SMA Negeri 1 Kota Mungkid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMA Negeri 1 Kota Mungkid
Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kota Mungkid
Sman1kotamungkidlogobaru.jpg
Informasi
Didirikan 15 Desember 1983
Akreditasi A[1]
Nomor Statistik Sekolah 301030810019
Nomor Pokok Sekolah Nasional 20307714
Maskot Si Kokid
Kepala Sekolah Drs. Asep Sukendar, M.Pd. (2013-sekarang)[2]
Ketua Komite Drs. H. Sumardjoko, M.B.A., M.M.
Jumlah kelas 30 kelas
Program/jurusan/
peminatan
Ilmu Alam dan Ilmu Sosial
Rentang kelas X, XI dan XII
Kurikulum Pendidikan Berbasis Karakter
Jumlah siswa 960 siswa
Status Negeri
Nilai masuk terendah 34.00 (2014-2015)
Nilai masuk tertinggi 43,00 (2014-2015)
Nilai masuk rata-rata 36.00 (2014-2015)
Alamat
Lokasi Jalan Letnan Tukiyat, Deyangan, Mertoyudan 56511, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Bendera Indonesia Indonesia
Tel./Faks. (0293) 788114
Koordinat 7°35′10″LS 110°12′32″BT / 7,586023°LS 110,208963°BT / -7.586023; 110.208963
Situs web www.smansakom.sch.id
Lain-lain
Afiliasi SMA Negeri 1 Purworejo (Bendera Indonesia), SMA Negeri 5 Palu (Bendera Indonesia), Rotary Yoneyama Scholarship[3] (Bendera Jepang), Disdikpora Kabupaten Magelang (Bendera Indonesia), dan Telkomsel (Bendera Indonesia).
Lulusan Himpunan Alumni beranggotakan sekitar 6.000 orang (2014)
Moto
Moto Terwujudnya warga sekolah yang Takwa, Cinta Tanah Air, Disiplin, Cerdas, Terampil, Santun, dan Santun.

SMA Negeri 1 Kota Mungkid adalah sebuah SMA Negeri di Kabupaten Magelang yang terletak di ibukota Kabupaten Magelang, tepatnya di Jalan Letnan Tukiyat, Deyangan, Mertoyudan, 56511 Kabupaten Magelang (sebelum tahun 2013, bernama Jalan Mayor Unus). Wilayah tersebut merupakan wilayah yang masuk ke dalam lingkup wilayah Pusat Pemerintahan Kabupaten Magelang, yaitu Kota Mungkid, yang meliputi Desa Deyangan, Kelurahan Sawitan, Desa Pasuruhan, dan Desa Mendhut. Walaupun Kota Mungkid bukan merupakan daerah administratif otonom, namun berdasarkan RTRW Kabupaten Magelang dan RDTRK Kecamatan Mungkid sejak tahun 1983, wilayah tersebut difungsikan dan ditujukkan sebagai Kawasan Pendidikan, Perkantoran, dan Pemerintahan Kabupaten Magelang. Oleh karena letak SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang berada di Kota Mungkid, maka hingga kini masyarakat luas sering menyebutnya dengan nama SMA Kokid.

Sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

Sekolah yang memiliki sebutan Kokid ini merupakan sebuah Sekolah Menengah Atas Negeri unggulan di Kabupaten Magelang yang berdiri di atas lahan seluas ± 3 hektare. Letaknya berada di Kota Mungkid yang merupakan ibukota dari Kabupaten Magelang, dan terletak sekitar ± 15 Km dari Kota Magelang, ± 30 Km dari Kota Yogyakarta, dan ± 80 Km dari Kota Semarang.

SMA Negeri 1 Kota Mungkid berlokasi di wilayah kabupaten Magelang, tepatnya di Jalan Mayor Unus Kota Mungkid, Desa Deyangan, Kecamatan Mertoyudan, kabupaten Magelang. Latar belakang berdirinya SMA Negeri 1 Kota Mungkid adalah adalah didorong oleh berpindahnya Ibu Kota Kabupaten Magelang dari tempat lama yang berdomosili berdekatan dengan wilayah sentral Kota Magelang menuju ke suatu wilayah di kabubaten Magelang yang sekarang bernama Kota Mungkid. Sebagai ibu kota kabupaten, waktu di wilayah kabupaten ( Kota Mungkid ) baru terdapat lembaga pendidikan jenjang TK, SD, dan SMP sehingga tidak lengkaplah domisili ibu kota kabupaten tanpa keberadaan lembaga pendidikan jenjang SMA. Berdasarkan latar belakang inilah terinspirasi didirikannya SMA Negeri yang berlokasi di wilayah Kota Mungkid dan karenanya di beri nama SMA Negeri 1 Kota Mungkid sebagai sekolah baru SMA Negeri 1 Kota Mungkid didirikan pada tanggal 18 Juli 1983 dan belum memilki gedung sendiri, sehingga proses belajar mengajar untuk sementara menggunakan gedung SMP Negeri 1 Kota Mungkid yang sekarang ini menjadi tetangga sekolah terdekat sambil menunggu selesainya pembangunan unit gedung baru ( UGB ) SMA Negeri 1 Kota Mungkid. UGB SMA Negeri 1 Kota Mungkid selesai dibangun untuk tahap pertama pada bulan Desember 1983, sehingga proses belajar mengajat di SMP Negeri 1 Kota Mungkid hanya berlangsung selama satu semester. UGB SMA Negeri 1 Kota Mungkid di resmikan sebagai gedung baru SMA Negeri 1 Kota Mungkid diresmikan penggunaanya oleh menteri pendidikan dan kebudayaan yaitu Prof. Dr. Nugroho Notosusanto pada tanggal 15 Desember 1983. Dengan diresmiikannya UGB SMA Negeri 1 Kota Mungkid maka seluruh proses belajar mengajar berpindah dari SMP Negeri 1 Kota Mungkid ke UGB SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Pada saat pendiriannya tahun pelajaran 1983/1984 SMA Negeri 1 Kota Mungkid menerima siswa tiga kelas yang terdiri dari 120 siswa dengan empat guru tetap yang dibantu oleh beberapa guru yang diperbantukan dari SMA Negeri 1 Magelang. Kepala sekolah definitif pada saat pendirian belum ada sehingga yang bertindak sebagai pejabat kepala sekolah adalah Bapak Drs. Wahono yang menjabat sebagai kepala SMA Negeri 1 Magelang. Seiring dengan selesainya UGB SMA Negeri 1 Kota Mungkid maka berdatanglah tiga guru baru sehingga staf pengajar menjadi tujuh orang. Demikian juga akhirnya SK Kepala sekolah definitif tiba dan dengan demilkian UGB baru maka pejabat kepala sekolah diserahkan kepada kepala sekolah pertama yaitu Bapak Drs. Soewarto SMA Negeri 1 Kota Mungkid didirikan di atas lahan pemerintah seluas 3 Ha.

Sekolah yang awalnya hanya memiliki 4 unit gedung saja terus dibangun dan dikembangkan menjadi sekolah yang memadai baik fisik, non fisik, maupun akademik. Pada lustrum IV tahun 2003, SMA Negeri 1 Kota Mungkid telah berkembang menjadi sekolah dengan akreditasi tipe A, dengan memiliki 18 ruang kelas, gedung perpustakaan, berbagai laboratorium serta ruang dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang memadai. Saat ini SMA Negeri 1 Kota Mungkid telah memiliki 24 ruang kelas baru.

Berikut adalah garis waktu sejarah dari SMA Negeri 1 Kota Mungkid :

  • Tahun 1983 - Sekolah berdiri dengan nama SMA UGB Kota Mungkid
  • Tahun 1990 - Berganti nama menjadi SMA Negeri Kota Mungkid
  • Tahun 2003 - Berganti nama menjadi SMA Negeri 1 Kota Mungkid dan melakukan pembangunan besar-besaran yang meliputi beberapa unit kelas dan laboratorium baru
  • Tahun 2009 - Menyandang Predikat sebagai Juara II Sekolah Sehat Nasional dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional
  • Tahun 2012 - Pembangunan dan Peresmian GOR SMA Negeri 1 Kota Mungkid
  • Tahun 2013 - Sekolah berganti alamat menjadi Jalan Letnan Tukiyat dan melakukan pembangunan besar-besaran yang meliputi pembangunan bagian muka sekolah, beberapa unit kelas baru, auditorium baru, kantor guru dan staff karyawan, Kantor HASKAM, dan ruang receptionist.

Lokasi sekolah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Kota Mungkid terletak di Jalan Letnan Tukiyat, Deyangan, Mertoyudan 56511 Kabupaten Magelang. Kira-kira berjarak sekitar 1 km dari Kantor Pemerintah Kabupaten Magelang (Balaikota Mungkid), dari simpang tiga sawitan masuk ke arah Kalinegoro. Letaknya berada di kawasan yang dipusatkan untuk pendidikan dengan suasana yang asri, tenang, dan ditambah pula dengan konsep penataan bangunan dan lingkungan yang menerapkan konsep Green School, menjadikan sekolah ini sangat nyaman dan menarik untuk disinggahi.

Makna dan arti lambang[sunting | sunting sumber]

  • Warna putih melambangkan arti kesucian, keikhlasan, dan kejujuran.
  • Warna hijau melambangkan arti kebersihan dan kesehatan.
  • Warna merah melambangkan arti keberanian dan pantang menyerah.
  • Warna biru melambangkan arti perjuangan.
  • Padi melambangkan cita-cita.
  • Kapas melambangkan tujuan.
  • Buku melambangkan sumber pendidikan.
  • Stupa Candi Borobudur melambangkan arti kebudayaan.

Profil siswa[sunting | sunting sumber]

Siswa-siswa SMA Negeri 1 Kota Mungkid berasal dari keluarga dengan berbagai kelas ekonomi. Siswa-siswa yang bersekolah di sekolah ini didominasi oleh siswa-siswa yang berdomisili di kecamatan-kecamatan Kabupaten Magelang bagian tengah dan selatan seperti Mertoyudan, Salaman, Tempuran, Mungkid, Sawangan, Borobudur, Muntilan, Srumbung, Dukun, Ngluwar, dan Salam.

Ada pula siswa-siswa yang berasal dari daerah-daerah lain di luar Kabupaten Magelang seperti Kota Magelang, Selo (Kabupaten Boyolali), Cepogo (Kabupaten Boyolali), Kalibawang (Kabupaten Kulonprogo, DIY), dll. Kebanyakan dari mereka, setiap tahunnya merupakan lulusan dari SMP Negeri 1 Muntilan, SMP Negeri 1 Mungkid (Blabak), SMP Negeri 1 Kota Mungkid, SMP Negeri 1 Borobudur, dan SMP Negeri 1 Salaman.

Daftar kepala sekolah[sunting | sunting sumber]

  • Soewarto (1983), merupakan kepala sekolah pertama yang merangkap sekaligus dua jabatan dengan jabatan utama sebagai kepala SMA Negeri 1 Magelang.
  • Drs. Soekardjo (1983-1994)
  • Drs. Suhardjono (1994-1995)
  • Drs. Mujahid A. Baifas (1995-1997)
  • Drs. Sardjono (1997 -2000)
  • Dra. Siti Wardhani, M.Pd. (2000-2005), merupakan kepala sekolah yang menjabat sejak tahun 1983 hingga 2004. Dia merupakan satu-satunya kepala sekolah wanita yang pernah menjabat sebagai Kepala SMA Negeri 1 Kota Mungkid.
  • H. Asfar Istiyono, S.Pd. (2005-2012), merupakan kepala sekolah yang menjabat sejak tahun 2004. Dia merupakan asli kelahiran Jepara, Jawa Tengah. Dia berhenti menjabat sebagai kepala SMA Negeri 1 Kota Mungkid pada awal tahun 2012 dan kini menjadi guru BK di SMA Negeri 2 Grabag.
  • Slamet Suprihanto, S.Pd, M.Pd. (2012), merupakan kepala sekolah sementara yang ditugaskan oleh Disdikpora Kabupaten Magelang untuk menggantikan peran H. Asfar Istoyono, S.Pd. Dia merupakan Kepala SMA Negeri 1 Mertoyudan.
  • Drs. Asep Sukendar, M.Pd. (2013-sekarang), merupakan kepala sekolah yang menjabat sejak tahun 2013 hingga saat ini. Dia asli kelahiran Bandung, Jawa Barat yang menempuh program sarjananya di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia dan menempuh program magisternya di Jurusan Manajemen Pendidikan Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta. Dia sebelumnya menjadi Kepala SMA Negeri 1 Muntilan yang menjabat sejak tahun 2010 dan juga pernah menjadi staff pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Taruna Nusantara.

Seragam[sunting | sunting sumber]

  • OSIS putih dan abu-abu dengan dasi
Dipakai setiap hari Senin dan Selasa.
  • Identitas kotak-kotak merah dan hitam
Dipakai setiap hari Rabu dan Kamis.
  • Pramuka
Dipakai setiap hari Jumat (khusus untuk Kelas X).
  • Identitas batik hijau dan putih
Dipakai setiap hari Jumat (khusus untuk kelas XI dan XII) dan Sabtu.
  • Jas almamater
Dipakai setiap ada kegiatan atau acara resmi.

Akreditasi[sunting | sunting sumber]

  • Nilai Akreditasi: 91[1]
  • Peringkat Akreditasi: A
  • Tanggal Penetapan: 27 Oktober 2011

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Kota Mungkid telah memiliki berbagai macam fasilitas maupun sarana dan prasarana berstandar internasional. Sekolah ini telah menerapkan sistem pembelajaran e-learning dengan proyektor LCD di seluruh ruangan dan koneksi Wi-Fi yang dapat diakses setiap waktu di seluruh area sekolah.

Sekolah ini memiliki pula ruangan khusus untuk setiap kegiatan ekstrakurikulernya dan fasilitas olahraga. SMA Negeri 1 Kota Mungkid juga memiliki auditorium dan hall yang berfungsi sebagai tempat menyelenggarakan berbagai acara dan kegiatan olahraga. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar fasilitas yang ada di SMA Negeri 1 Kota Mungkid:

  • 24 ruang kelas yang dilengkapi proyektor LCD
  • Laboratorium kimia yang dilengkapi proyektor LCD
  • Laboratiorium fisika yang dilengkapi proyektor LCD
  • Laboratorium biologi yang dilengkapi proyektor LCD
  • Dua laboratorium komputer yang dilengkapi proyektor LCD
  • Laboratorium bahasa yang dilengkapi proyektor LCD
  • Auditorium yang dilengkapi proyektor LCD
  • Masjid
  • 5 kantin utama
  • 1 kantin kejujuran
  • 1 koperasi siswa
  • Ruang bimbingan konseling
  • Hotspot Wi-Fi
  • CCTV
  • Perpustakaan yang dilengkapi dengan dua komputer, katalog buku, dan perpustakaan online
  • GOR (gedung olahraga) yang dapat menampung berbagai kegiatan akbar sekolah maupun kegiatan olahraga
  • Lapangan sepak bola
  • Lapangan upacara
  • Lapangan basket outdoor
  • UKS yang dilengkapi dengan tenaga medis dan obat-obatan gratis yang mencukupi
  • 20 unit WC
  • Halaman parkir seluas ± 250 meter persegi
  • Apotik hidup
  • Taman sekolah
  • Studio musik

Aspek Pembelajaran[sunting | sunting sumber]

Pengetahuan[sunting | sunting sumber]

Pengetahuan dalam Kurikulum 2013 sama seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya, yaitu penekanan pada tingkat pemahaman siswa dalam pelajaran. Nilai dari aspek pengetahuan bisa didapat dari Ulangan Harian, Ujian Tengah/Akhir Semester, dan Ujian Kenaikan Kelas. Namun, pada kurikulum 2013 pengetahuan bukan aspek utama seperti pada kurikulum-kurikulum sebelumnya.

Keterampilan[sunting | sunting sumber]

Keterampilan merupakan aspek baru dalam kurikulum di Indonesia. Keterampilan merupakan penekanan pada skill atau kemampuan, misalnya adalah kemampuan untuk mengemukakan pendapat, berdiksusi/bermusyawarah, membuat laporan, serta berpresentasi. Aspek Keterampilan merupakan salah satu aspek penting karena hanya dengan pengetahuan, siswa tidak dapat menyalurkan pengetahuan tersebut, sehingga hanya menjadi teori semata.

Sikap[sunting | sunting sumber]

Aspek sikap merupakan aspek tersulit untuk dinilai. Sikap meliputi sopan santun, adab dalam belajar, absensi, sosial, dan agama.

Program studi[sunting | sunting sumber]

  • Kelompok A (Wajib)
    • Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
    • Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    • Matematika
    • Bahasa Indonesia
    • Sejarah Indonesia
    • Bahasa Inggris
  • Kelompok B (Wajib)
    • Seni Budaya (Rupa/Musik/Tari/Teater)
    • Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
    • Prakarya dan Kewirausahaan (Rekayasa/Kerajinan/Budidaya/Pengolahan)
  • Kelompok C (Peminatan)
Ilmu Alam Ilmu Sosial
Matematika Peminatan Sejarah Peminatan
Fisika Geografi
Biologi Ekonomi
Kimia Sosiologi
Lintas Minat/Pendalaman Minat
Lintas Minat/Pendalaman Minat

Laporan Belajar[sunting | sunting sumber]

Laporan Belajar atau Rapor pada Kurikulum 2013 ditulis berdasarkan Interval serta dihapuskannya sistem ranking. Hal ini dilakukan untuk meredam persaingan antar siswa. Penilaian pada Rapor kurikulum 2013 dibagi kedalam 3 kolom yaitu Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap. Setiap kolom nilai (Pengetahuan dan Keterampilan) dibagi lagi menjadi 2 kolom yaitu kolom angka dan kolom huruf, setiap kolom diisi menggunakan nilai interval. Interval-interval tersebut adalah sebagai berikut:

Angka Huruf
1.00-1.33 D
1.34-1.66 C-
1.67-2.00 C
2.01-2.33 C+
2.34-2.66 B-
2.67-3.00 B
3.01-3.33 B+
3.34-3.66 A-
3.67-4.00 A

Tambahan Akademik[sunting | sunting sumber]

Kegiatan belajar dan mengajar di SMA Negeri 1 Kota Mungkid diadakan seperti sekolah-sekolah pada umumnya, yaitu Senin-Sabtu sesuai dengan peraturan dari Disdikpora Kabupaten Magelang. Ada pula penambahan pelajaran pada sore hari (pukul 14.00-16.00 WIB) untuk mata pelajaran yang berkaitan dengan UN dan SBMPTN. Selain itu, juga bekerjasama pula dengan para alumni yang terhimpun dalam HASKAM (Himpunan Alumni SMA Negeri 1 Kota Mungkid) untuk menambah wawasan dan tips bagi siswa-siswa kelas XI dan XII untuk mengenal program studi dan perguruan tinggi mana yang tepat dan sesuai dengan kemampuannya, sedangkan untuk kelas X, diadakan TPA (Tes Potensial Akademik) dan Tes IQ untuk mengetahui dan mengukur kemampuan daya pikir setiap siswa.

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Berikut adalah macam-macam kegiatan keorganisasian yang ada di SMA Negeri 1 Kota Mungkid:

Eksekutif[sunting | sunting sumber]

OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) adalah organisasi eksekutif bagi para siswa untuk menampung minat dan bakat mereka dalam berbagai bidang. Pengurus OSIS terdiri dari para siswa berkompeten yang terpilih melalui serangkaian seleksi. Pembina OSIS saat ini yaitu, Mulyadi, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang masa yaitu, berhasil menyelenggarakan Forum OSIS se-Magelang pada tahun 2012. Kantor OSIS berada di ruang OSIS gedung pusat kegiatan siswa. Pengurus OSIS memiliki atribut tambahan pada seragam, yaitu jas yang digunakan pada saat acara sekolah atau saat melaksanakan program kerja bersifat formal dan baju kerja saat acara sekolah atau saat melaksanakan program kerja yang bersifat non formal.

  • Daftar Ketua Umum:
    1. Tahun 2005/2006: Yoga Cahyono
    2. Tahun 2008/2009: Dimas Andriyanto Santoso
    3. Tahun 2009/2010: Muhammad Rois Alfin Rizal
    4. Tahun 2010/2011: Aimma Chusna
    5. Tahun 2011/2012: Iqdam Liberty Muhammad
    6. Tahun 2012/2013: Agung Rizqa Widodo
    7. Tahun 2013/2014: Aldi Bagas Setya Pratama
    8. Tahun 2014/2015: Beni Subagdja
    9. Tahun 2015/2016: Danang Giri Sadewa
  • Bidang
    1. Riset dan Teknologi: Memfasilitasi para siswa dalam mengembangkan riset dan teknologi,
    2. Pemberdayaan Sumber Daya Manusia: Melaksanakan sistem kaderisasi,
    3. Kajian dan Strategi: Mengkaji dan membahas isu-isu kebijakan sekolah dan pemerintah, utamanya dalam bidang pendidikan,
    4. Kewirausahaan: Memfasilitasi para siswa dalam bidang kewirausahaan dan memberi pemasukkan terhadap khas OSIS,
    5. Seni dan Olahraga: Memfasilitasi bakat dan minat para siswa dalam bidang seni dan olahraga,
    6. Sosial dan Kesejahteraan: Melaksanakan bakti sosial dan meningkatkan kesejahteraan para siswa,
    7. Media Informasi dan Komunikasi: Memberikan informasi ke luar dan ke dalam lingkup sekolah.

Legislatif[sunting | sunting sumber]

MPK (Majelis Perwakilan Kelas) adalah organisasi legislatif bagi para siswa untuk melakukan pengawasan terhadap kinerja OSIS dan menampung kritik, saran, dan aspirasi para siswa untuk kemudian dilakukan advokasi kepada kepala sekolah atau para wakil kepala sekolah agar kritik, saran, dan aspirasi tersebut dapat menjadi masukkan bagi pihak sekolah. Pengurus MPK terdiri dari perwakilan masing-masing kelas. Memiliki 3 Komisi yaitu A, B, dan C yang bertugas di bidangnya masing-masing.

Daftar Ketua Umum:

  1. Tahun 2007/2008: Ari Yudha
  2. Tahun 2008/2009: Kharis Kusnadi
  3. Tahun 2009/2010: Dimas Fajar Katon Wibowo
  4. Tahun 2010/2011: Arian Ade Ihwandi
  5. Tahun 2011/2012: Ikhsan Rizkitama Wicaksono
  6. Tahun 2012/2013: Wendy Eko Cahyono
  7. Tahun 2013/2014: Muhammad Yusuf Alfrian
  8. Tahun 2014/2015: Adhika Bagas Abhinawa
  9. Tahun 2015/2016: Muhamad Aufa Rivaldo Prasetyo
  10. Tahun 2016/2017: Winda Kusumawati

Rohani Islam[sunting | sunting sumber]

  • Rismakid adalah organisasi Islam yang bertugas menjalankan sistem kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ajaran Islam di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Pembina Rismakid saat ini yaitu, Drs. Achmad Zumrodi. Kantor Rismakid berada di masjid SMA Negeri 1 Kota Mungkid.
  • Daftar Ketua Umum:
  • 1. Tahun 2010/2011: Budi Raharjo
  • 2. Tahun 2011/2012: Muh Luthfianto
  • 3. Tahun 2012/2013: M. Haris Fajar
  • 4. Tahun 2013/2014: Agung N.
  • 5. Tahun 2014/2015: Totok Priyo Husodo
  • 6. Tahun 2015/2016: Rizkyana Febriyanti
  • Rokha adalah organisasi Nasrani yang bertugas menjalankan sistem kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ajaran Nasrani di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Kantor Rokha berada di ruang pelajaran agama Nasrani.
  • Kelompok Studi Buddha (KSB) adalah organisasi Buddha yang bertugas menjalankan sistem kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ajaran Buddha di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Kantor KSB berada di ruang perpustakaan.
  • Kesatuan Siswa Hindhu SMA Negeri 1 Kota Mungkid (Keswahinkid) adalah organisasi Hindhu yang bertugas menjalankan sistem kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan ajaran Hindhu di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Kantor Keswahinkid berada di ruang perpustakaan.

Sosial[sunting | sunting sumber]

  • Palang Merah Remaja (PMR) adalah organisasi palang merah yang terdiri dari para siswa yang memiliki tugas utama untuk menjadi pemberi P3K pada saat kegiatan outdoor sekolah maupun organisasi-organisasi lain, seperti upacara bendera, BIMA SAKTI, class meeting dan lainya. Kantor PMR berada di ruang PMR gedung pusat kegiatan siswa.
  • Pengurus Kantin Kejujuran (PKJ) adalah organisasi siswa yang dibentuk khusus untuk mengurusi data keuangan dan barang-barang yang dijual di kantin kejujuran sekolah. Kantor PKJ berada di kantin kejujuran.
  • Kelompok Studi Sosial dan Politik SMA Negeri 1 Kota Mungkid (Sospolikid) adalah organisasi siswa yang dibentuk oleh para siswa yang peduli terhadap masalah sosial dan politik. Melakukan kajian dan bahasan mengenai isu-isu dan permasalahan yang terjadi di daerah dan nasional. Para pengurus dan anggota Sospolikid ini biasanya sering dikirim mengikuti seminar-seminar kebangsaan dan lomba-lomba debat.

Pendidikan dan Riset[sunting | sunting sumber]

  • Tim Karya Ilmiah Remaja (KIR) adalah organisasi siswa yang memiliki kegiatan untuk melakukan penelitan-penelitian (inovasi) dan penulisan karya ilmiah. Pembina Mulyadi, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara II KIR Nasional. Kantor Tim KIR berada di laboratorium biologi.
  • Tim Kreatifitas Majalah Wisskom adalah organisasi siswa yang memiliki tujuan untuk melatih kreatifitas dalam bidang sastra dan jurnalistik yang memiliki tugas pula untuk mempublikasikan karya-karya para siswa di majalah dinding dan majalah Wisskom. Pembina Dra. Harsiyam. Kantor Tim Wisskom berada di laboratorium bahasa.
  • Tim Olimpiade adalah kumpulan siswa berprestasi dalam suatu bidang mata pelajaran di Kelas X dan XI yang akan mengikuti lomba atau olimpiade mata pelajaran antarsekolah baik di tingkat kabupaten (OSK), provinsi (OSP), nasional (OSN), maupun internasional (OSI). Berikut Tim Olimpiade dari SMA Negeri 1 Kota Mungkid:
  1. Osmatkid (matematika). Pembina Sutono, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara I OSK.
  2. Fiskakid (fisika). Pembina Sudarti, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara I OSK.
  3. Chemikid (kimia). Pembina Marjono, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara I OSK.
  4. Biokid (biologi). Pembina Mulyadi, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara III OSP dan Juara III Olimpiade Nasional Biologi di UGM.
  5. Galaxkid (astronomi). Pembina Drs. Ardani. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara II OSK.
  6. Comkid (komputer). Pembina Kismawanto, ST. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara II OSK.
  7. Geograkid (kebumian). Pembina Drs. Yutono. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara III OSP.
  8. Ekokid (ekonomi). Pembina Dra. Siti Maemunah. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara I OSK.
  9. Rotronkid (robotika dan mekatronika). Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara II Olimpiade Nasional Robotik di ITS.
Kantor Tim Olimpiade berada di laboratorium masing-masing.
  • ESC adalah klub bahasa inggris SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang anggota-anggotanya adalah para siswa yang mengikuti ekstrakurikuler English Speaking Klub. Pembina Sajad, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara II Debat Bahasa Inggris Tingkat Kabupaten dan Juara III Story Telling Tingkat Provinsi.

Semi Militer[sunting | sunting sumber]

  • Korps Sanjaya dan Pramudya Wardani adalah organisasi kepramukaan yang terdiri dari Dewan Ambalan Bantara dan Dewan Ambalan Laksana. Dewan Ambalan Bantara memiliki fungsi eksekutif untuk menjalankan sistem kepramukaan di SMA Negeri 1 Kota Mungkid, sedangkan Dewan Ambalan Laksana memiliki fungsi yudikatif untuk menjalankan pengawasan terhadap kinerja Dewan Ambalan Bantara.
  • Pasukan Pengibar Bendera (Paskubara) adalah tim yang memiliki bakat dan minat dalam tata upacara bendera dan baris berbaris, biasanya tim ini menjadi petugas upacara bendera hari nasional dan mewakili sekolah mengikuti lomba TUB/PBB. Tempat berkumpul Paskubara berada di lapangan upacara bendera.
  • Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) adalah pasukan yang bertugas membawa bendera merah putih, bendera lambang OSIS, dan bendera lambang Tunas Kelapa dalam upacara pelantikan kepengurusan keorganisasian baru. Tempat berkumpul Pataka berada di lapangan upacara bendera.
  • Patroli Keamanan Sekolah (PKS) adalah suatu organisasi yang ditugaskan untuk menjaga kondusifitas dan keamanan sekolah sesuai dengan norma yang berlaku. PKS mendidik anggotanya untuk berdisiplin, berani dan bertanggung jawab. Patroli Keamanan Sekolah yang beranggotakan siswa-siswa SMA Negeri 1 Kota Mungkid ini bekerja sama dengan Kepolisian Resor Magelang yang bermarkas di Kota Mungkid untuk mengadakan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah. Tempat berkumpul PKS berada di lapangan upacara bendera.
  • STALAKMID adalah organisasi pecinta alam SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Pembinanya saat ini yaitu, Ikhsan Rizkitama W. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, pendakian ke Gunung Semeru, Jawa Timur yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Kantor STALAKMID berada di ruang Pramuka gedung pusat kegiatan siswa.

Seni dan Olahraga[sunting | sunting sumber]

  • SIKMA B. C. adalah klub basket SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang pemain-pemainnya adalah anggota ekstrakurikuler basket. SIKMA Basketball Club ini biasanya mewakili sekolah dalam perlombaan dan pertandingan basket antarsekolah. Pembina Sulistyo Pribadi, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara II Popda Kabupaten dan Juara II TN Cup. Tempat berkumpul SIKMA berada di lapangan basket.
  • KOKID F. C. adalah klub futsal SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang pemain-pemainnya adalah anggota ekstrakurikuler futsal. KOKID Futsal Club ini biasanya mewakili sekolah dalam perlombaan dan pertandingan futsal antarsekolah. Pembina Makmuri, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara I Popda Kabupaten dan Juara II TN Cup. Basecamp KOKID F. C. berada di GOR.
  • KOKID S. C. adalah klub sepak bola SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang pemain-pemainnya adalah anggota ekstrakurikuler sepak bola. KOKID Soccer Club ini biasanya mewakili sekolah dalam perlombaan dan pertandingan sepak bola antarsekolah. Pembina Makmuri, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara I Popda Kabupaten dan Juara II TN Cup. Basecamp KOKID S. C. berada di lapangan basket outdoor.
  • Gemilang Gita Bahana Musica adalah organisasi paduan suara dan musik SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Pembina Sumarto, S. Pd. Prestasi tertinggi sepanjang sejarah, Juara I Lomba Paduan Suara Tingkat Kabupaten. Tempat berkumpul GGBM berada di studio musik.
  • KEJORA adalah organisasi teater SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Organisasi ini merupakan organisasi yang para anggotanya merupakan siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstra kurikuler teater. Setiap tahunnya, KEJORA mengadakan program kerja berupa seni pertunjukkan teater dan mengundang teater-teater dari sekolah lain untuk ikut memeriahkannya.
  • KOKID FANS adalah kelompok supporter SMA Negeri 1 Kota Mungkid. KOKID FANS biasanya akan mendukung dan meramaikan suasana pertandingan SIKMA B. C., KOKID F. C., dan KOKID S. C. dalam berbagai ajang, seperti pertandingan persahabatan, POPDA, dan PORProv.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 1 Kota Mungkid memiliki kegiatan ekstra kurikuler yang cukup beragam untuk menampung minat dan bakat para siswanya. Kegiatan ekstra kurikuler tersebut antara lain:

Pendidikan dan Riset[sunting | sunting sumber]

  • English Speaking Club (ESC)
  • English for Tourism (EFT)
  • Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)
  • Desain grafis
  • Kelompok Studi Robotika dan Mekatronika (Rotronkid)

Seni[sunting | sunting sumber]

  • Tari
  • Teater (Kejora)
  • Musik (Gemilang Gita Bahana Musica)
  • Paduan Suara (Gemilang Gita Bahana Musica)
  • Perkusi
  • Sablon
  • Menjahit

Olahraga[sunting | sunting sumber]

  • Sepak bola (KOKID S. C.)
  • Futsal (KOKID F. C)
  • Basket (SIKMA B. C)
  • Badminton
  • Tenis Meja
  • Tenis Lapangan
  • Sepak Takraw
  • Renang
  • Voli
  • Pencak Silat
  • Karate
  • Atletik

Semi Militer[sunting | sunting sumber]

  • Pramuka
  • Pecinta alam (Stalakmid)
  • Upacara dan Baris-berbaris

Sosial[sunting | sunting sumber]

  • Jurnalistik
  • Palang Merah Remaja
  • Kelompok Studi Sosial dan Politik (Sospolikid)

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Prestasi internasional[sunting | sunting sumber]

  • Menjalin kerjasama dengan Rotary Yoneyama Scolarship dari Jepang untuk bidang penghijauan lingkungan, pertukaran budaya, dan pertukaran siswa[3].

Prestasi nasional[sunting | sunting sumber]

  • Juara II Nasional Lomba Karya Ilmiah Remaja (Memproduksi Kue Kaya Akan Protein dari Bahan Telur Keong)
  • Rekaman dan Release Sebuah Lagu oleh Past Tense Band yang berjudul Keindahan Cinta. Lagu tersebut menjadi hits dan beredar luas di masyarakat.
  • Juara II Nasional Lomba Sekolah Sehat dan Kebersihan Lingkungan
  • Juara I Nasional Lomba Guru Teladan dan Berprestasi oleh Sutono, S. Pd.
  • Juara III Nasional Lomba Guru Teladan dan Berprestasi oleh Eny Nastyanti, S. Pd.
  • Juara III Nasional Lomba Penulisan Sejarah oleh Dra. Kusniani
  • Juara III Nasional Lomba Karate Kelas Kata
  • Juara III Olimpiade Sains Nasional Bidang Biologi di Universitas Gadjah Mada
  • Pemilihan Duta Telkomsel Community
  • Juara II Nasional Lomba Robotika dan Mekatronika di Institut Teknologi Sepuluh November
  • Mengirimkan beberapa wakil dalam Jambore Nasional V-IX
  • Mengirimkan wakil untuk bergabung dalam Tim Paskibraka di Istana Merdeka, Jakarta

Prestasi provinsi[sunting | sunting sumber]

Daftar Prestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah

Prestasi kabupaten[sunting | sunting sumber]

Daftar Prestasi tingkat Kabupaten Magelang

Kerjasama[sunting | sunting sumber]

Sister School[sunting | sunting sumber]

  • SMA Negeri 1 Purworejo
Kerja sama ini dijalin semenjak OSIS SMA Negeri 1 Kota Mungkid melakukan kunjungan kerja ke SMA Negeri 1 Purworejo pada tahun 2010. Semenjak saat itu, terjalin hubungan yang positif antara kedua sekolah khususnya dalam kegiatan-kegiatan OSIS.
  • SMA Negeri 5 Palu
Kerja sama ini dijalin semenjak Kepala SMA Negeri 1 Kota Mungkid H. Asfar Istiyono, S.Pd. kala itu memiliki sahabat yang merupakan Kepala SMA Negeri 5 Palu. Hingga pada akhirnya terjalin hubungan yang baik antara kedua sekolah. Sudah dua kali SMA Negeri 5 Palu melakukan kunjungan kerja ke SMA Negeri 1 Kota Mungkid.
  • Rotary Yoneyama Scolarship
Kerja sama ini dijalin semenjak mereka mengadakan penyuluhan dan peresmian penghijauan lingkungan di SMA Negeri 1 Kota Mungkid pada tahun 2013.

Instansi Pemerintah[sunting | sunting sumber]

  • Polres Magelang
Kerja sama ini dijalin dalam bidang Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang terjalin sejak tahun 2011.
  • Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga
Kerja sama ini dijalin dalam bidang seminar serta pertemuan siswa, guru, dan kepala sekolah se-Kabupaten Magelang.

Instansi Swasta[sunting | sunting sumber]

  • Telkomsel
Kerja sama ini dijalin dalam bidang advertising yang dilakukan pada lapangan basket outdoor, kantin, dan dinding belakang sekolah, selain itu juga dalam financing BIMA SAKTI setiap tahunnya. Bahkan, salah seorang siswa SMA Negeri 1 Kota Mungkid pada tahun 2011 yaitu Dorojatun Ikhwan Lazuardi H terpilih menjadi Duta Telkomsel School Community Region Jateng-DIY dan mengikuti kegiatan ke Singapore dan Hong Kong.

Acara Akbar[sunting | sunting sumber]

English Party[sunting | sunting sumber]

English Party adalah sebuah acara yang mana dalam satu hari tersebut para siswa-siswi mengenakan pakaian adat Eropa, bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris seharian, dan diadakan pula lomba antarsiswa di bidang bahasa Inggris seperti sing an english song, story telling, paper presentation, dan english debate.

Pentas pagelaran Bima Sakti[sunting | sunting sumber]

BIMA SAKTI adalah sebuah mahakarya pertunjukan seni dan budaya siswa-siswa SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang biasanya diadakan pada awal tahun. BIMA SAKTI merupakan singkatan dari Big Musical Art of SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Acara ini untuk kali pertama diadakan pada tahun 2011 dengan nama BIMA SAKTI, kemudian pada tahun 2012 diberi nama BIMA SAKTI II, hingga tahun 2014 diberi nama BIMA SAKTI IV. BIMA SAKTI telah berhasil mengundang berbagai bintang papan atas seperti Ahmad Dani Music School dan Captain Jack. Namun sejauh ini, BIMA SAKTI masih merupakan sebuah acara intern yang hanya boleh dihadiri oleh para siswa dan alumni. Pada tahun-tahun berikutnya, BIMA SAKTI akan terus dilanjutkan dan dipertahankan sebagai kegiatan regenerasi dan identitas dari SMA Negeri 1 Kota Mungkid di mata publik.

Pesta Andromeda[sunting | sunting sumber]

Andromeda atau Anniversary and Creativity Through Music Art Exibition of Delapan Tiga merupakan serangkaian acara HUT Peringatan SMA Negeri 1 Kota Mungkid dan diadakan setiap tanggal 15 Desember.

Liga KOKID[sunting | sunting sumber]

KOKID League atau Liga KOKID adalah kompetisi futsal antarkelas yang ada di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Pertandingan diadakan setiap akhir pekan dan menggunakan sistem liga. Lapangan futsal yang digunakan adalah lapangan futsal SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang ada di dalam hall (indoor) dan lapangan basket yang ada di bagian muka (outdoor).

Piala KOKID[sunting | sunting sumber]

KOKID Cup atau Piala KOKID adalah kompetisi sepak bola dan basket antarsekolah yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Kota Mungkid dan menggunakan sistem gugur. Peserta kompetisi ini adalah SMA/MA/SMK yang ada di sekitar Kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Pertandingan menggunakan lapangan sepak bola SMA Negeri 1 Kota Mungkid, GOR SMA Negeri 1 Kota Mungkid, dan lapangan basket outdoor SMA Negeri 1 Kota Mungkid.

Pameran Pendidikan Magelang[sunting | sunting sumber]

Magelang Education Fair atau Pameran Pendidikan Magelang adalah sebuah acara sosialisasi mengenai civitas kampus, program studi, profil perguruan tinggi dan info seleksi masuk perguruan tinggi. Acara ini diadakan oleh Haskam bekerjasama dengan sekolah. Acara diadakan setiap awal tahun dan diikuti oleh seluruh siswa-siswa, utamanya kelas XII yang ada di Kota/Kab. Magelang dan sekitarnya.

Dalam acara tersebut, diadakan stand expo perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia dan ruang Focus Class Discussion sebagai tempat bagi siswa-siswa untuk bertanya dan mengenal lebih dekat kampus dan program studi yang akan mereka tuju nantinya. Selain itu, juga diadakan tryout simulasi masuk perguruan tinggi negeri di SMA Negeri 1 Kota Mungkid yang diikuti pula oleh seluruh siswa/i kelas XII yang ada di Kota/Kab. Magelang dan sekitarnya.

KOKID ngepit[sunting | sunting sumber]

KOKID Ngepit adalah sebuah aksi siswa-siswa SMA Negeri 1 Kota Mungkid dalam mengkampanyekan hari antipolusi kepada masyarakat luas. Pada aksi tersebut, siswa-siswa menggunakan sepeda setiap hari Sabtu untuk berangkat ke sekolah. Aksi ini mendapat apresiasi dari Bupati Magelang dan Kapolres Magelang.

KEJORA in Performance[sunting | sunting sumber]

KEJORA in Performance adalah sebuah pertunjukkan teater SMA Negeri 1 Kota Mungkid (KEJORA) yang diikuti pula oleh tim-tim teater dari sekolah-sekolah lain yang berpartisipasi dalam acara ini.

Penerimaan Tamu Ambalan[sunting | sunting sumber]

PTA atau Penerimaan Tamu Ambalan adalah sebuah acara kemah besar yang diadakan di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Acara ini ditujukan untuk menyambut para siswa-siswa baru di SMA Negeri 1 Kota Mungkid.

Class Meeting[sunting | sunting sumber]

Class Meeting adalah kegiatan perlombaan antarkelas yang diadakan setiap pekan akhir semester ganjil.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Dalam bidang kesehatan, SMA Negeri 1 Kota Mungkid memiliki ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah) yang memadai dan telah dibuktikan dengan keberhasilannya memperoleh Juara II Nasional dalam Lomba Sekolah Sehat. Selain itu, ruang UKS SMA Negeri 1 Kota Mungkid memang memiliki perlengkapan obat-obatan yang memenuhi dan beberapa tenaga medis maupun perawat terdidik. SMA Negeri 1 Kota Mungkid juga memiliki apotik hidup yang telah menghasilkan berbagai produk jamu dan obat-obatan yang dipasarkan ke pasaran.[butuh rujukan]

Himpunan alumni[sunting | sunting sumber]

Para alumni SMA Negeri 1 Kota Mungkid terhimpun dalam sebuah organisasi yang bernama HASKAM. HASKAM pada mulanya diprakarsai oleh Yoga Cahyono, ST., MT. yang merupakan lulusan SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun 2006 yang kemudian menjabat sebagai presiden pertama HASKAM terhitung sejak HASKAM diresmikan. HASKAM didirikan karena minimnya informasi mengenai perguruan tinggi terhadap siswa-siswa dan ditemukannya kesulitan untuk menyelenggarakaan reuni akbar saat itu, sehingga dia memiliki ide untuk mendirikan sebuah himpunan alumni yang kemudian diberi nama HASKAM.

HASKAM diresmikan oleh Kepala SMA Negeri 1 Kota Mungkid H. Asfar Istiyono, S. Pd. pada tanggal 15 Juli 2010 bertempat di lapangan upacara SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Saat ini, HASKAM semakin aktif dengan AD/ART dan berbagai program kerja dengan presiden terpilih untuk periode 2014 yaitu Maksum Fuadi. Program kerja terbesar HASKAM yaitu Magelang Education Fair, Magelang Job Fair, dan Reuni Akbar Lintas Angkatan.

Beasiswa[sunting | sunting sumber]

Beasiswa yang disediakan oleh SMA Negeri 1 Kota Mungkid yaitu:

  • Beasiswa Alumni
Beasiswa ini diberikan kepada siswa/i terbaik di setiap program studi di setiap angkatan.
  • Beasiswa Sekolah
Beasiswa ini diberikan kepada tiga siswa/i terbaik di setiap kelas.
  • Beasiswa Pemerintah dan Swasta
Beasiswa ini diberikan kepada siswa/i yang mengajukkan diri untuk mendapatkan beasiswa.

Galeri foto[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]