SMA Negeri 3 Gorontalo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Gorontalo
Data Sekolah
Berdiri: 1975
Provinsi: Gorontalo
Alamat Lengkap: Jl Ki Hajar Dewantoro Gorontalo
Nomor Telepon/Fax: +62 435 834154
Jumlah Kelas: 5 kelas setiap tingkat
Program Jurusan: IPA dan IPS
Rentang Kelas: X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah Siswa: 433 siswa (26 siswa per kelas)
NEM Masuk terendah: 22,55 (2007)
NEM Masuk tertinggi: 26,44 (2007)
NEM Masuk rata-rata: 23,40 (2007)
Status sekolah:

SMA Negeri (SMAN) 3 Gorontalo, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Gorontalo, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Gorontalo ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Didirikan pada tahun 1985.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK. Kini Sekolah ini telah menjajaki tingkat yang lebih tinggi lagi, yaitu menuju Sekolah berstandar Internasional

Pada Tahun 2011, SMA Negeri 3 Gorontalo atau yang lebih dikenal dengan Smantig telah menjadi Sekolah Boarding Pertama di Gorontalo, Bahkan di Indonesia. Hal ini dikarenakan SMA Negeri 3 Gorontalo merupakan sekolah Boarding Negeri yang pertama.

Angkatan Boarding pertama saat ini (12 Oktober 2012) berjumlah 197 Orang. Mereka merupakan siswa-siswi pilihan karena saat masuk mereka melewati berbagai macam Test. Mulai dari Psikotest sampai Tes Akademik.

Saat ini Gedung asrama di SMA Negeri 3 Gorontalo sudah 2 Gedung, yakni Asrama putra dan Asrama Putri. SMA Negeri 3 Gorontalo memang sekolah unggulan di Provinsi Gorontalo, tetapi Banyak yang masih kurang di sekolah itu, misalnya Fasilitas WC Sekolah yang masih kurang baik. Selain itu fasilitas Hotspot yang hanya diperuntutkan bagi Guru-guru sangat menyulitkan siswa. Karena banyak tugas yang harus di cari di internet, tetapi Siswa tidak bisa mengakses Internet tersebut. sekolah ini juga sangat mendukung kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan, paskibraka, dan ekskul lainnya.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 3 Gorontalo untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 3 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya,