SMA Negeri 1 Singaraja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Singaraja
Data Sekolah
Berdiri: 1 November 1958
Provinsi: Bali
Alamat Lengkap: Jl. Pramuka No.4, Singaraja.
Nomor Telepon: (0362) 22144
Fax:
Kepala Sekolah:
Jumlah Kelas: kelas setiap tingkat
Program Jurusan: IPA, IPS, dan Bahasa
Rentang Kelas: X, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Jumlah Siswa: siswa (28-32 siswa per kelas)
NEM Masuk terendah:
NEM Masuk tertinggi:
NEM Masuk rata-rata:
Status sekolah:
Website: smansgr

SMAN 1 Singaraja (SMANSA Singaraja) adalah sekolah tingkat atas tertua di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. SMAN 1 Singaraja adalah salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMAN 1 Singaraja secara resmi berdiri pada 1 November 1958. Namun, sekolah ini memiliki sejarah yang lebih panjang karena berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Fasilitas dan Bangunan[sunting | sunting sumber]

Gedung utama SMAN 1 Singaraja adalah sebuah bangunan bersejarah. Gedung dengan tiga lantai tersebut telah dibangun sejak sebelum masa kemerdekaan Republik Indonesia. Ada pula bangunan-bangunan lain yang digunakan baik sebagai laboratorium, ruang organisasi/ekstrakulikuler, maupun ruang kelas.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti perpustakaan, Laboratorium Kimia, Fisika, Biologi, Bahasa, dan dua Laboratorium Komputer. Selain itu, sekolah ini juga dilengkapi dengan ruang multimedia dan aula serba guna.

Ekstrakulikuler[sunting | sunting sumber]

Sama seperti SMA pada umumnya, SMAN 1 Singaraja juga menyediakan berbagai ekstrakulikuler maupun klub-klub untuk mengekspresikan bakat dan minat para siswa. Ekstrakulikuler tersebut meliputi basket, futsal, bulutangkis, renang, catur, fotografi, tari, paduan suara, teater, marching band, dan lain sebagainya. SMAN 1 Singaraja juga menyediakan klub-klub untuk mengasah kecerdasan siswa di bidang akademik yang meliputi klub Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan sebagainya.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Sejak sekolah ini berdiri hingga sekarang, sudah banyak siswa-siswinya yang mampu meraih prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik, dari tingkat Kabupaten hingga Internasional.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]