  5. Brigjen Drs. Untung Susoro (2005-2006)
  6. Brigjen Purn. Djuwari Sarmyanto M.Sc. (2006-2010)
  7. Laksamana Pertama Purn. Ir. Djoko Sasongko (2010-2011)
  8. Brigjen Purn. Bambang Sumaryanto, M.M. (2011-2013)
  9. Brigjen Purn. Wahid Hidayat, S.IP. (2013-2015)
  10. Brigjen Purn. Adi Wijaya, M.Sc. (2015-2016)
  11. Drs. Usdiyanto. M.Hum. (2016 - 2018)
  12. Brigjen Purn. Soebagio, S.IP. (2018-2019)
  13. Mayjen Purn. Tono Suratman, S.IP. (2019-sekarang)

Lulusan Terbaik[sunting | sunting sumber]

Daftar lulusan terbaik:

  1. Firman Dwi Cahyono (1993) [3]
  2. Agus Harimurti Yudhoyono (1997) [4]

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • KIR (IYSIE) International Young Scientist Innovation Exhibition 2018 di Malaysia
    • Ketut Shri Satya Wiwekananda dengan Silver Medals
  • (AMC) American Mathematics Competition 12 di Jakarta
    • Irfan Urane Azis dengan Honor Roll Certificate[43]

Organisasi Alumni[sunting | sunting sumber]

Walikota Solo (saat itu) Joko Widodo dan Prabowo Subianto menghadiri Munas Ikastara 2011

Organisasi resmi bagi alumni SMA Taruna Nusantara adalah Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara).[1] Ikastara berdiri pada tanggal 11 Juni 1994 di Magelang dan secara rutin setiap tiga tahun menyelenggarakan pemilihan Pengurus Pusat (PP) Ikastara.

Ikastara tidak sekedar sebuah perhimpunan alumni. Lebih dari itu, Ikastara menjadi wadah bagi para alumni untuk melanggengkan ikatan persaudaraan yang khas, merajut sinergi dalam karya, dan menjaga idealisme alumni dalam rangka mewujudkan janji Tri Prasetya Siswa.[53]

Memanfaatkan momen peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019, Ikastara menginisiasi Gerakan Satu Nusantara yang bertujuan untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda agar tercipta persatuan bangsa Indonesia yang lebih erat. Gerakan ini didasari keprihatinan terhadap potensi disintegrasi bangsa Indonesia dan terpolarisasi-nya masyarakat karena perbedaan pandangan politik, suku, agama, ras maupun gender.[54]

Gerakan Satu Nusantara terdiri dari tiga buah mata kegiatan, yakni Bara Satu Nusantara, Inspirasi Satu Nusantara dan Aksi Satu Nusantara, dan akan mencapai puncaknya pada HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020.[55] Dalam gerakan ini, Ikastara menggandeng sejumlah ikatan alumni SMA terbaik lain di Indonesia.

Pada Munas 2020, anggota Ikastara memilih Prof. Teuku Faisal Fathani sebagai Ketua Umum Ikastara periode 2020-2023.[56]

Alumni[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat[sunting | sunting sumber]

  1. Lucky Avianto (TN 1) [57]
  2. Rudy Saladin (TN 2) [58]
  3. Kristomei Sianturi (TN 2) [59]
  4. Edwin Adrian Sumantha (TN 2) [60]
  5. Achiruddin (TN 2) [61]
  6. Dwi Sasongko (TN 3) [62]
  7. Muhammad Imam Gogor (TN 3) [63]
  8. Alfius Navirinda Krisdinanto (TN 3) [64]
  9. Ari Prasetya (TN 3) [65]
  10. Fadli Mulyono (TN 4) [66]
  11. Fikri Ferdian (TN 4) [67]
  12. Rico Ricardo Sirait (TN 5) [68]
  13. Wahyu Ramadhanus Suryawan (TN 5) [69]
  14. Suntara Wisnu Budi Hidayanta (TN 6) [70]
  15. Rizky Marlon Silalahi (TN 7) [71]
  16. Micha Arruan (TN 7) [72]
  17. Alzaki (TN 9) [73]
  18. Eko Hardianto (TN 9) [74]
  19. Imam Buchori (TN 11) [75]
  20. Taufik Arifiyanto (TN 13) [76]
  21. Hendrik Pardamean Hutagalung (TN 15) [77]

Angkatan Udara[sunting | sunting sumber]

  1. Mohammad Nurdin (TN 1) [78]
  2. Firman Dwi Cahyono (TN 1) [79]
  3. Wastum (TN 1) [80]
  4. Agus Triyono (TN 1) [81]
  5. Nur Alimi (TN 4) [82]
  6. Arief Budiarto (TN 4) [83]
  7. Agus Dwi Ariyanto (TN 7) [84]
  8. Pandu Eka Prayoga (TN 9) [85]
  9. Yanif Eska Siswiyanto (TN 15) [86]

Angkatan Laut[sunting | sunting sumber]

  1. Aldwin Hafid Harsandi (TN 14) [87]

Polisi[sunting | sunting sumber]

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Politik[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Akademisi[sunting | sunting sumber]

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  1. Eddri Sumitra (TN 7) [123][124]

Sekolah Kembar[sunting | sunting sumber]

  1. S.M.A. Nan Chiau[butuh rujukan]
  2. Windaroo Valley State High School, Queensland, Australia[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Pali Text Society's Pali-English Dictionary "taruna": https://dsal.uchicago.edu/cgi-bin/app/pali_query.py?qs=taru%E1%B9%87a&searchhws=yes
  2. ^ "Gita Bahana Nusantara Marching Band | Situs Berita Marching Band Indonesia" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-24. Diakses tanggal 2020-02-24. 
  3. ^ https://news.detik.com/berita/d-2888976/ini-profil-letkol-firman-pilot-f-16-yang-terbakar-di-halim
  4. ^ https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160922120330-32-160242/agus-yudhoyono-peraih-adhi-makayasa-dan-ipk-4
  5. ^ surya, yohanes (2005). "Sejarah TOFI 1994". yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021. 
  6. ^ "IPhO 1995 - Individual Results". ipho-unofficial.org. Diakses tanggal 2021-02-19. 
  7. ^ Surya, Yohanes (1995). "sejarah tofi 1995". yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021. 
  8. ^ "kimi@net". www.kimianet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-15. 
  9. ^ "Bahar Riand Passa". www.fisikanet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  10. ^ Pradityo, Sapto (26 juni 2018). "Antara Fisika, Mertua, dan Amerika". detik news. Diakses tanggal 19-02-2021. 
  11. ^ Surya, Yohanes (2003). "Sejarah TOFI 2003". yohanes surya. Diakses tanggal 19-02-2021. 
  12. ^ Surya, Yohanes (2005). "Sejarah TOFI 2001". yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021. 
  13. ^ Surya, Yohanes (2001). "Sejarah TOFI 2001". yohanes surya. Diakses tanggal 19-02-2021. 
  14. ^ pradityo, sapto. "Ke Mana Para Jenius Indonesia Pergi". detikx. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  15. ^ "13-th International Biology Olympiad". www.ibo2002.lv. Diakses tanggal 2021-02-15. 
  16. ^ "https://news.detik.com/x/detail/intermeso/20180625/Kemana-Pergi-Para-Jenius-Indonesia/". detikx. Diakses tanggal 2021-02-08.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  17. ^ "Rangga Perdana Budoyo". www.fisikanet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  18. ^ Surya, Yohanes (2005). "Sejarah TOFI 2005". Yohanes Surya. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-01. Diakses tanggal 8 Februari 2021. 
  19. ^ "fisik@net". www.fisikanet.lipi.go.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  20. ^ "KSN Informatika". ksn.toki.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  21. ^ surya, yohanes (2011). "Sejarah TOFI 2007". yohanes surya. Diakses tanggal 19-2-2021. 
  22. ^ admin. "Peraih Medali Emas Olimpiade Fisika Asia IX | Kopertis III" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08. 
  23. ^ Media, Kompas Cyber. "Indonesia Raih Dua Emas pada Olimpiade Fisika". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  24. ^ antaranews.com (2008-08-27). "Indonesia Raih Empat Emas di Olimpiade Astronomi 2008". Antara News. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  25. ^ "Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi". Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  26. ^ "India Juara Umum Olimpiade Astronomi". Tempo (dalam bahasa Inggris). 2008-08-28. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  27. ^ "Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi". Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  28. ^ "India Juara Umum Olimpiade Astronomi". Tempo (dalam bahasa Inggris). 2008-08-28. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  29. ^ Liputan6.com (2009-07-31). "Tim Olimpiade Kimia Indonesia Gagal Raih Emas". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-02-15. 
  30. ^ Okezone (2010-07-30). "Koleksi Prestasi Hantar Andra Kuliah di Australia : Okezone News". https://news.okezone.com/. Diakses tanggal 2021-02-28.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  31. ^ Media, Kompas Cyber. "Indonesia Raih 3 Perak dan 2 Perunggu". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  32. ^ Liputan6.com (2011-04-21). "Timnas IChO 2010 Mengharumkan Nama Bangsa". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  33. ^ "Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi". Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  34. ^ "Taruna Nusantara Astronomy Team: Daftar Prestasi". Taruna Nusantara Astronomy Team. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  35. ^ "Direktorat SMA". psma.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-08. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  36. ^ "International Mathematical Olympiad". www.imo-official.org. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  37. ^ elhubby. "Indonesia Raih Medali di Olimpiade Geografi Jerman". KASKUS. Diakses tanggal 2021-02-15. 
  38. ^ "Ungguli China & India, Indonesia Jadi 'Absolute Winner' Olimpiade Fisika Se-Asia". detiknews. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  39. ^ Surya, Yohanes (2014-01-08). "Tim Indonesia berhasil memboyong 3 medali emas di IZhO ke-10". Yohanes Surya. Diakses tanggal 8 februari 2021. 
  40. ^ Media, Kompas Cyber. "Irfan, Siswa Taruna Nusantara Peraih "Grand Champion" Kontes Matematika Dunia Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-02-14. 
  41. ^ "Kisah Kinantan Arya Bagaspati, Tiga Tahun Harumkan Indonesia di Olimpiade Matematika Dunia - Semua Halaman - Sosok". sosok.grid.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  42. ^ "Hall of Fame: APIO » Tim Olimpiade Komputer Indonesia" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08. 
  43. ^ "Prestasi Irfan Urane Azis & Ilham Urane Azis, Putra Idham Azis Sukses Raih Nilai Tertinggi di Akpol". Tribun Jakarta. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  44. ^ "Kisah Kinantan Arya Bagaspati, Tiga Tahun Harumkan Indonesia di Olimpiade Matematika Dunia - Semua Halaman - Sosok". sosok.grid.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  45. ^ "Siswa SMA Indonesia Raih 2 Perak dan 2 Perunggu pada IGeo 2018". Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (dalam bahasa Inggris). 2018-08-15. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  46. ^ "Hall of Fame: APIO » Tim Olimpiade Komputer Indonesia" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08. 
  47. ^ "Hall of Fame: IOI » Tim Olimpiade Komputer Indonesia" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-08. 
  48. ^ "TarunaNusantara". tarunanusantara.sch.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  49. ^ "Kisah Kinantan Arya Bagaspati, Tiga Tahun Harumkan Indonesia di Olimpiade Matematika Dunia - Semua Halaman - Sosok". sosok.grid.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  50. ^ "TarunaNusantara". tarunanusantara.sch.id. Diakses tanggal 2021-02-15. 
  51. ^ Agency, ANTARA News. "Indonesia raih juara dua pada ajang International Economics Olympiad - ANTARA News Aceh". Antara News. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  52. ^ "TarunaNusantara". tarunanusantara.sch.id. Diakses tanggal 2021-02-08. 
  53. ^ cayindra. "Tentang Ikastara". Ikastara (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-25. Diakses tanggal 2020-02-24. 
  54. ^ SUARAKARYA.ID. "Gerakan Satu Nusantara Ajak Pemuda Indonesia Membumikan Semangat Sumpah Pemuda". SUARAKARYA.ID (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-24. 
  55. ^ Agency, ANTARA News. "Ikatan alumni SMA se-Indonesia dirikan Gerakan Satu Nusantara". ANTARA News Jawa Timur. Diakses tanggal 2020-02-24. 
  56. ^ https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/VNnXep1k-pandemi-ikastara-gelar-suksesi-kepengurusan-secara-daring.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  57. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  58. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  59. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  60. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  61. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  62. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  63. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  64. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  65. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  66. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  67. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  68. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  69. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  70. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  71. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  72. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  73. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  74. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  75. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  76. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  77. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  78. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  79. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  80. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  81. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  82. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  83. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  84. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  85. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  86. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  87. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  88. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  89. ^ https://news.detik.com/infografis/d-4313388/hengki-haryadi-dua-kali-taklukkan-hercules
  90. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  91. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  92. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  93. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  94. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  95. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  96. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  97. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  98. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  99. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  100. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  101. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  102. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  103. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  104. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  105. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  106. ^ https://megapolitan.kompas.com/read/2020/01/24/08114651/perjalanan-agung-wicaksono-pimpin-transjakarta-hingga-mengundurkan-diri?page=all
  107. ^ https://australiaindonesiacentre.org/infrastructure/dr-william-sabandar-agung-wicaksono-appointed-lead-pt-mrt-project-jakarta/
  108. ^ Media, Kompas Cyber. "Mengenal Rachmat Kaimuddin, CEO Baru Bukalapak". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-12-23. 
  109. ^ Mediatama, Grahanusa (2019-12-02). "Rachmat Kaimuddin akan perkuat strategi bisnis Bank Bukopin di era industri 4.0 - Page all". kontan.co.id. Diakses tanggal 2019-12-23. 
  110. ^ https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200315135849-32-483577/ahy-terpilih-aklamasi-jadi-ketum-demokrat-2020-2025
  111. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  112. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  113. ^ https://nasional.kompas.com/read/2020/09/01/13364621/dpr-lantik-prasetyo-hadi-untuk-gantikan-harry-poernomo-dari-gerindra
  114. ^ https://tarunanusantara.sch.id/page/daftar-nama-alumni
  115. ^ redaksi (14 Agustus 2019). "Aditya Halindra, Anggota DPRD Jatim Termuda". Nawacita. Diakses tanggal 20 Desember 2019. 
  116. ^ BEKRAF, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia-. "Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual dan Regulasi". www.bekraf.go.id (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-05. Diakses tanggal 2020-02-05. 
  117. ^ "Menteri Keuangan Melantik Febrio Kacaribu Jadi Kepala Badan Kebijakan Fiskal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia". Diakses tanggal 2020-04-24. 
  118. ^ "Febrio N. Kacaribu, Ph.D." Institute for Economic and Social Research - Faculty of Economics and Business - University of Indonesia (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-01. 
  119. ^ "Rudy Raymond H.P. - IBM". researcher.watson.ibm.com (dalam bahasa Inggris). 2016-07-25. Diakses tanggal 2020-02-01. 
  120. ^ "Rudy Raymond, Pemegang 15 Paten Komputer Kuantum". Kompas.id (dalam bahasa Inggris). 2018-09-13. Diakses tanggal 2019-12-20. 
  121. ^ "Yudha Pratomo Mahyuddin Jabat Rektor Universitas Sumatera Selatan". Sriwijaya Post. Diakses tanggal 2019-12-20. 
  122. ^ Okezone (2014-10-13). "Dua Dosen IPB Diganjar L'Oreal-UNESCO Award : Okezone News". Okezone (dalam bahasa (Indonesia)). Diakses tanggal 2020-02-05. 
  123. ^ Post, The Jakarta. "E.S. Ito: In fiction, reality works better". The Jakarta Post (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-20. 
  124. ^ "Pujian Republik Twitter untuk Mahasiswa dan Demonstran Makassar". Tribun Timur. Diakses tanggal 2019-12-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]