SMA Negeri 1 Kandanghaur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo SMA Negeri 1 KandanghaurInfo Info:
SMA Negeri 1 Kandanghaur
Informasi
Alamat
Moto

SMA Negeri 1 Kandanghaur atau disingkat SMAN 1 Kandanghaur adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang berada di Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu. Sekolah ini beralamat di JL. Raya Kandanghaur, No. 286, Kandanghaur, Jawa Barat.

Sekolah ini adalah salah satu Sekolah menengah atas favorit di wilayah Indramayu bagian barat.

Sejarah Singkat Berdirinya SMA Negeri 1 Kandanghaur

Kondisi masyarakat Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, khususnya dalam bidang pendidikan sampai pada tahun 1978 sama sekali belum merasakan adanya sebuah lembaga formal pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri padahal pada waktu itu lulusan-lulusan SLTP yang ada di Kecamatan Kandanghaur dan sekitarnya tidak terbendung dan kebanyakan para lulusan SLTP tersebut melanjutkan sekolahnya ke Indramayu kota yang jaraknya hampir 50 KM. Melihat kondisi tersebut masyarakat Kecamatan Kandanghaur khususnya dan wilayah Indramayu bagian bagian barat pada umumnya menuntut kepada pemerintah agar segera dilakukannya pengadaan sarana pendidikan setingkat SMA Negeri.

Untuk memenuhi permintaan dan keinginan dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari para pelajar lulusan STP, mahasiswa sampai pada organisasi kemasyarakatan dan tokoh-tokoh masyarakat dilingkungan Kecamatan Kandanghaur khususnya dan wilayah Indramayu bagian barat pada umumnya mengenai perlunya didirikan sebuah lembaga pendidikan formal setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan tersebut, Dinas Pendididkan dan Kebudayaan kabupaten Indramayu merespon keinginan masyarakat dengan langsung melakukan pendataan segala sesuatunya mengenai syarat-syarat pembangunan sekolah, meliputi pendataan jumlah lulusan SLTP di Kecamatan Kandanghaur dan sekitarnya, lokasi sekolah, sampai pada tim perintis pembangunan.

Setelah memenuhi persyaratan diadakannya pembangunan sekolah, maka dimulailah pembangunan sekolah itu pada pertengahan tahun 1978 yang berlokasi di Jalan Raya Kandanghaur nomor 286 Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Seiring dengan pembangunan sekolah tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu mulai merekrut siswa-siswi untuk masuk sebagai peserta didik baru SMA Negeri 1 Kandanghaur yang sedang dibangun dilingkungan Kecamatan Kandanghaur pada tahun ajaran baru 1978. Perekrutan calon peserta didik baru ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas 3 SMP/MTs yang berada di wilayah Indramayu bagian barat terutama siswa-siswi kelas 3 SMP/MTs yang berada di Kecamatan Kandanghaur. Sehingga akhirnya didapatkan pada awal tahun ajaran baru di sekolah yang diberi nama SMA Negeri 1 Kandanghaur itu sebanyak 168 siswa-siswi sebanyak 4 rombongan belajar.