SMA Negeri 2 Muara Bungo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SMAN 2 Muara Bungo)

SMAN 2 Muara Bungo adalah Sekolah Menengah Atas yang beralamat di Jalan Pangeran Diponegoro, Rimbo Tengah, Bungo, provinsi Jambi. Sekolah ini memiliki luas tanah 37,901 m².[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah ini telah beroperasi semenjak tahun ajaran 1982-1983 tepatnya dipertengahan Juli 1982 dengan waktu penyelenggaraan belajar mengajar di pagi hari. Awal mula berdirinya SMAN 2 Muara Bungo dipimpin oleh Drs. Zamach Sari yang juga sebagai kepala SMAN 1 Muara Bungo. Saat itu pelajar SMAN 2 berasal dari SMAN 1 Muara Bungo kelas sore. Selanjutnya Rustam Mahmud BA diangkat menjadi PLH SMAN 2 Muara Bungo yang telah memiliki pelajar sebanyak enam kelas, dengan jumlah kelas 1, 2 dan 3 masing-masing dua kelas. Jumlah tenaga edukasi pada saat itu berjumlah sebanyak 12 guru bidang studi dan 1 guru agama, sedangkan tenaga administrasi terdiri dari Kepala Tata Usaha H. Darwis dan Wakil Tata Usaha Duwono. Tenaga edukasi SMAN 2 Muara Bungo mulanya berasal dari SMAN 1 Muara Bungo.

Dengan pertimbangan pertambahan jumlah penduduk, meningkatnya minat sekolah di masyarakat dan terbatasnya daya tampung SMA Negeri yang ada di Kabupaten Bungo Tebo (sekarang menjadi Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tebo) serta telah terpenuhinya persyaratan mendirikan sebuah sekolah negeri maka pada 09 Oktober 1982 SMAN 2 Muara Bungo diresmikan dengan nomor operasional 0298/C/1982. Setelah resmi berstatus negeri Dra. Asnidar Mochtar terpilih menjadi Kepala SMAN 2 Muara Bungo. Sejak saat itu seragam sekolah SMAN 2 adalah Putih-Putih (sejak 2012 logo SMAN 2 Muara Bungo dibubuhkan pada seragam menggantikan Logo OSIS).

Musibah[sunting | sunting sumber]

SMAN 2 Muara Bungo pernah mengalami musibah berupa kebakaran pada tanggal 14 April 2007. Waktu itu sekitar pukul 21.30 WIB, sebanyak 6 Ruang Belajar, Laboratorium Komputer, Laboratorium Fisika, Ruang Penyimpanan Band, Ruang Kepala, Ruang Wakil, Ruang BP/BK, Ruang Tata Usaha, Ruang OSIS, Ruang Koperasi Siswa, dan Ruang Perpustakaan habis dilalap api. Ujian Nasional 2007 yang dijadwalkan 16 April 2007 saat itu tetap berlangsung dan dilaksanakan di tempat yang tidak jauh dari SMAN 2 Muara Bungo yaitu di SMPN 3 Muara Bungo. Dengan 10 ruang belajar yang tersisa meski terhambat proses belajar mengajar tetap berlangsung dengan pengalihfungsian sementara Laboratorium Bahasa dan Laboratorium IPA menjadi kelas darurat. Pada tahun 2008 SMAN 2 Muara Bungo mendapat perhatian oleh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat untuk membangun kembali sarana dan prasarana yang terbakar, dibangunlah sekolah menjadi 2 lantai yang memiliki 12 Ruang Belajar, 1 Ruang Guru, 1 Ruang Wakil, 1 Ruang Kepala, 1 Ruang Tata Usaha, 1 Ruang ICT dan 1 Ruang Perpustakaan. Tahun Ajaran 2009/2010 gedung baru telah bisa dimanfaatkan sesuai fungsinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rajab Sihotang. 2011. Tugas Akhir. Perancangan Situs Web SMAN 2 Muara Bungo Jambi. USU Medan.

2. ZUL EFENDI. 2015. Tesis. Pengaruh Gaya Kepemimplnan Dan Motivasi Ketua Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Muara Bungo Kabupaten Bungo