SMA Negeri 1 Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 1 Pati
Informasi
Didirikan1946
Jumlah kelasReguler
Jurusan atau peminatanMatematika Ilmu Alam (MIA), Ilmu Ilmu Sosial (IIS), dan Akselerasi
Rentang kelasX, XI, XII
KurikulumKurikulum 2013
Alamat
LokasiJl. Panglima Sudirman 24, Pati, Jawa Tengah
Moto

SMA Negeri (SMAN) 1 Pati, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Tengah dengan predikat Sekolah Rujukan, di Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Pati ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

SMA Negeri 1 Pati menggunakan sistem SKS, yaitu SKS 6 semester dan SKS 4 semester.

SMA Negeri 1 Pati sudah mengaplikasikan 5 hari kerja. Hari Sabtu dan Minggu siswa berkumpul bersama keluarga di rumah untuk penguatan karakter di dalam keluarga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada mulanya SMA ini didirikan pada tahun 1946 oleh serangkaian orang-orang terkemuka di Pati, antara lain: Bpk. Moh. Ali, Bpk. J.M. Hutagalung, Bpk. Aris, Bpk. R.Sajoeto dan mendapat perlindungan dari Bpk. Milono, Residen Pati.

Untuk pertama kalinya sekolah yang masih partikelir (swasta) ini dikepalai oleh Bapak Moh. Ali.

Usaha-usaha demi mencapai kemajuan telah pula dilakukan, terbukti pada tanggal 1 Mei 1948 sekolah partikelir tersebut dirombak menjadi sekolah negeri (SMAN), dengan Mr. Widagdo sebagai pemegang pimpinan sekolah.

Pada tahun-tahun berikutnya saat Belanda berantusias melancarkan clashnya, sekolah ini sempat pula mengalami pembubaran (dibubarkan), namun pada tanggal 1 April 1950 sekolah ini berdiri kembali dengan peranannya sebagai sekolah perjuangan. Kemudian sekitar tahun 1950-1951, sekolah ini kembali menjadi sekolah biasa.

Sejak awal berdirinya sekolah ini, banyak tempat yang pernah digunakan menjadi sarana (tempat) belajar mengajar. Adapun tempat-tempat yang pernah disinggahi antara lain:

* Bekas Eropees Lagere School (pernah menjadi tempat SKKP Negeri Pati, sekarang SMP Negeri 5 Pati).
* Rumah dekat jembatan Jiglong.
* Rumah di Jalan Kyai Saleh.
* Menumpang di SMP Sleko.
* Gedung yang dahulu di belakang PUJT Pati.
* Gedung Kantin.

Pelaksanaan pembangunan Gedung SMA Negeri Pati dengan 2 lantai ini dimulai pada tahun 1952, dan ketika menginjak tahun 1957 telah selesai sebagian dari yang direncanakan. Dalam perencanaannya tersebut, gedung ini diusahakan menyerupai huruf G.

Pada tahun 1953 terjadi kembali peristiwa pergantian kepala sekolah, dari Bpk. Moeryono dilimpahkan kepada Bpk. Moh. Aslan, dan tahun 1959 Bpk. Soemartono Moedigdo menggantikan Bpk. Moh. Aslan.

Memasuki tahun 1969, Bpk. Soemartono Moedigdo mulai menikmati masa pensiunnya, sehingga antara tahun 1969-1972 pimpinan SMA Negeri Pati dikendalikan oleh Bapak Wakil Kepala Sekolah (Bpk. Soedjito Kartokusumo) yang pada tahun 1972 diangkat menjadi Kepsek.

Waktu demi waktu pun berlalu, dan Bpk. Soedjito Kartokusumo pun mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi, sehingga jabatan Kepsek digantikan oleh Bpk. Roeslani Narimo, BA.

Pada tahun 1991 SMA Negeri Pati berganti nama dengan tambahan angka 1 menjadi SMA Negeri 1 Pati.

Setelah Bpk. Roeslani Narimo, BA., Pensiun pada tahun berturut-turut SMA negeri 1 Pati dikepalai oleh:

  • * Ibu Setyowati * Bapak gagak * Bapak Suwarno Karto Sasmito, BA. Untuk periode * Bapak Drs. Bambang Sugiarto * Ibu Dra. Azizah, MM * Drs. Suparno Hadi Prasetya * Drs. Sumaryo M.Pd.* Budi Santosa, S.Pd., M.Pd., M.Si.

Sekarang sekolah ini dikenal dengan sebutan SMA Negeri 1 Pati, dan tetap menjadi sekolah unggulan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya prestasi yang diperoleh oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Pati dalam setiap kompetisi baik tingkat kabupaten, Provinsi, Nasional, maupun tingkat Internasional.

NILAI INTI

Cerdas, Aktif, Sehat, Trampil, Religius, Amanah. (CASTRA)

Sarana dan prasarana[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Pati yang beralamat di Jalan P. Sudirman No. 24 Pati menempati area seluas 3,5 Ha.

Kegiatan Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Pati didukung berbagai fasilitas.

1. Bangunan gedung lantai 2, dengan 30 ruang kelas ( 7 kelas ber-AC). Rencana ke depan semua ruang ber-AC, ruang kelas dilengkapi komputer dan LCD Proyektor.

2. Mushola

3. Perpustakaan

4. Ruang AVA

5. Ruang Multi Media

6. 2 (dua) Laboratorium Komputer

7. 1 (satu) Ruang Server

8. Laboratorium Bahasa

9. Laboratorium IPA

10. Laboratorium IPS

11. Laboratorium Agama

12. Ruang Musik

13. Ruang Ketrampilan

14. Gedung Kridangga (serba guna)

15. Gedung Alumni ’84 (Gedung pertemuan, serbaguna)

16. 3 (tiga) Rumah dinas yang dipersiapkan untuk asrama siswa putri (2 rumah) Asrama Putra ( 1 rumah) untuk tahun pelajaran 2014/2015.

17. Lapangan sepak bola

18. Lapangan basket (lapangan futsal)

19. Lapangan tennis

20. Cafetaria

21. Mini market kejujuran

22. Ruang OSIS

23. Studio (radio)

24. Kamar mandi siswa (7 lokal)

25. Kamar mandi / WC guru

26. Kamar mandi / WC karyawan

27. 1 (satu) rumah dinas penjaga malam

28. Lapangan volley

29. Parkir sepeda motor tingkat 2.

Kemitraan[sunting | sunting sumber]

Sister school dengan Harristown State High School.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya:

Organisasi & Ekskul dibawah OSIS ( osis.smansapati.sch.id)

Kasie I - Ketuhanan dan Ketaqwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa: 1. Rohis Al-Izzah rohisonline.blogspot.com - @rohis_alizzah 2. PAK (Kristen & Katolik)

Kasie II - Budi Pekerti Luhur & Akhlak Mulia 1. PMR pamera.smansapati.sch.id - @pamera1pati 2. Paresmapa paresmapa.or.id - @paresmapa

Kasie III - Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan & Bela Negara 1. Pramuka Gugus Depan Panglima Sudirman & Dewi Sartika SMAN 1 Pati 2. Paskibra 3. PKS pks-smansapati.blogspot.com

Kasie IV - Prestasi Akademik, Seni, dan Olahraga 1. Perpustakaan Sekolah 2. Kelompok Ilmiah Remaja 3. Kerjasama Pembinaan dengan Pihak Kurikulum

   ( OSN, O2SN, OPSI, FLS2N, LDBI, NSDC )

4. Kerjasama Pembinaan dengan Pihak Kurikulum untuk Lomba lain

Kasie V - Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan & Toleransi Sosial 1. Adiwiyata banksampah.smansapati.sch.id 2. GASTRA gastrasman1pati.wordpress.com - @OurGASTRA

Kasie VI - Kreativitas, Ketrampilan, & Kewirausahaan 1. Kopsis

Kasie VII - Kualitas Jasmani, Kesehatan, dan Gizi 1. Basket - Satria Utama & Citra Muda 2. Voli 3. Futsal 4. Atletik 5. Bulu Tangkis 6. Sepak bola 7. Bela Diri 7a. Taekwondo 7b. Karate 7c. Pencak Silat 8. Modern Dance 9. Senam Lantai

10. Tenis Meja & Tenis Lapangan

Kasie VIII - Sastra & Budaya 1, Seni Musik 2. Seni Vokal 3. Seni Tari 4. Seni Teater 5. Seni Rupa 6. Rebana 7. Karawitan 8. Sujay @sujay_family

Kasie IX - Teknologi, Informasi dan Komunikasi 1. Sinematografi

Kasie X - Komunikasi dalam Bahasa Inggris 1. FDI ( Indo & Inggris ) 1a. Debat 1b. Story Telling 1c. Essay 1d. Pidato 2. Bahasa Jepang 3. Bahasa Prancis

Alumni[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

pamera.smansapati.sch.id

proyek bangunan terbaru sma n 1 pati http://www.design-bangunan.com/project/gedung-parkir-dan-pertemuan-sma-neegeri-1-pati/[pranala nonaktif permanen]