SMA Islam Dian Didaktika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Islam Dian Didaktita
Informasi
Didirikan30 Januari 2007
JenisSwasta
AkreditasiA[1]
Nomor Statistik Sekolah301520246430
Nomor Pokok Sekolah Nasional20246430
Kepala SekolahRuslan, S.Pd
Jumlah kelasX: 5, XI: 5, XII: 5
Rentang kelasX, XI, XII
KurikulumKurikulum 2013Kurikulum Merdeka
StatusSekolah Standar Nasional
Alamat
LokasiJalan Rajawali №10, Gandul, Kec. Cinere, Depok, Jawa Barat, Indonesia
Tel./Faks.(021) 7533318
Situs webSitus Resmi
Surelsma@diandidaktika.sch.id
Moto

SMA Islam Dian Didaktita[2] adalah sebuah sekolah menengah atas swasta berbasis Islam yang terletak di Gandul, Kec. Cinere. SMA Islam Dian Didaktita berdiri pada tahun 2007. Kepala sekolah sekarang adalah Ruslan, S.Pd. Status Sekolah ini adalah Sekolah Standar Nasional.[3]

Pengembangan Akademik[sunting | sunting sumber]

1. SIAGA UN:

a. Try Out dalam tujuh sesi:Siswa didrill untuk mengerjakan soal UN, dilanjutkan dengan pendalaman materi dan analisis terhadap kesulitan siswa dalam mengerjakan soal-soal.

b. Klinik:Bimbingan secara intensif, terbagi ke dalam 3 kelompok belajar berdasarkan tingkat masalah/kesulitan belajar siswa

c. LSI (Layanan Super Intensif UN):Siswa diasramakan di sekolah (24 jam) selama seminggu, sehingga mereka lebih fokus belajar dan meningkatkan mental spiritual mereka. Kegiatannya berupa simulasi UN (inkubasi & try out) yang dikemas dalam kegiatan yang menarik (fun learning), serta kegiatan-kegiatan bernuansa spiritual (tahajud, tadarus, motivasi spiritual, dll.)

2. PERSIAPAN KE PERGURUAN TINGGI:'

a. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri): SMA Islam DD mendapat undangan dari 61 PTN seluruh Indonesia untuk mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri melalui jalur undangan, tanpa tes.

b. PPKB (prestasi dan pemerataan kesempatan belajar): SMA Islam DD mendapat undangan khusus dari UI untuk mengikuti seleksi masuk tanpa tes. UI hanya mengundang sekolah-sekolah unggulan yang tepercaya dan bersyarat (50% terbaik di sekolah).

c. Tes Minat & Bakat untuk Perguruan Tinggi: Tes ini bertujuan untuk mengetahui minat dan bakat siswa untuk memasuki PT.

3. OSN (OLIMPIADE SAINS NASIONAL: SMA Islam DD mempersiapkan siswa-siswinya yang terpilih melalui seleksi khusus olimpiade, dari kelas X dan kelas XI. Program ini memuat materi diklat dan pembinaan intensif yang diadakan sebanyak dua kali dalam seminggu. Nantinya, siswa yang dianggap siap OSN akan dikirimkan untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi dan olimpiade sains, mulai dari tingkat kota, provinsi, nasional,maupun internasional. OSN ini dibimbing oleh para pendidik berpengalaman di bidangnya dan telah berprestasi dalam berbagai ajang kompetisi dan olimpiade. Dan secara periodik, SMA DD juga mengundang para trainer/dosen tamu berpengalaman yang pernah menjuarai olimpiade. Materi OSN, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer, Geografi, Kebumian, dan Astronomi.

4. O2SN (OLIMPIADE OLAHRAGA&SENI NASIONAL): Selain dalam bidang sains, SMA Islam Dd juga mengembangkan ketrampilan olahraga & seni budaya, sesuai dengan motto Dd “Promoting science, sport, and art in Islamic Spirit”. Model pembinaan program ini sama dengan model yang diterapkan pada OSN.

5. Pengayaan (enrichment): Program ini diberikan kepada siswa yang memiliki hasil ujian sangat baik dan secara konsisten mempertahankan nilai tersebut. Program ini bertujuan agar siswa sukses mengikuti SMNPTN melalui jalur undangan.

6. Pendalaman Materi (PM): Program ini wajib diikuti oleh kelas XII sebagai persiapan UN. Pogram ini akan dimulai setelah ujian tengan semester (UTS I).

7. Remedial Teaching: Program ini diberikan kepada siswa yang belum tuntas dalam belajar atau nilainya di bawah KKM (minimal KKM 75). Pelaksanaan program ini di luar KBM.

8. Karya Tulis Ilmiah:

a. Observasi Singkat: siswa melakukan magang singkat (maksimal 7 hari) di sebuah perusahaan/institusi yang mereka minati. Setelah itu, mereka membuat laporan hasil pengamatan mereka.

b. Studi Pustaka: Siswa melakukan studi pustaka sesuai dengan pilihan topik yang diberikan. Dalam proses penulisan karya ilmiah ini, setiap siswa dibimbing oleh guru-guru, baik secara teknis maupun materi. Setelah itu, karya tulis yang sudah direkomendasi akan diujikan dan menjadi prasyarat untuk mengikuti ujian praktik dan ujian tulis semester II.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama akre
  2. ^ "Detail Sekolah SMAS Islam Dian Didaktita". dapodik.disdik.jabarprov.go.id. Diakses tanggal 2022-08-03. 
  3. ^ "Data Pokok SMAS ISLAM DIAN DIDAKTIKA - Pauddikdasmen". dapo.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2022-08-03. 

Templat:SMA Islam di Depok Templat:SMA di Depok