SMA Negeri 2 Parepare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 2 Parepare
Logo SMA Negeri 2 Parepare
Informasi
Didirikan1978
JenisNegeri
Kepala SekolahDrs. Tajrin
Jurusan atau peminatanIlmu alam dan Ilmu sosial (KTSP) dan MIA dan IIS (Kurikulum 2013)
Rentang kelasX, XI IPA/IPS, XII IPA/IPS, dan Akselerasi (KTSP) dan X MIA/IIS, XI MIA/IIS, dan Akselerasi (Kurikulum 2013)
KurikulumKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Kelas XII dan Akselerasi Angkatan Ketiga) dan Kurikulum 2013 (Kelas X, XI, dan Akselerasi Angkatan Keempat)
StatusSekolah Standar Nasional
Alamat
LokasiJl. Jend. Sudirman No. 31, Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia
Tel./Faks.(0421) 21982
Situs webwww.sman2parepare.com
Surelsmada_parepare@yahoo.co.id
Moto

SMA Negeri 2 Parepare atau yang lebih dikenal dengan Smada Parepare merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas di Kota Parepare, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. SMA Negeri 2 Parepare ini dibangun pada tahun 1978 oleh pemerintah Kota Parepare yang memandang perlu membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru. Hal ini dikarenakan SMA Negeri 1 Parepare tidak lagi bisa menampung peserta didik yang ada saat itu. SMA Negeri 2 Parepare ini membuka dua program jurusan, yaitu jurusan Ilmu alam dan jurusan Ilmu sosial untuk Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan peminatan Matematika dan Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu-ilmu Sosial (IIS) untuk Kurikulum 2013. Namun, dikarenakan adanya penghentian penggunaan Kurikulum 2013, maka SMA Negeri 2 Parepare kembali menggunakan KTSP dan membagi kelas menjadi jurusan Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.

SMA Negeri 2 Parepare tampak depan

Civitas Sekolah[sunting | sunting sumber]

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Hingga saat ini, SMA Negeri 2 Parepare telah di kepalai oleh beberapa orang-orang hebat. berikut adalah daftar kepala sekolah hingga sekarang.

No. Nama Kepala Sekolah Masa Jabatan
1
Drs. H. Abd. Rifai Tamri
1978–1981
2
Drs. H. Syamsuddin
1981–1994
3
Drs. H. Abd. Hakim Lasina
1994–1995
4
Pamessangi, S.Pd
1995–1999
5
Drs. Mardjuni Dewang
1999–2000
6
Drs. H. Amir Talambe
2000–2008
7
Drs. H. Lukman, M.Pd
2008–2010
8
Drs. Tajrin
2010–sekarang

Wakil Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Saat ini, SMA Negeri 2 Parepare memiliki empat wakil kepala sekolah. Wakil kepala sekolah ini dibedakan berdasarkan bidang pengawasannya.

No. Bidang Nama Wakil Kepala Sekolah
1. Koordinator Wakasek Drs. Bahtiar
2. Hubungan Masyarakat (Humas) Armin Rizal, S.Pd.
3. Sarana dan Prasarana Muhammad Harbi. K, S.Pd, M.Pd
4. Kurikulum Drs. H. Muhammad Anshar
5. Kesiswaan Abd. Razak Mamma, S.Pd

Kelas[sunting | sunting sumber]

Di SMA Negeri 2 Parepare, terdapat tiga jenis kelas. Jenis kelas ini didasarkan pada tingkatan IQ seseorang dan nilai akademiknya.

Kelas Akselerasi[sunting | sunting sumber]

Logo Kelas Akselerasi SMA Negeri 2 Parepare

Kelas Akselerasi SMA Negeri 2 Parepare adalah kelas percepatan yang meringkaskan jangka waktu pendidikan dari tiga tahun menjadi dua tahun. Di kelas ini pembelajarannya sama dengan kelas lain hanya dipercepat dan metode belajar siswa dilaksanakan dengan analisis materi. Persyaratan utama untuk masuk ke kelas ini adalah berbekal IQ 130 ke atas. Hingga saat ini kelas akselerasi terdapat empat angkatan. Oleh para siswa, mereka memberi nama angkatan mereka, Fraction (First Generation of Acceleration) yang merupakan angkatan pertama, Section (Second Generation of Acceleration) yang merupakan angkatan kedua, Triple (Third Period of Acceleration) yang merupakan angkatan ketiga, dan Fantastic Four ( Fantasy, creative and Logic of Acceleration Four) yang merupakan angkatan ke empat.

Kelas Unggulan[sunting | sunting sumber]

Kelas ini adalah kelas yang siswanya tidak terjaring di Kelas Akselerasi SMA Negeri 2 Parepare. Di kelas ini para siswa berbekal IQ <130 namun bukan berarti kurang dari Kelas Akselerasi SMA Negeri 2 Parepare, tapi hanya berbeda kelas dan status.

Kelas Reguler[sunting | sunting sumber]

Di kelas ini, siswa berasal dari pendaftaran gelombang kedua dari Pendaftaran Calon Siswa Baru (PCSB) SMA Negeri 2 Parepare dan dari Pendaftaran Calon Siswa Baru (PCSB) gelombang pertama yang tidak terjaring pada kelas akselerasi atau unggulan.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Parepare adalah sebagai berikut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]