Ruth Porat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ruth Porat
RuthPorat2016.jpg
Ruth saat sesi istirahat dalam acara kepemimpinan kewirausahaan perempuan pada 2016
Lahir22 April 1957 (umur 63)
Sale, Cheshire, Inggris
KebangsaanAmerika Serikat
Warga negaraAmerika Serikat[1]
AlmamaterUniversitas Stanford (BA)
London School of Economics (MA)
Wharton School, Universitas Pennsylvania (MBA)
Tempat kerjaAlphabet, Google[2]
GelarPejabat Bagian Keuangan (CFO)
Suami/istriAnthony Paduano
Anak3

Ruth Porat (lahir di Sale, Cheshire, Inggris, 22 April 1957) adalah eksekutif bisnis asal Amerika Serikat. Sejak Mei 2015, Ruth menjabat sebagai kepala keuangan (chief financial officer) dan wakil presiden senior di Alphabet Inc., perusahaan induk Google.[3][4] Sebelumnya, Ruth adalah wakil presiden eksekutif dan kepala keuangan Morgan Stanley, ia bekerja untuk perusahaan tersebut selama 25 tahun.[4][5] Forbes menyebut Ruth sebagai salah satu dari sedikit eksekutif perempuan yang berpartisipasi dalam Google Walkout for Real Change yang memprotes insiden dan kesalahan penanganan pelecehan seksual di Google.[6] Pada Juni 2020, Blackstone, sebuah perusahaan investasi, memasukkan namanya sebagai salah satu dewan direksi.[4] Pada 2019, Forbes memasukkan nama Ruth pada urutan ke-19 dalam daftar The World's 100 Most Powerful Women.[7]

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ruth terlahir di keluarga Yahudi dari pasangan Dr. Dan, ahli fisika, dan Frieda Porat, seorang psikolog.[3][8] Saat kecil, dia bersama keluarganya pindah dari Inggris ke Cambridge, Massachusetts, saat ayahnya mulai bekerja sebagai peneliti di Departemen Fisika di Universitas Harvard. Ayahnya tiga tahun kemudian membawa mereka pindah ke Palo Alto, California, karena pekerjaannya di Laboratorium Akselerator Nasional (Stanford Linear Accelerator Center).[3][9] Ruth menggambarkan ayahnya sebagai sosok yang "buta gender" dalam mendidik anak-anaknya. Sang ayah selalu mengharapkan dia dan adik perempuannya sama-sama pintar dan menguasai matematika dan sains seperti kakak laki-laki mereka.[3]

Ruth memiliki gelar sarjana di bidang ekonomi dan hubungan internasional dari Universitas Stanford dan meraih gelar master dalam hubungan industri dari London School of Economics dan gelar MBA dengan pujian dari Wharton School dari Universitas Pennsylvania.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

Selepas kuliah, perusahaan pertama Ruth adalah Morgan Stanley, ia bekerja di sana sejak Agustus 1987.[3] Ia terus bekerja di sana hingga menjabat sebagai CFO. Ia juga sempat bekerja di Smith Barney selama tiga tahun sebelum akhirnya berkarir di Google.[3] Dalam wawancaranya dengan beberapa media, Ruth menggambarkan dirinya sebagai sosok pekerja keras yang tidak meyakini konsep keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Alih-alih memercayai prinsip tersebut, ia menyatukan antara pekerjaan dan keluarganya. Hal ini terbukti dari beberapa peristiwa dalam hidupnya, mulai dari kelahiran anaknya hingga saat menderita kanker, ia tetap aktif bekerja. Menurut The New York Times, ketika Porat melahirkan putra pertamanya pada tahun 1992, ia menelepon klien dari dalam ruang bersalin.[10] Ia terinspirasi oleh ibunya yang memiliki karier psikolog yang cemerlang sambil tetap memiliki keluarga dengan ikatan yang erat.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Ruth menikah dengan pengacara kekayaan intelektual yang memiliki firma hukum Paduano & Weintraub, Anthony Paduano.[10] Keduanya telah memiliki tiga anak laki-laki.[3] Ruth merupakan seorang penyintas kanker payudara. Ia melawan kanker tersebut dua kali, pertama saat divonis pada 2011 dan kedua pada 2013.[3][11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Forbes, Moira; Vuleta, Christina (4 December 2018). "The World's Most Powerful Women 2018". Forbes. Diakses tanggal 3 September 2019. 
  2. ^ Rao, Leena. "One Year In, Ruth Porat Remains Google's Financial Disciplinarian". Fortune. Diakses tanggal 9 September 2017. 
  3. ^ a b c d e f g h i j D'Onfro, Jillian. "The incredible rise of Ruth Porat, CFO at one of the most valuable companies in the world". Business Insider. Diakses tanggal 2020-07-25. 
  4. ^ a b c Trentmann, Nina. "Blackstone adds Google CFO Ruth Porat to its board of directors". MarketWatch (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-25. 
  5. ^ "Ruth Porat". Council on Foreign Relations (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-25. 
  6. ^ McDowell, Erin. "35 of the most powerful women in the world in 2020". Business Insider. Diakses tanggal 2020-07-25. 
  7. ^ "World's Most Powerful Women". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-26. 
  8. ^ Weiss, Anthony. "New Google CFO Ruth Porat's family a mirror of American Jewry". www.timesofisrael.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-26. 
  9. ^ Corkery, Michael (2009-12-08). "A Dossier on Morgan Stanley's New CFO Ruth Porat". WSJ (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-07-26. 
  10. ^ a b Kosur, James. "7 examples of Google CFO Ruth Porat's incredible work ethic". Business Insider. Diakses tanggal 2020-07-26. 
  11. ^ Stych, Anne (2020-01-02). "Google AI improves accuracy of reading mammograms, study finds". www.bizjournals.com. Diakses tanggal 2020-07-26.