Ryan Ross

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ryan Ross
Ryan Ross 2008.jpg
Ryan Ross saat tampil bersama Panic! at the Disco di Honda Civic Tour di Houston pada tahun 2008.
Lahir George Ryan Ross III
30 Agustus 1986 (umur 31)
Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat
Pendidikan
Pekerjaan
Tahun aktif 2004–2010; 2013–kini

Karier musik
Genre
Instrumen Vokal, gitar
Artis terkait

George Ryan Ross III (lahir pada 30 Agustus 1986[1]) adalah musisi, penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat yang dikenal sebagai gitaris utama, vokalis latar dan penulis lagu utama untuk grup musik Panic! at the Disco sebelum memutuskan hengkang dari grup pada tahun 2009. Ross bersama mantan bassis Panic Jon Walker adalah anggota pendiri dari grup musik The Young Veins, di mana dalam grup tersebut ia berposisi sebagai vokalis utama.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal bermusik (1998–2004)[sunting | sunting sumber]

Lahir di Las Vegas, Nevada, Ross mendapat sebuah gitar untuk hadiah Natal saat ia berusia 12 tahun dan mulai berkolaborasi dengan sahabatnya, Spencer Smith yang menerima satu set drum. Ross dan Smith kebanyakan meng-cover lagu milik Blink-182 dengan Ross berposisi sebagai vokalis. Awalnya grup beranggotakan dua orang itu bernama Pet Salamander. Ross menulis lirik lagu pertamanya ketika ia berusia 14 tahun.

Mereka bersama Brent Wilson dan seseorang lainnya yang bernama Trevor membentuk Panic! at the Disco sebelum mereka bertemu dengan Brendon Urie.

Panic! at the Disco (2004–2009)[sunting | sunting sumber]

Ross saat tampil bersama Panic! at the Disco pada tahun 2007.

Ross bersama dengan Spencer Smith membentuk Panic! at the Disco pada tahun 2004, yang kemudian disusul dengan bergabungnya Brent Wilson dan Brendon Urie. Album debut grup, A Fever You Can't Sweat Out direkam antara Juni hingga September 2005 dan dirilis pada 27 September 2005.

Dengan kesuksesan yang diraih disertai dengan digelarnya tur album debut mereka, grup ini kembali masuk studio pada Oktober 2007 untuk merekam album studio kedua mereka, Pretty. Odd., yang dirilis pada 25 Maret 2008. Ini merupakan album studio terakhir Ross bersama Panic! at the Disco, hingga ia mendapat kredit penulisan lagu pada tahun 2011 untuk album studio Panic! at the Disco, Vices & Virtues.

Hengkang dari Panic! at the Disco dan membentuk The Young Veins (2009–2010)[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Juli 2009, Ross mengatakan pada MTV mengenai keputusannya keluar dari Panic! at the Disco. Ia mengatakan bahwa ia dan anggota Panic! yang tersisa masih berteman baik. Ross juga membicarakan tentang proyek mendatangnya bersama Jon Walker. Sejak saat itu, grup baru mereka yang bernama The Young Veins merilis lagu "Change" di internet.[3]

The Young Veins saat tampil di Jack Rabbits di Jacksonville, Florida pada 27 Maret 2010.

Pada 16 Oktober, Ross dalam sebuah wawancara dengan MTV mengatakan bahwa rekaman pertama mereka, Take a Vacation!, telah selesai dan mereka sedang mencari perusahaan rekaman yang mau merilisnya.[4] The Young Veins kemudian menandatangani kontrak dengan One Haven Music dan album debut mereka dirilis pada 8 Juni 2010. Pada 10 Desember 2010, The Young Veins mengumumkan memasuki masa hiatus.

Proyek solo (2013–kini)[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, Ross merilis sebuah album mini tidak berjudul yang berisi dua buah lagu serta beberapa lagu lainnya melalui halaman Soundcloud resmi miliknya. Deskripsi di halamannya mengatakan: "Thanks for waiting. I'm back now." (Terima kasih telah menunggu. Aku kini kembali.)[5]

Proyek lainnya[sunting | sunting sumber]

Ross muncul bersama mantan rekan satu grup Brendon Urie, Spencer Smith, dan Jon Walker di video musik milik Gym Class Heroes untuk lagu "Clothes Off!!". Ia juga muncul bersama mereka dalam video musik untuk lagu "One of THOSE Nights" milik The Cab bersama anggota Fall Out Boy, Patrick Stump dan Pete Wentz.

Pada tahun 2011, Ross mendapat kredit sebagai komponis unruk lagu "Nearly Witches (Ever Since We Met...)" dalam album Panic! at the Disco, Vices & Virtues. Lagu ini awalnya dibuat saat ia dan Walker masih di grup tersebut. Ia juga merekam sebuah lagu berjudul "Superbowl Hero" bersama Alex Greenwald dan Michael Runion di bawah grup baru bernama RAM (Ryan, Alex, Michael).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ MovieTome: Ryan Ross
  2. ^ "stereokill.net". Diakses tanggal 8 Maret 2016. 
  3. ^ "Ryan Ross talks about the breakup of the band with MTV News". MTV News. 13 Juli 2009. Diakses tanggal 13 Juli 2009. 
  4. ^ "Ryan Ross' Young Veins Work Hard To Take A Vacation". MTV News. Diakses tanggal 8 Maret 2016. 
  5. ^ "Official Ryan Ross". SoundCloud. Diakses tanggal 8 Maret 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]