Rymma Zubina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Rimma Zubina
Римма Анатоліївна Зюбіна
</img>
Dilahirkan ( 23-08-1971 ) 23 Agustus 1971 (umur 51) </br>

Rimma Anatolyevna Zyubina (bahasa Ukraina: Rimma Anatolyivna Zyubina; lahir 23 Agustus 1971, Uzhhorod) adalah seorang aktris teater dan film Ukraina, presenter TV, figur publik. Diakui sebagai aktris terbaik pada 2017-2019 dengan peringkat "Ditembak di Ukraina". Pemenang berbagai penghargaan teater, termasuk pemenang dua kali Penghargaan Dada Kiev, serta beberapa penghargaan internasional.

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Rimma Zyubina lahir di [[Uzhgorod]] di Transkarpatia . Dari tiga hingga tujuh tahun dia tinggal di Hungaria karena ayahnya adalah seorang militer. Di Hungaria, setelah melihat drama "Cinderella", di mana saudara perempuannya memainkan peran utama, impian seorang anak lahir untuk menjadi seorang aktris. Sejak kecil, ia belajar balet, belajar di sekolah musik, dan juga ikut serta dalam teater anak-anak "Rovesnik", sebuah teater studio di Teater Drama Transcarpathian, tempat ia bermain dalam pertunjukan di keramaian sejak usia 17 tahun. Dia lulus dengan pujian dari Sekolah Kebudayaan dan Pendidikan Uzhgorod, setelah itu dia diundang untuk bekerja di beberapa teater, tetapi dia memilih Universitas Kebudayaan dan Seni Nasional Kiev. Setelah satu tahun belajar, dia kembali ke Uzhgorod dan mendapat pekerjaan di teater drama lokal.

Riwayat karir[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa waktu, dia kembali pindah ke Kiev, di mana dia bekerja di beberapa teater sekaligus: di Studio-Teater profesional dari Drama Kamar, di Teater Pemuda, di Teater Drama dan Komedi di tepi kiri Dnieper, di Teater Golden Gate dan Teater Konstelasi. Pada tahun 1992, ia membuat debut televisinya dalam film About Mad Love, a Sniper and an Astronaut. Sejak 1992 ia menjadi pembawa acara program Eniki-Beniki dan sejak 1994 Lego Express untuk Saluran Nasional Pertama Ukrane edisi anak-anak.

Pada tahun 1994 ia lulus dari Institut Kebudayaan Kiev. Korneichuk (sekarang menjadi Universitas Kebudayaan dan Seni Nasional Kiev), pada saat yang sama ia mulai bekerja di Teater Bravo. Sejak 1997 - anggota rombongan Teater Muda Akademik Kyiv. Selama bertahun-tahun bekerja di teater, aktris ini berulang kali tampil dengan pertunjukan di festival teater internasional.

Dia menjadi pendiri festival film anak-anak "FilmFestBook" di kamp Artek-Bukovel pada 2016 dan 2017.

Pada 2016, ia membintangi film "The Dove's Nest". Gambar itu menjadi penghargaan kemenangan "Gold Jiga", di mana ia menerima enam patung, termasuk Rimma Zyubina dianugerahi gelar "Aktris Terbaik". Pada 2017, ia masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di Ukraina.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Menikah dengan sutradara teater Ukraina Stanislav Moiseev, pada tahun 1998 mereka memiliki seorang putra, Daniel.

Kehidupan publik[sunting | sunting sumber]

Dia adalah Duta Yayasan Kepiting untuk Membantu Anak-anak dengan Kanker. Selain itu, secara sukarela, ia memainkan pertunjukan sebagai bagian dari rombongan Teater Musik dan Drama Lugansk, yang untuk sementara dipindahkan ke Severodonetsk.

Aktris itu telah berulang kali menolak gelar "Artis Terhormat Ukraina", karena menurutnya ini adalah peninggalan masa lalu Soviet, dan artis tersebut juga secara aktif mendukung reformasi sistem teater saat ini di negara tersebut.

Pada Maret 2014, setelah aneksasi Krimea, Rimma Zyubina menjadi aktris Ukraina pertama yang secara resmi mengumumkan penolakannya untuk berakting dalam proyek produksi Rusia. Dia secara aktif memperjuangkan pembebasan sutradara film Ukraina Oleg Sentsov dari penjara Rusia. Menyelenggarakan kampanye “Tanam pohon, bukan manusia”, yang didukung di banyak negara di dunia. Dia adalah peserta reguler dalam aksi untuk mendukung tahanan politik Ukraina yang telah dihukum secara ilegal dan ditahan di penjara Rusia.[1]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Negara Ukraina[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • 1992 - Festival Teater Internasional untuk Anak-Anak dan RemajaAktris Terbaik (“Gadis Kecil Ajaib”)
  • 1994 - Festival teater studio profesional Kyiv Aktris Terbaik (It's Cold Backstage)
  • 2003 - "Kyiv Pectoral"Aktris Terbaik ("Paman Vanya")
  • 2008 - "Kyiv Pectoral"Aktris Terbaik ("The Fourth Sister")
  • 2008 - Festival Internasional "Teater. Chekhov. YaltaPenampilan Wanita Terbaik dalam produksi Chekhov ("Paman Vanya")
  • 2016 — Festival Film KiTiAktris Terbaik (Echo)
  • 2016 - Festival Film Internasional Mannheim - HeidelbergPenghargaan Prestasi Khusus ("The Dove's Nest")
  • 2017 - Hadiah Negara. Lesya Ukrainka ("Trumpeter")
  • 2017 - "Golden Jiga"Aktris Terbaik ("The Dove's Nest")
  • 2017 - Festival Film Internasional "Love is Madness" Bulgaria, VarnaAktris Terbaik ("The Dove's Nest")
  • 2022 - Hanya Penghargaan Film Terbaik, Miami, AS. Aktris Terbaik. Film "Valera"

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dorotyuk, Alina. "There are no brains, they are washed: rimma zyubina about ukrainian actors in russia who are silent about the war". globalhappenings.com.