Sekolah Kristen Immanuel Pontianak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SKI)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sekolah Kristen Immanuel
Informasi
Didirikan1948
JenisSekolah Kristen
Rentang kelasTK sampai 12
Jumlah siswa±6000 siswa
StatusSwasta
Alamat
LokasiJalan Letnan Jenderal Sutoyo, Komplek Sutoyo Indah, Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Bendera Indonesia Republik Indonesia
Situs webski.sch.id
Moto
MotoCerdas, Bijak, Bertanggung jawab

Sekolah Kristen Immanuel (disingkat sebagai SKI) adalah Sekolah Kristen yang terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. SKI yang berada di bawah naungan Yayasan Gereja Protestan Kampung Bali Pontianak memiliki jenjang pendidikan mulai dari Taman kanak-kanak hingga SMA, antara lain:

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1948, berdirilah sekolah “Lok Yok” (yang berarti “sukacita”) yang berbahasa Tionghoa, di dalam kompleks Gereja Kristen Kalimantan Barat (GKKB) Jemaat Pontianak. Pada tahun 1953, dibentuklah Yayasan Gereja Protestan Kampung Bali dengan akta yayasan No. 8 tanggal 18 September 1953. Yayasan ini dibentuk dengan tujuan untuk mengelola aset gereja agar dapat berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya adalah sekolah “Lok Yok”. Pada perkembangan selanjutnya Sekolah Tionghoa “Lok Yok” berubah nama menjadi SD Swasta Protestan - yang merupakan sekolah nasional berbahasa Indonesia.[1]

Pada tanggal 1 Juli 1979, SD Swasta Protestan resmi berganti nama menjadi SD Kristen Immanuel, yang dipakai sampai dengan hari ini. Pada tahun 1976, Sekolah Kristen Immanuel menambah unit baru yaitu TK Kristen Immanuel dengan izin operasional No. 040/Kep/1976, dahulu bertempat di Kompleks SD Kristen Immanuel, kemudian pada tahun 1980, dibangun Gedung TK di di Jl. Gajahmada No. 250, tepat di samping Gedung GKKB Jemaat Pontianak. Pada tahun 1979, SKI juga menambah unit sekolah baru yakni unit SMP Kristen Immanuel, dengan surat izin operasional No. 531/I.14RI/1979. Pada mulanya SMP ini memakai lokasi yang sama dengan SD, dan baru pindah ke lokasi sekarang di Jl. Letjen Sutoyo pada tahun 1987. Seiring dengan berjalannya waktu, SKI terus berkembang pesat sehingga saat ini sudah memiliki 9 unit sekolah, yaitu 2 unit TK, 2 unit SD, 2 unit SMP, 2 unit SMK dan 1 unit SMA ditambah dengan 3 unit Immanuel Bilingual Class (IBC) yang terdiri dari SD IBC, SMP IBC, dan SMA IBC; dengan jumlah murid saat ini lebih dari 6000 jiwa.

Semboyan[sunting | sunting sumber]

Cerdas, Bijak, Bertanggung Jawab

Filosofi[sunting | sunting sumber]

  • Alkitab sebagai Firman Allah merupakan dasar pengajaran SKI.
  • Manusia sebagai ciptaan menurut rupa dan gambar Allah memiliki potensi untuk berkembang, namun karena kejatuhannya dalam dosa mengakibatkan kelemahan yang perlu disadari dan diperbaiki.
  • Peningkatan kemampuan siswa mengacu pada 4 kemampuan dasar:
  1. Membaca dengan lancar disertai pemahaman dan daya analitis.
  2. Menulis dengan jelas dan yakin.
  3. Berbicara dengan fasih.
  4. Menghitung dengan cepat dan tepat.
  • Proses belajar mengajar SKI dilakukan sesuai dengan tahap perkembangan siswa seutuhnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]