Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se-Besuki Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari SBMPTBR)
Lompat ke: navigasi, cari

SBMPTBR atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se-Besuki Raya adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi dengan ujian tertulis yang diselenggarakan atas kerja sama Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta di Se-Besuki Raya. Sebanyak 49 (empat puluh sembilan) Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang berada di wilayah Eks Karesidenan Besuki, Probolinggo, dan Lumajang ini tergabung dalam Forum Silahturrahim PTN-PTS Se-Besuki Raya.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal mula pelaksanaan SBMPTBR adalah Ujian Mandiri (tulis) yang dilaksanakan oleh Universitas Jember setelah diadakannya seleksi mahasiswa baru secara nasional yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Dan Ujian Mandiri (UM) dilakukan rutin setiap tahunnya dengan peserta yang sebagian besar berdomisili disekitar eks-karesidenan Besuki, Probolinggo dan Lumajang. Dengan berpengalaman dari Ujian Mandiri, Universitas Jember melalui Forum Silaturrahim PTN-PTS se-Besuki Raya mencoba melaksanakan seleksi sendiri dengan memanfaatkan lokasi atau kota terdekat.

Tujuan dari pelaksanaan SBMPTBR adalah mencari calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan kuliah di Perguruan Tinggi dangan baik dan memberikan peluang bagi calon peserta untuk memilih beberapa Perguruan Tinggi di kabupaten kota dalam wilayah Eks-Karesidenan Besuki. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dibuat oleh tim dari Universitas Jember dengan sasaran peserta yang akan menempuh Program Sarjana dan Program Diploma. Peserta bisa memilih kelompok ujian yang ada yaitu Sains Teknologi dan Humaniora.[1]

Perguruan Tinggi Negeri - Swasta Peserta SBMPTBR[sunting | sunting sumber]

Penyelenggara SBMPTBR adalah Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta Se-Besuki Raya.

No Nama Perguruan Tinggi Negeri/Swasta Kabupaten Kota 2015 2016 2017
1 Universitas Jember Jember v v v
2 Universitas Mohammad Sroedji Jember v v v
3 Universitas Islam Jember Jember v v v
4 Universitas Bondowoso Bondowoso v x x
5 Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo v v v
6 Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi v v v
7 Universitas Panca Marga Probolinggo v v v
8 Universitas Lumajang Lumajang v v v
9 Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Jember v v v
10 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala Jember v v v
11 Sekolah Tinggi Agama Islam At-Taqwa Bondowoso v x x
12 Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Situbondo v v x
13 Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi v v v
14 Sekolah Tinggi Islam Ibrahimy Banyuwangi v x x
15 Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banyuwangi v v x
16 Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI Banyuwangi v x v
17 Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan PGRI Lumajang v x x
18 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajang v v v
19 STIKES Hafshawaty Zainul Hasan Probolinggo v v v
20 AKPER Hafshawaty Zainul Hasan Probolinggo x v v
21 AKBID Hafshawaty Zainul Hasan Probolinggo x v v
22 Akademi Kelautan Banyuwangi x v x
23 Akademik Kesehatan Rustida Banyuwangi x v v
24 STIA Pembangunan Jember x v v
25 STIKES dr. Soebandi Jember x v v
26 AKPER Hafshawaty Zainul Hasan Probolinggo x v v
27 Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi x v x
28 STIKES Nurul Jadid Paiton Probolinggo x v v
29 Akademi Akuntansi PGRI Jember x x v
30 STIKES Harapan Bangsa Jember x x v
31 STIKES Bhakti Al-Qodiri Jember x x v

Mekanisme Seleksi[sunting | sunting sumber]

Tahapan Seleksi SBMPTBR yaitu Calon Peserta ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta didasarkan pada urutan pemilihan Program Studi. Sebagi tahap awal seleksi, Perguruan Tinggi pilihan pertama (PT 1) dengan Program Studi pilihan pertama (PS 1). Selanjutnya jika tidak lulus di PT 1 pada PS1, peserta masih diberi kesempatan di PT 2 pada PS 1 dan begitu juga pada PT 3 pada PS 1. Proses tersebut dikarena calon peserta diperbolehkan untuk memilih hingga 4 Program Studi dari 3 Perguruan Tinggi dengan ketentuan 1 Perguruan Tinggi maksimal 2 Program Studi.

Pendaftaran calon peserta SBMPTBR dilakukan di Bank Mandiri dengan menuliskan nomor telepon seluler sebagai nomor identitas. Pada slip pembayaran SBMPTBR terdapat nomor registrasi (nomor telepon seluler) dan nomor identifikasi pribadi yang digunakan pada saat pendaftaran secara online di sbmptbr.unej.ac.id. Mulai tahun 2016 menggunakan nomor induk kependudukan yang tercantum dalam Kartu Keluarga atau e-KTP (16 digit) [2] sebagai pengganti nomor telepon seluler.

Kota yang melaksanakan SBMPTBR yaitu Jember, Bondowoso (Tahun 2017 tidak melaksanakan)[2], Situbondo, Banyuwangi, Probolinggo dan Lumajang.[3]

Peserta dan Jadwal[sunting | sunting sumber]

Calon peserta SBMPTBR adalah lulusan IPA, IPS atau Bahasa dari SMA atau sederajat dan telah lulus ujian nasional pada tahun yang sama (hingga dua tahun sebelumnya). Misalnya pada tahun 2015, SBMPTBR boleh diikuti lulusan IPA, IPS atau Bahasa dari SMA atau sederajat yang telah lulus ujian nasional pada tahun 2013, 2014 atau 2015. Calon peserta terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia. Calon peserta juga diwajibkan mempunyai riwayat kesehatan yang baik untuk melaksanakan proses perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang dipilih.[4]

Materi Ujian Tertulis SBMPTBR Kelompok Saintek : Tes Kemampuan Akademik Bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dan Tes Kemampuan Dasar Saintek (Matematika IPA, Kimia, Fisika, Biologi dan IPA Terpadu), untuk Kelompok Sosial Humaniora : Tes Kemampuan Akademik Bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (Matematika IPS, Geografi, Sejarah, Ekonomi dan IPS Terpadu).

Tahun 2015[sunting | sunting sumber]

SBMPTBR Tahun 2015 merupakan Seleksi Bersama Pertama yang diadakan dan masih untuk program sarjana saja. Pendaftaran SBMPTBR 2015 dilaksanakan mulai tanggal 18 Mei - 12 Juni 2015, sedangkan pelaksanaan ujian tanggal 16 Juni 2015. Pengumuman hasil ujian dilakukan pada tanggal 13 Juli 2015.

Tahun 2016[sunting | sunting sumber]

SBMPTBR Tahun 2016 merupakan Seleksi Bersama Kedua yang diadakan dan terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama untuk program sarjana dan gelombang kedua untuk program diploma. Pendaftaran SBMPTBR 2016 gelombang pertama dilaksanakan mulai tanggal 6 Juni sampai dengan 4 Juli 2016, sedangkan pelaksanaan ujian tanggal 14 Juli 2016. Jumlah peserta pada gelombang satu sebanyak 5.628 orang dengan rincian 3.046 orang mengikuti Kelompok Saintek dan 2.582 orang Kelompok Humaniora. Pengumuman hasil ujian gelombang pertama dilakukan pada tanggal 19 Juli 2016 Pukul 10.00 WIB. Untuk gelombang kedua dilaksanakan mulai tanggal 19 Juli - 25 Juli 2016, sedangkan pelaksanaan ujian tanggal 28 Juli 2016. Pengumuman hasil ujian gelombang kedua dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2016 Pukul 10.00 WIB.

Tahun 2017[sunting | sunting sumber]

SBMPTBR Tahun 2017 merupakan Seleksi Bersama Ketiga yang diadakan dan terbagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama untuk program sarjana dan gelombang kedua untuk program diploma ditambah 4 program sarjana (program studi baru). Pendaftaran SBMPTBR 2017 gelombang pertama dilaksanakan mulai tanggal 5 Juni pukul 09.00 WIB sampai dengan 3 Juli 2017 pukul 23.59 WIB, sedangkan pelaksanaan ujian tanggal 8 Juli 2017. Pengumuman hasil ujian gelombang pertama dilakukan pada tanggal 14 Juli 2017 Pukul 10.00 WIB. Untuk gelombang kedua dilaksanakan mulai tanggal 17 Juli - 24 Juli 2017, sedangkan pelaksanaan ujian tanggal 26 Juli 2017. Pengumuman hasil ujian gelombang kedua dilakukan pada tanggal 31 Juli 2017 Pukul 10.00 WIB.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Website Resmi UNEJ (2015). Informasi SNMPTN/SBMPTN/SBMPTBR 2016. Jember: Humas UNEJ
  2. ^ a b "Panduan SBMPTBR Tahun 2017". Universitas Jember. Salinan Buku Pedoman sesuai aslinya diakses dari pranala UNEJ. 
  3. ^ Website Resmi UNEJ (2015). SBMPTBR Ujian Mandiri Unej Bersama PTS Se-Besuki Raya. Jember: Humas UNEJ
  4. ^ "Buku Pedoman Pendidikan Universitas Jember TA 2015 2016" (PDF). Universitas Jember. Salinan Buku Pedoman sesuai aslinya diakses dari pranala UNEJ. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]